Pengertian dan Tugas Cleaning Service Kantor

Istilah jasa cleaning service sudah tidak asing terdengar dan sangat familiar. Saat ini banyak perusahaan yang menjadi agen cleaning service sehingga mereka menyediakan jasa bersih-bersih untuk di berbagai gedung perkantoran, sekolah, dan lain-lain.

Jumlah ketersediaan agen cleaning service juga sebanding lurus dengan jumlah kebutuhan masyarakat terhadap layanan ini. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan apa saja tugas cleaning service kantor.

Apa Itu Jasa Cleaning Service Kantor?

Secara umum, cleaning service adalah layanan yang bertugas untuk menjaga dan merawat kebersihan lingkungan maupun ruangan seperti kantor, apartemen, gedung, sekolahan, atau tempat-tempat umum lainnya.

Layanan ini biasanya disediakan oleh agen tertentu yang telah memberikan pelatihan kepada pegawai cleaning service sehingga memberikan bekal keterampilan andal dan profesional.

Tugas Cleaning Service Kantor

Mengulas tentang apa saja yang dilakukan cleaning service kantor, sebenarnya secara umum tujuannya sama yaitu menjaga kebersihan lingkungan atau ruangan.

Jika dijabarkan lebih detail, berikut merupakan beberapa tugas utama cleaning service.

  • Menjaga Kebersihan Gedung Bagian Dalam

Jika ingin seluruh lingkungan bersih maka perlu dimulai dari kebersihan dalam gedung, kantor, atau ruangan. Misalnya memelihara dan menjaga kebersihan tangga, ruangan, kaca, dan bagian dalam lainnya. Pada setiap bagian dalam ruangan perlu perawatan dan kebersihan optimal, jadi tidak boleh ada yang terlewat.

Bagian dalam tersebut juga harus dibersihkan detail dengan berbagai cara. Misalnya dengan menyapu, ngepel, dan bersihkan setiap bagian secara tuntas.

  • Membersihkan Bagian Luar

Setelah bagian dalam beres, selanjutnya perlu membersihkan bagian luar gedung. Seperti pada bagian tiang atap, pintu, dan lain-lain sehingga kebersihan gedung bisa menyeluruh.

Baca juga: Jasa Cleaning Service Rumah yang Terpercaya

  • Membersihkan Lantai

Selain bagian dalam dan luar kebersihan lantai juga harus dijaga. Untuk membuat lantai bersih total, bisa menggunakan vacuum cleaner, alat pel, dan lain-lain. Membersihkan lantai ini harus mencakup semua bagian lantai yang ada di gedung.

  • Menjaga Kebersihan Toilet

Dalam sebuah gedung, area toilet menjadi salah satu area yang sangat penting sehingga harus tetap bersih dan nyaman. Jika dibiarkan kotor maka area toilet bisa menjadi seorang bakteri.

Cleaning service dalam hal ini bertugas untuk menjaga kebersihan toilet supaya bersih, wangi, dan nyaman digunakan. Terutama toilet umum di mall, kantor, dan berbagai tempat publik lain.

  • Perawatan Tanaman

Cleaning service juga bertugas untuk merawat tanaman. Selain menjaga kebersihan, cleaning service juga ditugaskan untuk mewujudkan keindahan dan kerapian di area gedung.

Taman di halaman gedung perlu dilakukan perawatan menyeluruh seperti reporting dan berbagai jenis perawatan lain. Tanaman yang ada di taman juga harus dirawat dengan cara disiram setiap hari.

  • Tugas Cleaning Service Kantor: Menjaga Dan Memelihara Aksesoris Kantor

Aksesoris kantor seperti lemari, sofa, meja, kursi, dan barang lainnya juga menjadi tanggung jawab pegawai cleaning service untuk membersihkan dan merawatnya. Hal ini merupakan bagian detail ketika cleaning service kantor terbaik melakukan proses pembersihan sehingga dapat menjaga kebersihan secara menyeluruh.

Untuk membersihkannya bisa menggunakan alat kebersihan tambahan seperti kemoceng, aksesoris, dan alat kebersihan detail lainnya. Dengan begitu maka ruang kantor menjadi lebih bersih hingga bagian-bagian detailnya.

Jadi itulah beberapa tugas cleaning service kantor untuk menjaga dan merawat area kantor dan sekitarnya untuk tetap bersih. Menjaga kebersihan memang tanggung jawab bersama, tetapi cleaning service lah yang bertugas untuk menghandle masalah kebersihan di kantor. 

Jadi tunggu apa lagi, segeralah gunakan jasa cleaning service profesional untuk membantu dalam mengatasi kebersihan di area kerja Anda.

Untuk mendapatkan jasa cleaning service yang ahli dan piawai, kini Anda dapat mencarinya melalui website, dengan klik di Suwun.co.id

Anda cukup memasukkan layanan yang sedang Anda butuhkan, maka akan muncul beberapa rekomendasi beserta biayanya. Untuk menikmati fitur dan layanan yang lebih lengkap, sekarang telah hadir Aplikasi Suwun yang bisa Anda unduh di PlayStore dan AppStore.

Artikel yang Direkomendasikan