Tips Mencuci Mobil Dengan Cara Tepat Sehingga Bersih

jasa-cuci-mobil

Caro tips mencuci mobil dengan tepat? Simak di sini!

Mobil yang kotor tentunya menjadi penyakit setiap mobil. Mobil yang kotor menyebabkan kerennya bentuk body mobil tertutupi oleh debu yang menyelimuti mobil tersebut. Jika anda melakukan perjalanan yang jauh dengan mobil anda dan melewati medan yang berat pasti mobil anda akan sangat kotor. Diperlukan cara-cara yang tepat dalam mencuci mobil sehingga menjadi kinclong dan komponen yang ada di mobil tetap aman.

Bersihkan Debu di Bodi Mobil Pakai Kemoceng Ada Aturannya : Okezone Otomotif

Selama ini sering terjadi salah kaprah dalam cara mencuci mobil dengan benar. Seperti contohnya cara mencuci mesin mobil dengan cara disemprot atau di steam itu sangat berbahaya bagi mobil. Jika cara mencucinya seperti itu, maka mesin mobil bisa konslet atau meledak. Rugi kan pembaca hanya karena mencuci mobil yang salah maka anda harus memperbaiki mobil yang rusak yang akan menguras kocek dan waktu anda. Disini Kami akan membagikan kepada anda cara mencuci mobil yang benar. Sehingga mobil anda akan tetap awet dan bersih selalu. Yuk kita simak bersama-sama.

Cara cuci mobil cepat, siapkan peralatan terlebih dahulu

Mencuci mobil tak bisa dilakukan sembarang karena risikonya body mobil bisa mengalami gangguan. Masalah yang paling umum ialah body mengalami baret hingga muncul bercak-bercak mengganggu pada eksterior kendaraan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka Anda perlu melakukan cara mencuci mobil yang cepat. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Adapun, peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci mobil, meliputi: Lap plas chamois, Sabun khusus cuci mobil, Lap microfiber, Ember, Sikat kecil, Selang.

Baca Juga: Cara Membuat Desain Produk Kemasan

Selain peralatan umum yang telah disebutkan di atas, akan lebih baik jika Anda memiliki saluran air mengalir. Menggunakan air yang mengalir menjadi salah satu kunci agar proses cuci mobil bisa dikerjakan lebih cepat.

Cara cuci mobil cepat tetap bersih

5 Things Every Young or New Driver Should Know - MyFirstUK

Untuk langkah-langkah dalam mencuci mobil dengan hasil yang bersih dan mengkilap antara lain sebagai berikut:

1. Basahi body mobil dengan air bersih

Mengawali aktivitas mencuci mobil, Anda perlu membasahi seluruh body mobil sebelum mulai melakukan permbersihan. Tujuannya tak lain untuk melarutkan kotoran, berupa debu, tanah, atau minyak yang menempel pada body mobil.

Ada tips penting yang perlu Anda ketahui jika melakukan tahap ini dengan air bertekanan tinggi. Hindari menyempot body mobil secara frontal. Alternatifnya, lakukan dengan cara menyamping.

Menyemprot body mobil dengan air bertekanan tinggi secara frontal dipercaya memiliki risiko bikin body mobil penyok. Selain itu, body mobil juga bisa mengalami lecet karena gesekan keras antara air dan kotoran-kotoran yang menempel di permukaannya.

2. Bersihkan body mobil dengan sabun

Setelah Anda selesai membasuh body mobil dengan air bersih, tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah membersihkan body mobil dengan sabun yang telah disiapkan.

Sebisa mungkin gunakan sabun khusus cuci mobil yang sudah terbukti aman dan ampuh melunturkan kotoran-kotoran di body mobil. Sebisa mungkin hindari bahan pembersih yang tidak diperuntukkan bagi eksterior kendaraan. Karena bisa jadi hasilnya tak akan maksimal atau bahkan berisiko menimbulkan gangguan pada body mobil.

Cara paling efektif untuk membersihkan body mobil ialah melakukannya mulai dari bagian atas, lalu lanjut ke bagian bawah. Cara ini akan lebih cepat untuk melunturkan kotoran-kotoran yang menempel di body mobil.

3. Jangan lupa cuci ban dan detail lainnya

Tips Agar Usaha Cuci Mobil dan Motor Ramai Pengunjung

Salah satu tips mencuci mobil adalah dengan penopang tampilan mobil agar terlihat apik ialah kondisi ban dan peleknya. Untuk itu jangan lupa untuk ikut membersihkan bagian ini ketika mencuci mobil.

Anda bisa melakukanya dengan membersihkan dinding ban menggunakan sikat dan sabun. Setelah bersih lanjut ke peleknya. Namun sekarang Anda cukup menggunakan lap agar tidak “melukai” pelek. Bersihkan mulai dari bagian depan hingga sela-selanya agar tampilan secara keseluruhan terlihat bersih.

Banyak pemilik mobil menyemir dinding ban mobilnya dengan harapan mendapat kesan wet look. Hal tersebut ada benarnya, namun banyak pihak yang tak menyarankannya karena berpotensi membuat dinding ban lebih cepat mengalami getas atau keras.

Detail-detail mobil lainnya yang juga mesti Anda perhatikan ketika mencuci mobil ialah wiper, spion, antena, grill, lampu-lampu, dan handle pintu.

4. Bilas dan keringkan body mobil dengan benar

Setelah mobil bersih, selanjutnya Anda perlu membilasnya. Perlu diingat, hanya lakukan proses ini dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Jika tidak maka body mobil yang sudah bersih akan menjadi sia-sia.

Bilas mulai dari bagian atas body mobil, kemudian kaca, hingga ban dan detail-detail yang ada pada eksterior kendaraan. Selesaikan proses pembilasan dengan mengeringkan body mobil menggunakan lap plas chamois yang sudah siapkan.

Ada baiknya Anda menggunakan lap yang berbeda dengan yang dipakai untuk membersihkan body mobil pada tahap selanjutnya. Tips tambahan untuk mengeringkan body mobil dengan cepat, lakukan di tempat yang cukup terbuka.

Proses pengeringan sangat penting ketika kita selesai mencuci mobil. Jika tak dilakukan dengan benar, ada kemungkinan body mobil mengalami watermark yang mengganggu kondisi eksteriornya.

Cara membersihkan interior mobil

Cara Membersihkan Debu Pada Mobil Cepat dan Mudah - Autolounge

Penampilan eksterior mobil yang mengkilap memang bisa membuat mobil terlihat lebih apik. Namun begitu, jangan lupakan juga eksterior mobil. Karena sebagian besar waktu Anda ketika memiliki mobil justru dihabisakan di dalamnya.

Maka tak ada salahnya Anda turut membersihkan bagian interior ketika mencuci mobil. Namun yang perlu diingat, Anda tak perlu membilas interior dengan air atau bahkan sabun.

Melainkan, Anda bisa melakukannya dengan membersihkan debu atau kotoran yang ada di sela-sela dasbor, jok, kompartemen penyimpanan, atau cup holder. Cara mudah untuk melakukannya ialah dengan menggunakan vacum. Meski Anda juga bisa melakukan dengan menggunakan kuas atau kain lap.

Dari dalam mobil, Anda juga bisa membersihkan kaca-kaca, pelapis pintu mobil, hingga bagasi. Jika semua proses tersebut dilakukan dengan rutin dan benar maka bukan tak mungkin mobil akan selalu tampil seperti baru. Yuk, cari jasa tips mencuci mobil di Suwun!

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april