4 Checklist Perawatan AC yang Wajib Dilakukan

checklist-perawatan-ac

Saat ini AC merupakan barang elektronik yang umum digunakan baik di rumah, kantor, hotel, ruang kelas, dan ruang lainnya. Untuk menjaga keawetan AC, maka perlu melakukan perawatan, misalnya perawatan pribadi dengan checklist perawatan AC sehingga jelas apakah komponen-komponen AC masih dalam kondisi baik atau tidak.

Mengapa Perlu Checklist Perawatan AC?

Seperti yang telah diketahui bahwa AC memiliki banyak komponen yang sangat penting dan harus dirawat dengan baik. Untuk tukang profesional, tentunya butuh checklist yang lebih detail secara teknis.

Namun untuk pemula yang melakukan perawatan AC pribadi, ceklis AC yang dibutuhkan hanya bersifat umum untuk membantu saat melakukan perawatan unit AC. Dengan begitu maka kondisi AC tetap optimal dan awet saat digunakan.

Inilah Beberapa Daftar Checklist Perawatan AC

1. Checklist Komponen Filter AC

Salah satu komponen penting pada AC yaitu filter. Pemeriksaan filter AC dilakukan setidaknya sebulan sekali sehingga filter tetap dalam kondisi bersih. Perlu diketahui bahwa filter AC merupakan komponen yang mudah kotor sehingga perlu dibersihkan dan dilakukan penggantian secara berkala.

Namun tidak perlu khawatir, pembersihan filter ini bisa dilakukan sendiri, meskipun Anda juga bisa menggunakan layanan tenaga profesional. Apalagi ketika musim kemarau, biasanya filter mudah berdebu dan kotor. Untuk itu penting melakukan checklist perawatan AC komponen filter supaya AC tetap memberikan hawa dingin tanpa terhambat.

2. Checklist Unit Outdoor AC

Checklist AC selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memeriksa unit outdoor AC milik Anda. Usahakan untuk melakukan pemeriksaan unit outdoor AC setidaknya sebulan sekali supaya unit outdoor aset tersebut terbebas dari kotoran atau hal-hal yang mengganggu kerja unit. Dengan begitu, unit ini tidak akan mudah rusak dan bermasalah.

Untuk pemasangannya, jauhkan dari tumbuhan atau pepohonan yang mudah mengotori bagian unit outdoor AC Anda. Jika mendapati dedaunan atau kotoran yang mengganggu, segeralah bersihkan. Apabila posisi outdoor ada di bagian dinding atas, lebih baik menggunakan tenaga profesional.

Saat melakukan pemeriksaan utamakan keselamatan. Jika unit outdoor AC sudah rusak maka lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Apa Saja Kegunaan Freon pada AC? Simak di Sini!

3. Checklist Unit Indoor AC

Checklist perawatan AC selanjutnya yaitu bagian unit indoor AC. Pemeriksaan ini dilakukan minimal sebulan sekali supaya tidak ada gangguan saat menggunakan unit AC ini.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa semua fitur dalam kondisi baik mulai dari kipas, swing, dan berbagai fitur lainnya. Dengan begitu maka udara dingin yang keluar dari AC merupakan udara yang segar tidak ada campuran debu kecil.

Daftar perawatan AC ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkan. Anda bisa memanggil jasa perawatan AC profesional jika kesulitan untuk melakukan perawatan sendiri.

4. Checklist Pemeriksaan Remote AC

Anda juga perlu memperhatikan checklist perawatan AC pada remote, dan pastikan masih berfungsi dengan baik. Cobalah untuk memeriksa semua fungsi remote AC apakah masih dalam kondisi yang bagus atau tidak. Selain itu juga periksa bagian baterai remote apakah masih bekerja atau tidak.

Apabila perlu mengganti baterai, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru. Apabila remote tidak mengalami kerusakan tetapi AC tidak dapat berfungsi, maka kemungkinan kerusakan ada pada unit indoor AC.

Untuk Anda warga Jakarta dan sekitarnya, bisa memanggil tukang AC profesional untuk melakukan perawatan AC di rumah atau kantor. Harga perawatan AC Jakarta juga bervariasi tergantung dengan jenis perawatan yang Anda butuhkan.

Checklist Perawatan AC tanpa Ribet

Itulah beberapa checklist perawatan AC yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga performa AC tetap baik.

Apabila Anda tidak punya waktu untuk melakukan perawatan sendiri, bisa memanggil tukang AC profesional. Kunjungi Suwun.co.id lalu masukkan layanan yang dibutuhkan di bagian pencarian. Lalu akan ditampilkan beberapa pilihan jasa AC panggilan terdekat untuk Anda.

Silakan download Aplikasi Suwun di Play Store dan App Store untuk berbagai fitur lainnya yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan