Basement dalam Arsitektur: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

basement-dalam-arsitektur

Basement dalam arsitektur adalah salah satu cara yang dipilih untuk mengatasi keterbatasan ruang dan lahan di dalam rumah atau gedung. 

Seperti yang sudah banyak diketahui, basement ini banyak ditemui pada gedung bertingkat mulai dari pusat perbelanjaan, hingga gedung pemerintahan, dan sejenisnya. 

Walau begitu, tak sedikit juga rumah-rumah di kota besar yang dibangun dengan basement dengan berbagai fungsi yang diinginkan pemilik rumah

Pengertian Basement dalam Arsitektur

Basement adalah kata dari bahasa Inggris yang berarti ruang bawah tanah. Secara umum basement tidak dibuat dengan satu ruangan saja, melainkan untuk beberapa ruangan. 

Selain itu, basement juga bisa dibuat berlapis secara vertikal jadi lebih dari satu lantai. Bahkan anda juga bisa menemukan orang yang membuat rumah di bawah tanah.

Manfaat Basement dalam Arsitektur

Keberadaan basement bisa memberikan anda ruang lebih di lahan yang terbatas dan bisa dimanfaatkan dengan beberapa fungsi berikut:

1. Tempat Parkir

Ini banyak ditemui di pusat perbelanjaan besar dan bertingkat yang memerlukan lahan parkir luas untuk mobil dan motor. Basement bisa menjadi solusi lahan parkir yang sangat terbatas, dan lebih bisa diandalkan daripada area parkir di luar gedung.

Baca juga: Tren Model Garasi Mobil Minimalis Samping Rumah

2. Ruang Utilitas

Basement juga bisa digunakan untuk utilitas penting termasuk komponen listrik, MEP atau Mechanical Electric Plumbing, genset, ruang mesin, sumber daya listrik, sistem pemanas dan pendingin, hingga instalasi kabel dalam gedung.

3. Gudang

Gudang penyimpanan dengan banyak barang yang tidak terpakai dengan berbagai ukuran bisa dengan mudah disimpan di dalam basement. Dengan menyimpannya di dalam basement maka akan bisa menjaga keindahan area dalam gedung.

Fungsi Basement

Tidak hanya memberikan ruang lebih di lahan yang terbatas, dalam segi struktur bangunan sendiri, basement mempunyai fungsi untuk memperkuat pondasi bangunan dan meningkatkan daya tahan secara maksimal.

Tidak hanya sampai di situ, basement dalam arsitektur bisa meningkatkan stabilitas konstruksi bangunan terhadap adanya pergeseran yang akan menimbulkan masalah dalam pondasi tanah. Jika berat bangunan yang di atas sama dengan berat tanah yang digali, maka tidak ada resiko penurunan tanah yang terjadi.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan