Suhu AC Paling Dingin dan Ideal Berdasarkan Usia dan Kondisi

Saat ini banyak sekali masyarakat yang menggunakan AC atau Air Conditioner. Agar bisa menggunakan AC lebih nyaman maka Anda perlu menyesuaikan suhu sesuai dengan kondisi. Berapakah suhu AC paling dingin dan suhu AC paling panas? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini!

Berapa Suhu AC Paling Dingin?

AC merupakan alat yang dikenal dan dirancang untuk dapat menghasilkan sebuah udara sehingga bisa lebih nyaman. Meskipun memang sudah banyak masyarakat yang menggunakan AC cara pribadi tetapi masih belum paham Apakah suhu 16 derajat pada AC itu panas atau dingin.

Agar bisa membuat temperatur pada suatu ruangan menjadi lebih nyaman dan sejuk maka harus bisa mengkondisikan temperatur udara terlebih dahulu.

Suhu AC yang terlalu dingin ini akan bisa menyebabkan berbagai keluhan. Keluhan tersebut di antaranya pembuluh darah yang menyempit, kesemutan, kembung, leher atau bagian tengkuk terasa kaku, sering buang air kecil, dan hidung tersumbat.

Lalu suhu AC paling dingin berapa celcius? AC yang ada di ruang penyimpanan membutuhkan suhu yang rendah. Suhu 16 derajat ini bisa jadi masih terbilang panas. Tetapi rentang suhu yang menjadi bawaan pabrik yaitu 16 sampai 30 derajat. Jika membutuhkan suhu di bawah 10 derajat maka harus melakukan modifikasi dengan bantuan teknisi.

Suhu AC bisa dimodifikasi kurang dari 16 derajat tetapi Anda harus tahu jika AC dengan spesifikasi tersebut membutuhkan tenaga listrik yang jauh lebih besar dan juga komponen evaporator yang jauh lebih kuat.

Suhu AC Paling Dingin dan Tetap Ideal

Suhu atau ideal untuk tiap orang berbeda-beda. Anda mungkin merasa bahwa 16 derajat merupakan suhu yang paling dingin sehingga terbiasa menggunakan suhu 22 sampai 26 derajat celcius.

Tetapi ada juga yang menganggap bahwa suhu AC paling dingin sebelumnya yaitu 16 merupakan suhu yang biasa. Semua tergantung dari idealnya tiap orang.

Suhu AC yang paling dingin pada setting bawaan pabrik yaitu 16 derajat celcius. Sedangkan suhu yang paling panas atau paling tinggi yaitu 30 derajat celcius.

Rekomendasi Suhu AC Paling Dingin Berdasarkan Usia dan Kondisi

Setiap orang akan memiliki idealnya berbeda-beda tetapi hal tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor usia dan kesehatan.

1. Suhu AC ideal untuk bayi

Suhu ideal untuk bayi yaitu tidak kurang dari 18 derajat celcius. Bayi masih sensitif pada perubahan suhu. Sehingga hal ini membuat orang tua sering memakaikan penutup kepala selimut sampai kaos kaki untuk bayi.

Baca juga: Mengenal Komponen – Komponen AC Dan Fungsinya

2. Suhu AC untuk lansia

Suhu AC paling dingin untuk lansia ada di bawah 20 derajat celcius. Sedangkan untuk rentang yang ideal yaitu ada di 20 sampai 23 derajat Celcius. Paparan udara dingin yang terjadi dalam waktu lama bisa membuat lansia terkena penyakit terutama paru-paru atau jantung.

3. Suhu Ideal AC saat tidur

Jika Anda menggunakan AC saat sedang tidur maka suhu idealnya yaitu 2 sampai 3 derajat lebih tinggi dibandingkan dari suhu yang membuat Anda nyaman. Sebagai contoh pada saat tidur Anda nyaman dengan suhu 20 derajat celcius.

Maka sebelum tidur Anda harus menyalakan AC menjadi 22 derajat untuk membuat tubuh rileks dan bisa tidur dengan lelap.

Itulah penjelasan tentang suhu AC paling dingin. Jika Anda mengalami kerusakan pada AC maka bisa mencari jasa servis AC melalui website Suwun.co.id. Website ini akan membantu Anda untuk menemukan jasa yang tepat dan lokasi yang sesuai.

Suwun juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi Suwun yang dapat memudahkan Anda sebagai penggunanya.

Artikel yang Direkomendasikan