Pemasangan Granit Lantai Mudah, Bikin Rumah Makin Estetik!

Granit merupakan salah satu jenis penutup lantai selain keramik dan marmer yang sering dipilih oleh orang-orang sehingga ruangan terlihat lebih indah. Banyak yang penasaran terkait dengan bagaimana pemasangan granit lantai supaya terlihat lebih unik. Untuk kamu yang ingin memasang granit dan belum tahu bagaimana pengaplikasiannya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Persiapan Pra Pemasangan Granit Lantai

Nat merupakan celah penghubung yang bisa mencegah terjadinya rembesan hingga kerusakan pada lantai. Untuk itu, biasanya net diperlukan dalam memasang granit lantai dengan jarak sekitar 1 mm – 2 mm.

Meskipun nat merupakan hal yang sangat penting dalam pemasangan granit, tetapi granit juga bisa dipasang tanpa net dan banyak yang penasaran tentang caranya. Kamu bisa simak cara pemasangan granit lantai yang benar berikut ini.

Cara Mudah Pemasangan Granit Lantai Tanpa Nat

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang granit lantai di rumah.

1. Persiapkan Alat Dan Bahan

Tentunya kamu harus menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pemasangan lantai. Misalnya air, pasir, semen, palu karet, roskam, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Namun sebelumnya kamu juga harus sudah memilih motif pemasangan granit lantai yang diinginkan.

2. Menyiapkan Olahan Semen

Selanjutnya, siapkan olahan semen supaya granit merekat kuat meskipun tidak menggunakan. Komposisi pasir, semen, dan air pun harus sesuai, di mana semen harus padat ketika dilakukan pemasangan. Perbandingan antara pasir dan semen yaitu 1 : 3, lalu siram dengan acian encer.

Jika tidak ingin menggunakan olahan campuran yang dibuat sendiri, kamu juga dapat memilih menggunakan semen instan yang tersedia di berbagai toko bangunan.

3. Cek Kondisi Granit

Sebelum memasang granit lantai, kamu harus mengecek kondisi granit terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak ada retakan maupun goresan di permukaannya. Jika terdapat goresan atau keretakan, hal itu bisa menyebabkan pecah ketika pemasangan.

4. Menggambar Pola Atau Model

Tahap selanjutnya perlu dilakukan yaitu menggambar model pemasangan granit lantai sehingga memudahkan saat proses pengerjaan. Penggambaran pola dapat dimulai dari bagian tengah. Sedangkan bagian sisi atau lainnya dapat dilakukan pemotongan seperti gambar pola yang telah dibuat.

Baca juga: Daftar Harga Keramik di Pasaran

5. Mengaplikasikan Adukan Semen

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengaplikasikan adukan semen pada permukaan lantai yang akan dipasang granit. Kamu bisa menggunakan roskam bertakik serta pastikan jika olesan di permukaan tersebut mempunyai ketebalan cukup.

Jadi bagian ujung kaki tidak menyentuh dasar lantai ketika membuat lubang garis. Selain itu, pengaplikasian tersebut juga tidak kemudian membuat granit menjadi kopong.

6. Memasang Granit

Jika beberapa langkah tersebut sudah selesai, kamu dapat memulai pasang granit ke permukaan lantai. Lakukanlah pemasangan secara vertikal terlebih dahulu kemudian baru ke arah horizontal.

Untuk pemasangan tanpa Nat maka tidak memberikan jarak sedikit pun untuk nat sehingga granit tersebut rapat dan tidak terlihat ada sambungannya. Agar lebih padat dan rapat, kamu bisa menggunakan palu karet untuk memukul perlahan-lahan supaya presisi.

Barulah setelah itu dilakukan pengetesan menggunakan sendok apakah terdengar suara yang harus dipadatkan atau tidak. Langkah terakhir yaitu finishing dan pastikan granit terpasang sempurna.

Dimana Mendapatkan Jasa Tukang Pemasangan Granit Lantai Profesional?

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu bisa menggunakan jasa tukang bangunan untuk memasang granit lantai.

Dengan menyerahkan kepada ahlinya, maka hasilnya tentu akan sesuai dengan harapan. Apalagi saat ini jasa pemasangan granit lantai cukup mudah didapatkan bahkan dengan cara online sekalipun.

Anda tidak perlu khawatir karena, untuk menyewa tukang pemasangan granit lantai atau tukang bangunan, cukup beberapa langkah saja. Kunjungi Suwun.co.id kemudian masukkan kata kunci layanan yang kamu butuhkan.

Jangan begitu kamu akan mendapatkan rekomendasi jasa tukang bangunan beserta harga pemasangan granit lantai lengkap. Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Suwun karena fiturnya lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan