8 Tips Memilih AC Rumah yang Tepat Sesuai Kebutuhan

tips-memilih-jasa-ac

Cara memilih AC memang tidak mudah karena Anda perlu menyesuaikan dengan daya listrik di rumah. Yuk, simak informasi lengkap dari Suwun di sini!

Sebagaimana kita tahu bahwa Indonesia adalah negara beriklim tropis, yang mengakibatkan cuaca terasa panas saat musim kemarau tiba. Teriknya sinar Matahari pada siang hari seakan menjadi musuh bebuyutan bagi banyak orang.

Dengan banyak sekali jenis AC yang beredar di pasaran serta istilah-istilah rumit yang ditawarkan tiap merek, hal tersebut kadang membuat bingung para pembeli. Alhasil, banyak orang yang tidak benar-benar memahami semua hal tersebut berakhir membeli produk yang tidak mereka mengerti.

Nah, bagi anda yang hendak membeli pendingin ruangan atau AC, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips memilih AC yang tepat untuk rumah anda. Simak di bawah ini.

Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

1. Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

Mungkin anda sering mendengar tentang Paardekracht (PK) pada pendingin ruangan. PK sendiri artinya dari Bahasa Jerman berarti tenaga kuda (biasanya disematkan pada daya motor dan mobil). Namun dalam konteks produk elektronik, PK bisa bermaksud besaran tenaga yang dihasilkan oleh pendingin ruangan atau AC anda. PK menjadi alat pertimbangan yang penting karena ukuran PK perlu disesuaikan dengan luas ruangan. Hal tersebut perlu dilakukan karena jika PK AC yang anda beli tidak sesuai dengan luas ruangan, suhu sejuk dan dingin tidak bisa menyebar dengan sempurna ke seluruh ruangan. Anda bisa menentukan ukuran PK yang sesuai dengan luas ruangan menggunakan rumus ini:

Panjang ruangan (m) x lebar ruangan (m) x tinggi ruangan/3 (m) x 500

Kemudian cocokkan hasilnya dengan informasi di bawah ini:

  • 5.000 BTU/h gunakan AC berukuran ½ PK
  • 7.000 BTU/h gunakan AC berukuran ¾ PK
  • 9.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 PK
  • 12.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 ½ PK
  • 18.000 BTU/h gunakan AC berukuran 2 P1/2 PK

BTU adalah British Thermal Unit yakni menunjukkan seberapa besar kemampuan pendingin ruangan untuk mengurangi panas dalam ukuran ruangan tertentu dalam kurun waktu satu jam.

2. Pilih Jenis AC yang Sesuai

Terdapat beberapa jenis AC yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Jenis-jenis AC tersebut adalah AC split, AC cassete, atau AC standing floor. Namun, untuk penggunaan di rumah kamu bisa menggunakan AC split dan cassete, tergantung ruangannya. Meski begitu, AC split saat ini jadi yang umum digunakan.

3. Cara Memilih AC dengan Tipe yang Dibutuhkan

Ada dua tipe AC yang beredar di pasaran adalah yang standar dan inverter. AC dengan Watt yang rendah biasanya dikategorikan sebagai AC standar. Sedangkan, AC inventer adalah tipe AC yang bekerja sangat keras ketika baru dinyalakan, namun bisa menurunkan kinerjanya ketika suhu ruangan sudah dingin. Jika kamu menggunakan AC dengan waktu lebih dari 6 jam setiap harinya, AC inverter adalah pilihan yang paling tepat.

4. Ketahui Kapasitas Listrik di Rumah Anda

Salah satu tips memilih AC yang tepat di rumah anda adalah dengan mengetahui kapasitas listrik pada tempat tinggal anda. Biasanya watt perumahan standartnya minimal 1300 watt ke atas. Pastikan watt di rumah anda kuat ketika anda menggunakan AC. Seringkali masalah yang terjadi adalah ketika menyalakan AC, watt tidak cukup membuat listrik di rumah padam karena tidak kuat. Penting sekali untuk menyesuaikan ukuran AC dengan kapasitas listrik di rumah anda.

5. Cermati Fitur Penting pada AC

Selanjutnya, pastikan fitur dalam ACyang kamu beli sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada baiknya kamu baca mengenai fitur-fitur penting yang ada pada pendingin ruangan. Apakah sudah ada fitur terkini, seperti rendah konsumsi daya, mode otomatis dan lainnya.

Gunakan lah fitur tersebut sebaik mungkin, karena percuma saja jika kamu sudah membeli AC dengan teknologi terkini, namun kamu tidak memanfaatkannya.

6. Membeli AC Terbaik dengan Merek Tepercaya

Kebesaran sebuah merek tidak pernah membohongi kualitas. Jika kamu bingung dengan banyaknya pilihan produk di pasaran, memilih merek yang tepercaya adalah pilihan yang paling bijak. Merek-merek AC terbaik yang sudah dipercaya oleh konsumen di Indonesia antara lain seperti AC Sharp, AC Panasonic, Samsung, AC LG, Daikin, dan masih banyak lagi.

7. Pentingnya Fitur Hemat Listrik

Membeli AC dengan teknologi yang memungkinkan daya listrik tidak terlalu besar alias hemat daya sangat penting untuk jadi pertimbangan. Sekarang ini, sudah banyak sekali pabrikan yang membekali produk mereka dengan fitur hemat listrik. Jadi, sekiranya kamu tidak sulit mendapatkannya.

8. Tentukan Budget

Pastinya, kamu perlu memastikan berapa budget-mu ketika ingin membeli sesuatu, dalam hal ini adalah AC. Di pasaran, pasti tersedia beragam lini produk dari kelas low end, mid, hingga high end. Tinggal kamu sesuaikan berapa besaran pengeluaran yang kamu sudah tentukan untuk memilih AC, dan pilih yang terbaik.

Nah, itulah beberapa tips memilih AC untuk rumah anda. Dengan begitu, kamu bisa membeli AC secara lebih tepat untuk kamu pasang di rumah.

Booking jasa Service AC atau Bongkar Pasang AC melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan