Cara Mengajukan Pinjaman Renovasi Rumah di Indonesia

cara-mengajukan-pinjaman-renovasi-rumah

Beberapa dari Anda mungkin banyak yang ingin melakukan renovasi rumah namun terkendala dengan biaya atau pendanaan yang belum cukup.

Anda tidak perlu khawatir karena kini terdapat kredit renovasi rumah yang bisa menjadi solusi untuk Anda lakukan. Adapun cara mengajukan pinjaman renovasi rumah terangkum pada artikel ini.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Renovasi Rumah Dari BPJS?

Pinjaman renovasi rumah atau yang disebut dengan PRP ini merupakan manfaat layanan tambahan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Adapun syarat yang harus dilakukan untuk mengajukan pinjaman ini yaitu diantaranya:

Sudah Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mengetahui cara mengajukan pinjaman renovasi rumah BPJS Anda harus melengkapi persyaratan yang ditetapkan yaitu sudah terdaftar menjadi peserta paling tidak minimal 1 tahun.

Perusahaan Tertib Administrasi

Selanjutnya perusahaan tempat Anda bekerja juga harus yang tertib administrasi beserta iuran dalam tenaga kerja. Hal tersebut karena berkaitan dengan sumber pemasukan Anda untuk membayarkan pinjaman tadi.

Memenuhi Syarat Dan Ketentuan Dari Bank Penyalur

Kemudian sebenarnya tidak terlalu banyak syarat yang harus dipenuhi seperti layaknya mengajukan KPR, namun tetap saja cara mengajukan pinjaman renovasi rumah BPJS ketenagakerjaan ini harus dilakukan dengan benar termasuk memenuhi persyaratannya.

Perlu diketahui bahwa bank penyalur program MLT dari BPJS ini diantaranya BTN, BPD Bali, BNI, Bank Nagari, Bank Aceh dan BJB.

Nah selain bank yang disebutkan tadi tidak bisa dilakukan pengajuan program MLT tersebut. Jadi Anda bisa juga menanyakan lebih lanjut kepada bank penyalur mengenai syarat dan ketentuan lebih lanjut.

Selanjutnya, berikut tahapan-tahapan mengajukan pinjaman untuk renovasi rumah.

Baca Juga: Jasa Renovasi Rumah Subsidi Terbaik

Cara Mengajukan Pinjaman Renovasi Rumah Tahapan Pertama: Menghubungi Pihak Bank

Hal pertama yang harus dilakukan adalah langsung menghubungi pihak bank, menanyakan produk MLT tersebut dan melakukan permohonan.

Anda bisa langsung mengunjungi bank penyalur yang sudah disebutkan tadi. Adapun sebelum datang ada baiknya Anda juga bisa menghubungi dahulu secara online atau telepon untuk mengetahui persyaratan PRP ini secara pasti walaupun sudah tertera informasi di atas.

Setelah semua dokumen sudah lengkap, Anda bisa menuju ke bank langsung dan bisa menanyakan lebih lanjut pertanyaan-pertanyaan tentang bunga, cicilan, tenor dan biaya-biaya lainnya.

Verifikasi dan Appraisal

Jika sudah sampai pengajuan berkas maka tahap selanjutnya Anda bisa menunggu verifikasi dari bank. Biasanya pada tahap ini bank akan melakukan BI checking sekaligus besaran gaji dan juga bisa survey ke lokasi tempat tinggal maupun tempat kerja Anda.

Setelah verifikasi data selanjutnya masuk ke tahap appraisal yaitu proses penilaian rumah yang dilakukan oleh pihak bank untuk mengetahui berapa kisaran harga hunian Anda di pasaran saat ini.

Proses ini berguna untuk menentukan nilai jual terhadap rumah Anda tersebut ketika Anda tidak bisa melanjutnya proses pembayaran pinjaman.

Menunggu Keputusan Bank

Selanjutnya Anda akan menunggu keputusan dari bank apakah akan disetujui atau tidak. Jika disetujui maka akan memperoleh SP3K dengan informasi lengkap seperti kredit renovasi, skema bunga, kesepakatan tenor, cicilan dan lainnya.

Akad dan Realisasi Dana

Jika semua terselesaikan masuklah ke tahap yang terakhir yaitu akad dan realisasi dana.

Itulah informasi tentang cara mengajukan pinjaman renovasi rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan. Bagi Anda yang butuh jasa renovasi rumah, Anda bisa menggunakan layanan dari Suwun.co.id. Ayo kunjungi situs Suwun atau download aplikasinya di Playstore untuk informasi pertukangan lebih lanjut.

Untuk kemudahan renovasi rumah, Anda juga bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan