Tips Memilih Monitor Berkualitas agar Tak Perlu Service Monitor

jasa-service-monitor

Monitor adalah salah satu komponen terpenting yang ada pada komputer atau PC. Pada service monitor biasanya ditemukan berbagai permasalahan yang sering disebabkan oleh pemilihan monitor komputer yang sembarangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa tips memilih monitor berkualitas agar komputer Anda lebih awet.

Tips Memilih Monitor Berkualitas

1. Pilih ukuran monitor dan resolusi layar

Pilihlah ukuran monitor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesuaikan pula dengan space ruangan yang Anda miliki. Pastikan jumlah pixel yang lebih tinggi ini diimbangi dengan kartu grafis yang kuat untuk menghasilkan citra yang lebih tajam dari full HD.

2. Pilih teknologi panel

Ada dua macam panel layar komputer yang biasa digunakan, yakni Twisted Nematic (TN) dan In-Plane Switching (IPS). Panel TN merupakan panel yang paling terjangkau dengan menawarkan respons pixel dan refresh rate yang cukup cepat. 

Adapun panel IPS yang memiliki kualitas warna terbaik.. Jika Anda menggunakan komputer untuk sekadar bekerja atau mencari hiburan, maka panel IPS dapat menjadi pilihannya. Pastikan Anda memilih jenis panel terbaik agar Anda tidak perlu berkonsultasi pada service monitor komputer karena kerusakan nantinya.

3. Periksa akurasi warna

Beberapa pengguna profesional seperti desainer web, pro-gamer, special effect artist, fotografer, dan lainnya biasanya membutuhkan kontrol warna yang akurat. Jika Anda salah satu dari pengguna profesional tersebut pilihlah monitor dengan kualitas gambar sRGB. Bila akurasi warna komputer Anda mulai berkurang, Anda dapat memperbaikinya ke jasa service monitor Bandung.

4. Lihat kecepatan refresh rate

Mayoritas monitor saat ini telah dilengkapi refresh rate dengan kecepatan 60 Hz, artinya Anda dapat melihat 60 frame per detik. Kecepatan refresh rate ini biasanya cocok digunakan untuk pebisnis, pekerja kantoran, atau pekerjaan lain yang hanya menggunakan komputer untuk keperluan komputasi saja.

Namun, jika Anda adalah seorang gamer, youtuber, atau animator, pilihlah monitor yang memiliki kecepatan refresh rate 144 Hz untuk pengalaman kerja atau bermain yang lebih halus.

Baca Juga: Suwun, Aplikasi Penyedia Jasa JABODETABEK

Jenis Monitor Populer Masa Kini

1. LCD

Monitor LCD merupakan jenis monitor yang cukup populer pada masa kini. Monitor ini tersusun dari cairan kristal dan lampu neon putih. LCD memiliki kualitas gambar yang lebih jernih, tajam, lebih hemat daya, dan menyehatkan mata.

2. LED

Monitor LED hadir dengan kualitas gambar dan warna yang lebih baik dari LCD. LED juga memiliki kerapatan pixel yang lebih tajam dan cenderung lebih awet dibandingkan LCD. Meskipun harga monitor ini lebih mahal dari LCD, namun monitor LED jauh lebih hemat daya hingga 70%.

3. Touchscreen monitor

Sesuai dengan namanya, monitor ini memiliki respons yang sensitif pada sentuhan. Monitor jenis ini cukup banyak ditemukan pada gawai, laptop, dan tablet. Monitor jenis ini cenderung lebih sensitif dan mudah rusak bila salah perawatan. Jika Anda memiliki keluhan layar sentuh pada perangkat teknologi Anda, segera hubungi jasa service monitor Jogja atau kota lainnya. 

Cara Merawat Monitor Tanpa Pergi ke Service Monitor

  1. Hindari makan dan minum di dekat monitor
  2. Jauhkan magnet dari layar monitor
  3. Bersihkan monitor secara rutin
  4. Gunakan screensaver atau manajemen waktu sleep
  5. Hindari monitor langsung mati saat dipakai (misal: saat mati listrik)
  6. Gunakan proteksi layar
  7. Klaim garansi sebelum Anda membawanya ke tempat service monitor Depok, atau di sekitar Anda.

Itulah beberapa tips memilih monitor terbaik, jenis monitor, dan cara merawat monitor. Perhatikan ciri-ciri monitor berkualitas beserta perawatannya. Jika Anda memiliki permasalahan seputar alat-alat teknologi, Anda dapat menggunakan jasa layanan dari suwun.co.id.

Suwun adalah penyedia jasa layanan yang dapat mengatasi berbagai permasalahan Anda, mulai dari reparasi perangkat teknologi dan kendaraan, jasa kursus dan belajar, renovasi bangunan, hingga menyediakan jasa hiburan dan acara.

Artikel yang Direkomendasikan