Cara Memperbaiki/Service Dinamo Starter dan Ampere Sendiri

jasa-service-dinamo

Salah satu ciri ketika dinamo mengalami kerusakan adalah mobil jadi sulit untuk di starter, jika sudah demikian, sudah saatnya Anda mengunjungi jasa atau layanan service dinamo. Tapi jika terdesak, tentunya ada beberapa teknik singkat untuk memperbaiki dinamo tersebut sementara waktu. Sebelum akhirnya Anda mengunjungi layanan service dinamo terdekat.

Cara service dinamo Starter

Yang perlu Anda ketahui disini, service dinamo stater ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun jika kerusakannya cukup parah, maka Anda harus segera mencari layanan service dinamo terdekat. Lantaran jika tidak segera ditangani dengan baik, maka mobil bisa jadi mogok di jalan atau bahkan mati total. Berikut ini beberapa tips untuk memperbaiki dinamo secara ringan, antara lain :

1. Periksa soket otomatis pada dinamo starter

Ketika starter mobil rusak, sedangkan lampu indikator pada dashboard menyala serta berkedip, maka ada beberapa cara atau service dinamo, yang sebaiknya dilakukan antara lain :

  • Cek bagian soket otomatis, pada dinamo starter. Terdapat sebuah kabel berukuran kecil yang biasanya terhubung ke bagian dinamo starter.
    • Cek apakah kabel tersebut terputus atau bahkan terlepas.
    • Cek juga bagian sekring, yang ada di bagian relay. Jika terdapat bunyi “klek’, di bagian tersebut. Maka ada kemungkinan kerusakan bukan berasal dari relay atau juga sekring.   
  • Periksa kleman pada kabel aki. Ketika Anda mendengar bunyi yang cukup keras, ketika sedang menyalakan mobil, dan bersamaan dengan lampu kontrol pada dashboard berkedip. Jika benar, maka ada kemungkinan kondisi aki terbilang lemah, dan tidak dapat mengalirkan listrik, sehingga memerlukan service dinamo starter sesegera mungkin.

Untuk mobil jenis matic, maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  • Cek bagian kleman kabel aki, yang terdapat kabel positif (+) dan negatif (-).
    • Cek juga bagian komponen pada mobil tersebut, mungkin saja ada baut yang kurang kuat atau bahkan longgar.
    • Apabila Anda tidak menemukan baut yang longgar atau juga kotor, maka kemungkinan kondisi aki yang kurang baik, dan memerlukan penanganan lebih lanjut dari pihak bengkel.
    • Melakukan jumper aki, caranya adalah dengan mendorong mobil. Sekaligus jadi cara untuk memperbaiki dinamo starter. Teknik ini, hanya dapat dilakukan pada jenis mobil matic.  
  • Periksa kabel aki. Jika saat Anda menyalakan mobil, dan semua kontrol jadi mati. Maka, mobil Anda kemungkinan mengalami masalah pada bagian aki. Jika demikian, yang harus Anda lakukan, antara lain :
  • Cek setrum mobil, apakah kabel aki masih dapat berfungsi dengan baik atau justru longgar.
    • Cek juga komponen lain pada mobil. Karena mungkin saja, masalah yang terjadi, justru pada bagian lainnya.  

Cara service dinamo Ampere

Pada dasarnya dinamo ampere ini jarang sekali rusak, tapi jika sudah memasuki masa pakainya, pastinya dinamo tersebut akan mengalami kerusakan. Ketika hal tersebut sampai terjadi, jangan khawatir ada cara untuk memperbaikinya sementara waktu, walaupun terbilang sedikit rumit, hingga akhirnya menemukan layanan service dinamo ampere terdekat. Adapun langkah atau cara yang perlu Anda lakukan antara lain :

  1. Bearing dinamo

Hal pertama yang perlu Anda lakukan, untuk melakukan service dinamo ampere kali ini adalah dengan mengukur bagian bearing dinamo. Adapun caranya adalah dengan memutar secara manual bagian puller di bagian dinamo tersebut. Selain dapat menggunakan tangan, Anda juga dapat menggunakan bantuan alat, yang bernama dinamo starter.

