Panduan Renovasi Rumah Budget 20 Juta

renovasi-rumah-budget-20-juta

Banyak orang berpikir bahwa untuk merenovasi rumah membutuhkan biaya yang mahal. Padahal, Anda juga masih bisa melakukan renovasi rumah budget 20 juta bahkan kurang. Kendati demikian, tetap diperlukan suatu strategi untuk membuat budget tersebut cukup.

Cara Renovasi Rumah Budget 20 Juta

Dana 20 juta untuk merenovasi rumah sejatinya termasuk pas, terlebih jika disertai dengan pemikiran yang matang dan strategi pembangunan yang tepat. Anda juga perlu melakukan perincian dan persiapan dalam membangun dan merenovasi rumah Anda tersebut. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan.

1. Siapkan ketersediaan lahan

Angka 20 juta memang tidak terlalu mahal, namun berbeda jika Anda tidak memiliki lahan yang sudah siap. Nyatanya, membangun atau merenovasi rumah secara full dengan dana 20 juta akan kurang sehingga Anda benar-benar harus fokus pada perbaikannya saja.

Selain itu, lakukan juga penghitungan yang tepat. Jika ingin merenovasi secara menyeluruh, tentunya Anda harus lebih realistis. Dana renovasi rumah dengan budget 20 juta umumnya dipakai untuk perbaikan atap, dinding, hingga penambahan ruangan.

2. Lakukan penghitungan budget yang detail

Melakukan perbaikan rumah pada dasarnya tidak memerlukan banyak budget, asalkan desain yang dibuat benar-benar detail dan rinci. Selain itu, material hingga volume yang dibutuhkan juga harus dicatat secara detail dan tepat guna.

Tujuannya tentu saja supaya kita dapat memperhitungkan harga material secara tepat, biaya tambahan apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan, hingga keperluan lainnya. Dengan demikian, Anda tidak hanya akan hemat, namun juga dapat mengalokasikan biaya sesuai kebutuhan.

3. Konsep renovasi rumah budget 20 juta minimalis

Sesuai namanya, konsep minimalis merupakan konsep yang fleksibel, efisien, serta ekonomis karena tidak memerlukan banyak biaya. Oleh karena itu, Anda perlu membuat rincian pembangunan yang jelas sehingga sesuai dengan konsep dan perkiraan pembangunan.

Apalagi dengan budget yang terbatas, tentu saja Anda harus memutar otak untuk bisa merenovasi rumah sesuai kebutuhan. Asalkan lahan sudah tersedia dan penghitungan biaya yang sesuai, maka uang 20 juta bisa sangat cukup untuk perbaikan rumah.

Baca Juga: Jasa Renovasi Rumah Sidoarjo Terbaik

4. Cermat menentukan material

Meskipun terbilang minimalis, tentunya Anda tidak boleh melewatkan penentuan material berkualitas dalam rangka cara renovasi rumah budget minim. Jika memungkinkan, Anda-lah yang membeli material tersebut sendiri dan tidak mempercayakannya kepada orang lain.

Apabila ragu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak kontraktor atau tukang untuk mendapatkan informasi material yang tepat namun juga berkualitas, tentu saja juga dengan harga yang kompetitif. Terapkan juga skala prioritas untuk memilih material mana saja yang akan dibutuhkan terlebih dahulu.

5. Gunakan jasa tukang

Membangun rumah dengan jasa tukang juga bisa dilakukan untuk menghemat budget 20 juta tersebut. Terlebih jika tukang yang Anda pakai jasanya merupakan tukang yang terbilang profesional sehingga proses pembangunan dan renovasi bisa lebih cepat dan efisien.

Selain itu, ada baiknya Anda juga ikut turun ke lapangan. Selain mempersingkat waktu pembangunan, Anda juga dapat memantau berapa saja dana yang masuk. Dengan demikian, dana akan lebih terkendali dan budget Anda juga akan lebih hemat.

Jika Anda kesulitan mencari jasa tukang untuk renovasi rumah budget 20 juta, gunakan web Suwun.co.id untuk mencari jasa dan layanan yang tepat. Anda juga dapat mencarinya lewat aplikasi Suwun via Play Store dan App Store. Tunggu apa lagi, segera nikmati kemudahannya dan Anda juga bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan