Cara Ganti Seal Pompa Air Semi Jet Pump yang Mudah

Agar bisa mengatasi pompa yang bocor atau rusak, setidaknya Anda harus paham bagaimana cara ganti seal pompa air semi jet pump. Bagian kepala pompa air sering kali mengalami kerusakan, padahal bagian ini memiliki fungsi menghisap sekaligus menendang air dimana bagian tersebut menjadi kunci mengalirnya air.

Dalam kepala pompa air tersebut memiliki beberapa komponen penting, yang gunanya untuk membuat pompa air bisa menghisap air. Terdapat impeller yang fungsinya memutar air, dan seal yang fungsinya mencegah kebocoran di bagian poros.

Cara Kerja Seal Sebelum Memahami Cara Ganti Seal Pompa Air Semi Jet Pump

Bagaimana jika terjadi seal jet pump bocor? Sebelum lanjut ke cara menggantinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara kerjanya.

Poros bisa berputar akibat adanya bagian yang lama kelamaan longgar. Tetapi di bagian kepala pompa sebenarnya tidak boleh terdapat kebocoran, meskipun sedikit. Sehingga seal dibutuhkan untuk membuat poros bisa berputar tanpa mengalami kebocoran.

Seal sendiri memiliki dua bagian, yaitu yang menempel pada poros dan body. Dua-duanya terpisah tetapi sebenarnya saling menempel. Meskipun seal yang terdapat pada poros berputar, tetapi keduanya tetap saling terhubung untuk menghindari adanya air yang keluar masuk.

Nah, penyebab pompa air tidak bisa menghisap air bisa diakibatkan oleh tiga faktor, diantaranya adanya kebocoran pada pipa penghisap, putaran motor listrik yang kurang mengangkat atau melemah, serta air menyurut.

Baca juga: Jasa Pasang Pompa Air Terdekat dan Biayanya

Cara Ganti Seal Pompa Air Semi Jet Pump

Sebelum membelinya, tentu saja Anda harus mengetahui harga seal jet pump terlebih dahulu. Kemudian persiapkan alat dan bahan lain, seperti trecker, obeng min, tang spi, dan kunci pas 10 12 13. Nah, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan bahwa sudah tidak ada arus listrik yang masih mengalir ke pompa air, sehingga Anda harus memisahkannya dari sumber listrik

2. Buka tutup depan bagian impeller. Untuk bisa membukanya, Anda bisa memanfaatkan kunci 10. Berbeda jika Anda menggunakan semi jet atau jet pump menggunakan kunci 12 dan 13.

3. Bukalah bagian impeller dengan memanfaatkan tracker, Anda bisa menggantinya dengan obeng. Beberapa merek dari pompa air biasanya dapat dibuka hanya dengan menarik impeller saja.

4. Bukalah bagian spi dengan cara memekarkan spi

5. Pisahkanlah bagian dari kepala pompa menggunakan bagian motor agar lebih mudah untuk melepaskan sel bagian dalam

6. Siapkanlah seal yang baru

7. Masukkan sela ke bagian dalam hingga rapat atau tidak ada celah

8. Bersihkanlah seal, jangan sampai ada kerikil atau pasir yang menempel

9. Masukkanlah kembali kepala pompa air

10.  Bersihkanlah bagian seal poros serupa dengan seal bagian dalam

11.  Masukkanlah seal bersama dengan ring dan per

12.  Tekanlah seal dan masukkan sepi kembali untuk mengunci seal

13.  Ujilah dengan cara memasukkan air ke bagian tersebut

14.  Putarlah poros, cek apakah masih ada kebocoran, Anda bisa melihatnya ke bagian belakang kepala dari pompa air.

15.  Periksalah karet penutup bagian depan pompa air, jika ternyata rusak bisa langsung diganti

16.  Masukkanlah kembali tutup, karet, dan kunci sampai rapat

17.  Putarlah bagian kipas jet pump yang ada di belakang pompa

Jika sudah pompa kemudian bisa kembali bekerja seperti semula, artinya Anda sudah berhasil memperbaikinya.

Anda kesulitan untuk memahami cara ganti seal pompa air semi jet pump? Silahkan kunjungi Suwun.co.id karena di situs tersebut Anda bisa menemukan jasa servis pompa air maupun jasa-jasa lainnya. Jadi, Anda tidak harus tahu cara ganti seal tersebut, serahkan saja pekerjaan tersebut pada ahlinya!

Suwun juga menyediakan aplikasi yang dapat didownload dengan mudah. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan