Tips Sebelum Memilih Jasa Service Mobil Mainan Aki Tangerang

Memperbaiki kerusakan pada mobil mainan aki sebenarnya dapat dilakukan bila kita tahu penyebabnya. Tentunya hal ini cukup penting sebelum Anda memutuskan untuk mencari jasa service mobil mainan aki Tangerang.

Coba Tips Berikut Sebelum Memilih Jasa Service Mobil Mainan Aki Tangerang

Ada banyak orang yang memilih untuk memperbaiki kerusakan pada mobil mainan aki sebelum memilih jasa service. Bila Anda termasuk salah satu di antaranya, maka sebaiknya coba lakukan beberapa tips berikut ini dengan mempersiapkan peralatan seperti obeng hingga multimeter yang pada umumnya digunakan.

1. Memeriksa charger atau pengisi daya

Anda bisa memeriksa charger atau pengisi daya mobil mainan aki terlebih dahulu. Anda bisa menghubungkan charger ke sumber listrik, lalu tes ujung kabelnya dengan alat multimeter. Jika kondisinya baik, ada kemungkinan terjadi kerusakan di bagian dalam mobil.

Anda bisa membuka plat yang menutupi baterai dan PCB yang umumnya ada di bagian bawah tempat duduk. Berikutnya, cek bagian dalam dari mobil mainan aki apakah ada kerusakan atau kondisinya baik-baik saja. Bila baik, tentunya Anda tak perlu kesulitan mencari cara untuk memilih jasa service mobil mainan aki.

2. Cek soket dan aki sebelum memilih jasa service mobil mainan aki Tangerang

Secara umum, mobil mainan aki menggunakan baterai berkapasitas tegangan sekitar 6, 9 ataupun 12 volt. Kapasitas tegangan ini bisa dilihat di bagian spesifikasi yang ada pada charger ataupun box. Jika tak ditemukan masalah, pemeriksaan di bagian aki mobil dengan multimeter perlu Anda lakukan berikutnya.

Dengan pengukuran tersebut, bisa diketahui apakah kondisi aki masih memiliki tegangan penuh atau tidak. Bila berkurang, maka aki sedang tidak baik kondisinya. Anda juga perlu cek bagian konektor atau soket, bila ada karat ataupun ada yang kurang rapat, yang tentunya dapat menimbulkan permasalahan tersendiri.

Baca juga: Fungsi Penting!!! Kenapa Harus Servis Mobil Secara Rutin?

3. Cek bagian fuse atau sekring

Pastikan Anda telah cek apakah mobil mainan aki memiliki bagian sekring ataupun tidak sebelum memilih service mobil mainan aki Bandung. Bila ada, coba cek dengan multimeter, apakah sudah putus atau masih tersambung.

Sekring ini memiliki fungsi sebagai pengaman agar tak terjadi korsleting. Mengingat terjadinya korsleting pada mobil mainan aki memang sangat berbahaya, bahkan dapat menimbulkan risiko kebakaran. Hal ini tentu sangat berisiko untuk anak-anak Anda.

4. Cek pedal gas mobil

Untuk memeriksa pedal gas, Anda bisa memakai kabel jumper ataupun klik kertas. Berikutnya hubungkan koneksi di switch. Bila motor bisa memutar artinya pedal gas masih berfungsi.

Akan berbeda bila terjadi kerusakan pedal gas pada mobil mainan aki tersebut. Hal itu bisa menjadi penyebab kerusakan pada mobil mainan aki dikarenakan motor tak berputar dengan maksimal. Solusinya dengan mencari tempat service mobil remote control di Tangerang.

5. Memeriksa pengontrol serta motor dinamo

Jangan sampai Anda lupa untuk senantiasa cek dan memeriksa pengontrol, khususnya bila ada kendala pada pedal gas motor. Saat Anda menekan pedal gas lalu terdengar bunyi klik, berarti terjadi masalah.

Pada awalnya Anda harus melepas pengontrol lalu menyambungkan motor dengan charger. Bila masih memutar, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen atau bagian lain.

Demikian beberapa tips sebelum memilih jasa service mobil mainan aki Tangerang sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam memilih jasa service dengan tepat, maka Anda bisa menghubungi Suwun.co.id kemudian temukan jasa sesuai kebutuhan. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store ataupun App Store.

Artikel yang Direkomendasikan