  • Memeriksa bagian dalam dinamo

Setelah membuka dinamo tersebut, berikutnya, Anda perlu membongkar komponen yang ada di dalam dinamo ampere tersebut. Kemudian cek bagian seperti bearing, brush, dan juga slip ring. Kali ini bersihkan bagian yang sudah dibongkar tersebut.

  • Mengukur komponen dinamo

Adapun langkah selanjutnya adalah memeriksa serta mengukur komponen yang sudah dibongkar tersebut, dengan menggunakan alat bernama dinamo tester. Apabila Anda sudah memastikan bahwa semua komponen yang ada dapat bekerja dengan normal, maka Anda dapat memasang kembali serta mencoba untuk menyalakan kembali. Ketika dinamo yang ada sudah rusak, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Biaya service dinamo

Lalu bagaimana jika dinamo tersebut memang membutuhkan penanganan serius, serta membutuhkan layanan service dinamo mobil terdekat. Jika demikian, yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu kisaran biaya yang diperlukan untuk biaya service tersebut.

  • Dinamo starter

Untuk kisaran service dinamo starter, yang umum terjadi, tergantung dari kerusakan dinamo tersebut. Untuk kerusakan ringan, biayanya sekitar 500 hingga 80 ribuan rupiah. Tapi lain halnya jika ada komponen yang harus diganti, maka kisaran harga komponen tersebut sekitar 400 hingga 500 ribuan rupiah. Sedangkan ketika kerusakan yang ada lebih parah, atau bahkan perlu menggantinya dengan yang baru, maka Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar 1 jutaan rupiah, atau bahkan lebih.

  • Dinamo ampere

Dibanding service dinamo starter, biaya service dinamo ampere memang sedikit lebih mahal, untuk pembongkaran dan pemasangan ulang, biaya yang perlu Anda keluarkan sekitar 125 rupiah.

Sedangkan untuk harga dinamo ampere yang ada di pasaran sendiri terbilang beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga belasan juta rupiah. Semua hal tergantung jenis atau tipe mobil yang Anda gunakan.

Ciri – ciri dinamo starter rusak

Berikut ini adalah beberapa ciri dinamo starter yang Anda miliki mengalami kerusakan, dan bahkan membutuhkan jasa tukang service dinamo terdekat, antara lain :

  1. Terdengar bunyi mendesing, yang berasal dari gigi pada gear pinion dengan gigi yang ada pada ring gear mesin. Jika suaranya makin keras artinya kerusakannya semakin parah.
  2. Mesin jadi sulit dihidupkan dalam kondisi panas, atau baru dipakai. Umumnya terjadi lantaran resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar.
  3. Mesin mobil yang tidak merespons ketika distarter. Karena ada kemungkinan sekring pada dinamo putus.
  4. Lampu mobil mati pada saat mobil sedang distarter. Bisa jadi hal tersebut juga disebabkan oleh aki, yang membuat komponen mesin jadi lemah.
  5. Lampu depan mobil yang mati mendadak, dan diiringi dengan suara aneh. Dimana umumnya terjadi lantaran baterai aki yang mulai melemah.

Ciri – ciri dinamo ampere rusak

Sedangkan ciri dinamo ampere mengalami kerusakan, antara lain :

  1. Aki tetap tidak dapat berfungsi dengan normal, dan mobil jadi sulit di starter.
  2. Terdengar suara decitan atau suara mesin terdengar kasar.
  3. Lampu sorot pada mobil yang mulai meredup.
  4. Lampu indikator pada dashboard yang menyala
  5. Tercium adanya bau terbakar.

Untuk mencari layanan service dinamo yang tepat, dan pastinya lokasinya dekat dengan Anda, tidak perlu khawatir, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi https://suwun.co.id/. Dimana di Suwun ini Anda dapat mencari penyedia jasa, dalam hal ini jasa service dinamo secara cepat, tepat dan mudah. Bahkan Anda dapat memesan layanan yang dimaksud secara langsung, agar dinamo yang rusak dapat segera diperbaiki, oleh jasa service yang profesional di bidangnya.

Artikel yang Direkomendasikan