Pijat Pundak: Manfaat dan Teknik Pijatan yang Tepat

pijat-laktasi

Nyeri pada bahu atau pundak seringkali diatasi dengan berbagai cara dan pengobatan, baik dengan menempel koyo, mengolesi dengan minyak hangat, hingga melakukan pemijatan. Treatment pijat pundak seringkali dianggap kurang tepat untuk mengobati nyeri, meski sejatinya memiliki sejumlah manfaat.

Manfaat Pijat Pundak untuk Kesehatan

Secara umum, pijat dapat membawa berbagai manfaat bagi kesehatan. Terlebih, pijat yang dilakukan dengan tepat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi masalah kelelahan tubuh. Selain itu, berikut sejumlah manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

1. Meminimalisir stres

Stres sejatinya dapat diobati dengan pijat pundak. Hal ini karena pijat dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol. Pijat pada bahu juga dapat meningkatkan hormon serotonin dan dopamin sehingga tubuh menjadi tenang dan bebas stres.

2. Mengurangi ketegangan otot

Manfaat paling umum dari pijatan tubuh yakni dapat mengurangi rasa sakit pada otot pundak yang pegal dan nyeri. Pijatan pada titik pijat refleksi sakit pundak tentu akan meningkatkan suhu pada otot juga dapat meningkatkan elastisitas otot sehingga mengurangi ketegangan dan rasa sakit.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Memijat bahu atau pundak juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, tubuh akan mendorong lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk dikirimkan ke otot sehingga tubuh tetap sehat dan dapat mencegah cedera.

Baca Juga: Manfaat Jasa Pijat untuk Hilangkan Pegal-pegal

Gerakan Pijat Pundak yang Tepat

Jika Anda sering membawa tas atau beban yang berat di pundak, tentunya bahu akan merasa lelah dan pegal. Untuk mengatasi hal tersebut, tidak jarang kita akan melakukan pemijatan. Supaya hasilnya maksimal, berikut teknik pijat pundak yang bisa Anda lakukan.

1. Langkah 1

Buat leher Anda tegak, kemudian tekan area di sisi kanan dan kiri panggal leher dengan jari tangan sambil perlahan tundukkan kepala. Tahan tekanan jari sekitar 10 hitungan, selanjutnya kembalikan posisi kepala tegak lurus ke depan.

2. Langkah 2

Posisikan jari di sisi kanan dan kiri leher. Tekan leher dan pijat pundak dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah lalu sebaliknya. Kendati demikian, jangan sampai menyentuh tulang belakang dan sesuaikan tekanan jari dengan kekuatan pijatan yang ingin didapatkan.

3. Langkah 3

Posisikan telapak tangan kiri pada bahu kanan, kemudian remas otot pada bahu tersebut. Secara perlahan, putar sendi bahu ke arah belakang. Jika sendi berbunyi, maka tandanya bahu tersebut harus direlaksasi.

4. Langkah 4

Selanjutnya, teknik pijat yang digunakan untuk bagian leher dan pundak adalah dengan meluruskan tangan kanan ke depan, kemudian secara perlahan arahkan pergelangan tangan ke leher. Tahan siku dengan tangan kiri selama 10 hitungan. Lakukan hal yang sama pada tangan sebaliknya.

5. Langkah 5

Terakhir, tegakkan bahu dan busungkan dada Anda. Letakkan jari di tengah-tengah tulang dada, kemudian tekan dan pijat ke arah tulang bahu. Sesuaikan tekanan supaya tidak terlalu sakit dan ulangi selama beberapa kali dari titik tengah tersebut.

Pemijatan ini bisa dilakukan secara mandiri ataupun dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang pijat. Pemijatan memang tidak boleh dilakukan sembarangan karena jika salah tekniknya akan berakibat fatal.

Anda kesulitan untuk menemukan jasa pijat pundak terbaik di kota Anda? Silakan kunjungi Suwun.co.id dan masukkan jenis layanan yang Anda butuhkan. Selain melalui web, Suwun juga menyediakan aplikasi dengan fitur yang lengkap. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store sekarang!

Artikel yang Direkomendasikan