Jasa Service Rack Steer: Ciri Kerusakan dan Biaya

jasa-service-mobil-panggilan-terdekat

Rack steer adalah bagian komponen mobil yang memiliki kegunaan penting untuk menghubungkan antara kemudi mobil dengan kaki-kaki mobil. Fungsi utama dari keberadaan rack steer adalah untuk melanjutkan putaran dari setir mobil ke steering gear box sehingga jika komponen tersebut bermasalah power steering tak bisa bekerja dengan baik. Jangan abaikan jika Anda tak ingin mendapatkan biaya service rack steer yang terbilang mahal.

Kenali Ciri Kerusakan Terjadi dan Biaya Jasa Service Rack Steer

Umumnya kerusakan pada komponen rack steer disebabkan karena adanya kebiasaan mengendarai mobil yang buruk dan bertambah parah jika mobil sering melalui kondisi jalanan yang tidak mulus. Adapun jika terjadi kerusakan pada komponen rack steer biasanya jasa service rack steer bisa mengenalinya dari melihat ciri yang bisa diamati sebagai berikut :

  1. Setir atau kemudi mobil yang bergetar disertai dengan beban setir yang lebih berat menjadi pertanda rack steer rusak. Solusinya adalah dengan mengecek bagian steering belt.
  2. Rack steer mengalami kerusakan juga bisa dilihat dari adanya suara aneh pada roda mobil, sekalipun jika pada waktu itu mobil sedang melaju dengan kecepatan rendah maupun tinggi.
  3. Terlihat adanya tetesan oli pada bagian depan, dimana jika hal tersebut terjadi maka harus secepatnya dicek agar tidak menjalar pada komponen mobil yang lainnya
  4. Pengemudi akan merasakan setir atau kemudi mobil terasa berat terutama jika sedang dibelokkan. Jangan biarkan hal tersebut terjadi karena roda mobil yang ketinggalan bisa membahayakan kondisi mobil saat berkendara.

Baca Juga: Jasa Service Mobil Panggilan

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk jasa service rack steer? Untuk jenis perbaikan untuk komponen power steering dengan sistem elektrik dan hidrolik dibutuhkan biaya yang bervariasi. Namun umumnya untuk biaya service power steering elektrik dibutuhkan biaya dari 1,8 juta rupiah hingga 2,8 juta rupiah, sedangkan untuk biaya service power steering sistem hidrolik biayanya sekitar 1,2 juta rupiah hingga 2 juta rupiah.

Proses perbaikan yang dilakukan oleh jasa service rack steer terdiri dari proses bubut komponen rack steer yang mengalami aus sehingga tak bisa bekerja sebagaimana mestinya. 

Selanjutnya akan dilakukan penggantian mounting dudukan atau bushing beserta bagian piston rack steer yang bermasalah. Bagian tersebut memang harus diganti karena memiliki masa pakai tersendiri, berbeda dengan komponen rack steer yang masih bisa diperbaiki dengan cara dibubut.

Demikian ulasan singkat untuk jasa service rack steer, cara mengenali ciri kerusakan dan biaya service pada umumnya. Semoga bermanfaat.

Pesan Jasa Service Rack Steer secara Online?

Mau order jasa service rack steer secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan