Kenali 5 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh

Jika Anda memasang Air Conditioner (AC) di rumah, tentu tidak asing lagi dengan air yang menetes dari perangkat elektronik tersebut. Tentu saja, masalah ini bisa mengganggu kenyamanan jika tidak segera diatasi. Lalu, apa penyebab AC bocor dan cara mengatasinya?

Inilah Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya yang Terbukti Ampuh

Masalah AC bocor ternyata bisa disebabkan oleh banyak hal. Setidaknya, ada 5 penyebab utama kenapa AC di rumah Anda bisa bocor dan meneteskan air yang jumlahnya tidak sedikit. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penyebab AC rumah bocor dan cara mengatasinya.

  • Filter AC Tersumbat

Penyebab utama kenapa AC bisa bocor adalah bagian filter yang kotor dan tersumbat. Filter AC yang kotor akibat debu atau kotoran lainnya akan membuat komponen filternya menjadi tersumbat. Hal ini akan membuat aliran udara ke komponen evaporator AC menjadi terhambat dan suhu menurun.

Kondisi ini akhirnya membuat air menetes dari AC. Untuk mengatasi masalah ini, maka solusinya adalah dengan cara membersihkan atau mengganti komponen filter AC secara rutin. Pastikan filter AC selalu dalam kondisi bersih dan tidak tersumbat agar tidak menimbulkan masalah ini.

  • Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya Akibat Kompresor Rusak

Komponen kompresor AC yang rusak merupakan penyebab kenapa AC tidak mau dingin. Jika kompresor AC rusak, maka yang terjadi adalah AC menjadi tidak dingin dan air tidak dapat mengalir secara menyeluruh. Akibatnya, maka air akan menetes dari unit dalam AC.

Penyebab AC kantor bocor dan cara mengatasinya dilakukan dengan memperbaiki atau mengganti kompresor AC yang rusak. Jika kompresor AC yang rusak dibiarkan begitu saja, maka ruangan tidak dingin dan malah hanya menyebabkan masalah AC bocor saja.

Baca juga: Layanan Service Cuci AC Kantor

  • Saluran Pembuangan Air Terhambat

Masalah berikutnya yang bisa menyebabkan AC bocor adalah mesin AC dipenuhi kotoran dan debu. Hal ini mengakibatkan saluran pembuangan air AC menjadi terhambat. Jika saluran pembuangan air AC penuh, maka akan membuat air menetes keluar dari unit AC.

Cara mengatasi AC bocor akibat hal ini yaitu membersihkan saluran pembuangan talang air di belakang AC. Bersihkan dengan cara menyemprot talang pembuangan air AC tersebut sampai semua kotoran di dalamnya bisa keluar dan tidak menyumbat lagi.

  • Instalasi AC yang Miring

Penyebab AC bocor dan cara mengatasinya juga bisa disebabkan oleh pemasangan perangkat AC yang salah, misalnya kemiringan di saluran pembuangannya. Jika saluran pembuangan tidak pas kemiringannya, maka bisa menyebabkan air yang menetes dari unit AC tidak mau keluar ke saluran pembuangan.

Solusi mengatasi masalah ini hanya ada satu, yaitu Anda harus melakukan instalasi ulang pada saluran pembuangan air. Caranya dengan membuka casing unit AC tersebut. Jika ingin lebih aman, sebaiknya gunakan jasa service AC untuk memperbaikinya.

  • Freon AC Bocor

Freon atau refrigerant AC yang bocor juga bisa menjadi penyebab kenapa air menetes dari unit AC. Kurangnya tekanan freon pada AC bisa menyebabkan pipa evaporator membeku serta menyimpan bongkahan es. Nah, bongkahan es inilah yang kemudian mencair dan menyebabkan tetesan air.

Jika penyebab AC bocor adalah karena masalah pada freon, maka cara mengatasinya adalah dengan menambahkan freon pada perangkat AC. Lagi-lagi, Anda butuh jasa service AC untuk membantu mengatasi masalah ini.

Nah, itulah beberapa penyebab AC bocor dan cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan. Untuk mengatasi masalah AC bocor, Anda tentu butuh jasa service AC. Dapatkan informasi terlengkap mengenai jasa AC terdekat dan terbaik di kota Anda melalui laman Suwun.co.id. Anda juga mencobanya di aplikasi Suwun yang bisa diunduh secara gratis.

Artikel yang Direkomendasikan