Tips Memilih Jasa Tukang Bangunan Borongan dan Harian

jasa-tukang-bangunan

Saat Anda akan melaksanakan proses pembangunan rumah, tentu Anda membutuhkan jasa tukang bangunan. Akan tetapi terkadang Anda kebingungan dalam menentukan jasa tukang apakah harian atau borongan. Lalu manakah pilihan terbaik?

Menggunakan jasa tukang memang memerlukan kecermatan. Bukannya tanpa alasan, tentunya agar hasil memuaskan dan biaya tak membengkak. Terdapat dua jenis penerapan dalam membayar jasa tukang, yaitu sistem harian dan borongan. Lalu manakah yang lebih menguntungkan?

Keunggulan dan Kelemahan Pemilihan Sistem Tukang Harian

Anda harus menyiapkan desain rumah atau gambar teknik secara detail serta material bangunan terlebih dahulu saat akan menggunakan jasa tukang bangunan harian.

Keunggulan sistem tukang harian:

1. Tukang bekerja penuh seharian

Umumnya sistem harian membuat tukang tak memiliki kesempatan untuk menganggur, maka waktu penyelesaian relatif lebih cepat.Tak perlu menyiapkan dana besar, sebab pembayarannya dapat dicicil per hari

2. Jika hasil tak memuaskan, bisa dihentikan secara langsung

Keunggulan lain dari pemilihan sistem tukang harian adalah dapat menghentikan pekerjaan dengan cepat. Kemudian Anda dapat menggantinya dengan tukang lain keesokan harinya, tanpa harus menunggu pekerjaan selesai.

Kelemahan sistem tukang harian:

1. Perlu pengawasan

Memilih sistem tukang harian membuat Anda harus melakukan pengawasan dengan ketat. Sebab memang ada tukang yang nakal bila tak diawasi, bukannya bekerja justru banyak bersantai. Semakin lama sewa tukang harian maka semakin besar upah yang harus dibayarkan.

Sistem tukang harian lebih tepat penggunaannya untuk pekerjaan dengan volume kecil. Contoh seperti penggantian keramik lantai, pengecatan dengan jumlah kecil, dan sebagainya. Secara umum tarif jasa tukang bangunan ini sekitar Rp 90 ribu tergantung dari keahlian serta tugas yang dikerjakan.

Keunggulan dan Kelemahan Pemilihan Sistem Tukang Borongan

Sistem tukang borongan terdiri dari dua jenis. Pertama termasuk tukang dan biaya pembelian material, kedua biaya tukang terpisah dari biaya material. Banyak orang lebih memilih sistem tukang borongan beserta material bangunan, sebab memang lebih praktis.

Baca Juga: Tips Merawat Taman di Rumah agar Tetap Indah

Keunggulan sistem tukang borongan:

  • Termasuk persiapan desain rumah atau gambar kerja serta spesifikasi pekerjaan.
  • Tak perlu buang-buang tenaga untuk melakukan beberapa aktivitas seperti melakukan pembelian material bangunan, sampai pengerjaan lantai serta furniture.
  • Lebih cepat selesai, sebab semakin lama proses pembangunan maka semakin kecil keuntungan yang bisa didapatkan.
  • Biaya yang dibayarkan relatif lebih murah.
  • Penyedia jasa tukang borongan telah mengetahui jumlah upah yang diterima dengan pasti.

Kelemahan sistem tukang borongan:

Harus mempersiapkan total biaya untuk pembangunan dengan jumlah cukup besar pada satu waktu.

Harus tetap melakukan pengawasan, sebab tukang borongan umumnya ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan tanpa mengutamakan kualitasnya.

Sulit dalam mengganti tukang borongan lainnya bila Anda tak menyukai hasil pekerjaan.
Nah itu tadi beberapa tips atau pertimbangan saat memilih jasa tukang. Untuk memastikan hasil pekerjaan dan menghemat waktu, Anda dapat mencari jasa tukang yang telah berpengalaman. Kami siap menghubungkan Anda dengan para tenaga profesional yang sudah ahli pada bidangnya masing-masing.

Temukan jasa tukang bangunan terbaik untuk berbagai kebutuhan renovasi rumah Anda, mulai dari pengecatan, perbaikan dinding, penambahan dan penyatuan ruangan, perubahan letak pintu atau jendela, pemasangan keramik, instalasi listrik sampai renovasi besar.

Bagi Anda yang memerlukan penawaran jasa tukang baik harian maupun borongan dengan tarif harga terbaik Anda bisa menggunakan jasa kami di sini. Dapatkan pelayanan terbaik dengan harga yang sangat kompetitif!

Artikel yang Direkomendasikan