Tips Menciptakan Desain Rumah Jadi Nuansa Natural

jasa-renovasi-rumah

Setiap orang sudah jelas pasti memiliki desain rumah impian masing-masing. Hampir keseluruhan ingin mendatangkan nuansa alami ke dalam huniannya. Mengapa demikian? Karena kesan natural di dalam rumah dapat membawa ketentraman, kehangatan, sekaligus kenyamanan. Selain itu, sisi natural mendatangkan nilai estetika pula.

Mendesain rumah impian bernuansa natural, tentu harus menyelaraskan dengan gaya hidup saat ini yang sehat, hemat energi, dan mencintai lingkungan. Maka tak ayal sekarang desain rumah ramah lingkungan menjadi favorit keluarga Indonesia. untuk mewujudkan rumah impian tersebut tidak terlalu sulit, asal mengikuti langkah-langkah berikut ini dan jangan sampai terlewatkan saat mendesain rumah dengan konsep ini.

Cara Menciptakan Rumah Impian Bernuansa Natural

Artikel kali ini akan ada beberapa tips yang semakin mudah merencanakan rumah dengan nuansa natural. Silahkan simak dengan seksama dari awal hingga akhir. Berikut ini tips mewujudkan rumah natural untuk Anda, yaitu:

1. Pemilihan warna

arsitektur rumah

Tips menciptakan nuansa natural di rumah yang pertama adalah pemilihan warna. Gunakanlah warna-warna yang memancarkan unsur natural, seperti warna bumi, yaitu cokelat, krem, atau oranye, serta warna hijau.

Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan warna putih, hitam, dongker, atau abu-abu untuk sentuhan modern. Nggak hanya untuk cat dinding, pemilihan warna ini juga bisa diterapkan di warna furnitur, kok.

2. Kombinasi material kayu

cara desain rumah natural

Kayu sudah pasti jadi unsur penting dalam menciptakan nuansa natural di rumah. Material yang juga berkesan rustik ini bisa kamu aplikasikan dinding, lantai, plafon, maupun furnitur.

Jika kayu asli terlalu mahal, kamu juga bisa, kok, pilih kayu olahan. Tak hanya kesan alami yang kental, sentuhan kayu juga akan membuat rumahmu tampak hangat dan homey.

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Hemat Budget

3. Tanaman hias indoor

jasa tukang bangunan

Penggunaan tanaman hias tentu saja menjadi poin penting dalam menciptakan nuansa natural di rumah.  Secara psikologis, penempatan tanaman hias dalam rumah akan membuat kita merasa dekat dengan alam.

Kamu bisa menempatkannya di berbagai tempat, di sudut rumah, digantung, di tengah meja, atau pun di dekat jendela. Pilihlah lokasi yang nggak akan mengganggu aktivitas di rumah.

4. Bukaan lebar untuk udara dan cahaya alami

jasa renovasi rumah

Banyaknya ventilasi, jendela, atau bukaan pada rumah juga menciptakan nuansa natural yang kental. Dengan begini, udara segar dan cahaya matahari akan bebas masuk ke rumah.

Akan lebih baik lagi jika bukaan atau jendela menghadap ke taman di luar rumah. Tak hanya memperkuat kesan alami, tips ini juga membuatmu lebih hemat listrik, lho!

5. Konsep teras asri

perbaikan rumah hemat biaya

Siapa, sih, yang nggak mendambakan duduk di sore hari sambil menikmati nuansa asri di teras rumah? Sudah pasti bikin betah, deh!

Tatalah teras rumahmu dengan rapi menggunakan furnitur dan hiasan bernuansa natural. Tapi, jangan sampai perabotannya menghalangi jendela sehingga membuat cahaya sulit masuk.

Agar lebih manis, hiaslah teras rumahmu dengan berbagai pot tanaman. Ngeteh sore sambil memandangi hijau-hijau begini pasti sejuk banget!

6. Sentuhan hiasan bernuansa natural

Selain tanaman hias indoor, kamu juga bisa mendekorasi rumah dengan pajangan bernuansa natural. Seperti ornamen berbahan kayu, bambu, jerami, ataupun dedaunan artifisial.

Dedaunan artifisial bisa jadi pilihan menarik untukmu yang nggak mau repot merawat tanaman indoor. Atau, kamu juga bisa aplikasikan karpet rumput artifisial untuk ‘menghijaukan’ nuansa rumah.

7. Taman mungil

ide renovasi rumah

Nah, tips menciptakan desain rumah nuansa natural di rumah yang terakhir ini akan menyenangkan banget bagi yang suka berkebun. Membuat taman pun nggak perlu halaman rumah yang luas, kok!

Jika tak ada lahan untuk rumput, kamu bisa menghias teras dengan tanaman pot atau gantung. Kamu pun bisa memilih ragam tanaman hidroponik untuk mempercantik rumah, ya.

Anda bisa bekreasi sendiri untuk mewujudkan konsep hunian rumah yang natural. Namun jika membutuhkan jasa konsultan desain interior untuk wilayah Indonesia. Kami dari Suwuwn dengan senang membantu Anda. Terimakasih, salam hormat dari kami.

Yuk, cari jasa tukang bangunan harian atau borongan di Suwun!

Artikel yang Direkomendasikan