Perhitungan Pajak Jasa Service untuk Pelaku Usaha

akuntan-pajak-yang-kuat-dalam-perpajakan-internasional

Perhitungan pajak jasa service menjadi hal yang sangat penting dalam aktivitas bisnis sehingga pemahaman tentang cara perhitungan pajak jasa tersebut dapat mendorong untuk memenuhi kewajiban wajib pajak. Pada artikel kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pajak jasa service serta panduan singkat untuk para pebisnis.

Apa Itu Perhitungan Pajak Jasa Service?

Pajak jasa service adalah pajak yang dikenakan untuk setiap penyediaan jasa atau layanan oleh individu maupun perusahaan. Jika pelaku bisnis memahami peraturan perpajakan serta perhitungan yang baik maka dapat membantu untuk terhindar dari jerat hukum.

Jenis-Jenis Pajak Jasa Service

Berikut ini merupakan jenis pajak yang berkaitan dengan jasa service.

  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN): dikenakan pada penjualan produk barang dan jasa
  • Pajak Penghasilan (PPh): dikenakan atas penghasilan dari aktivitas bisnis.
  • Pajak Daerah dan Retribusi: pajak tambahan sesuai Perda setempat.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Kekinian yang Mudah

Cara Perhitungan Pajak Jasa Service

Cara menghitung pajak jasa servis wajib diketahui oleh para pelaku usaha. Adapun langkah-langkah umum untuk menghitung pajak jasa service yaitu sebagai berikut.

  1. Mengidentifikasi Pendapatan Bruto

Tentukan terlebih dahulu jumlah total pendapatan bruto/kotor dari aktivitas penjualan jasa service pada periode tertentu.

  1. Pengurangan Biaya Operasional

Kurangkan biaya operasional penyediaan jasa service, di antaranya meliputi gaji karyawan, biaya produksi, dan biaya operasional yang lain.

  1. Pemotongan PPN

Selanjutnya, hitunglah PPN yang wajib dibayar atas kegiatan penjualan jasa. Pastikan juga paham terkait dengan tarif PPN yang berlaku pada periode tersebut.

  1. Perhitungan PPh

Terakhir, tentukanlah jumlah penghasilan kena pajak, lalu hitunglah PPh yang wajib dibayar sesuai dengan tarif yang berlaku.

Untuk mengoptimalkan kewajiban dalam membayar pajak penting dalam memahami regulasi serta keringanan yang diterapkan. Saat ini beberapa negara telah menetapkan keringanan pajak dalam berapa bidang industri maupun dalam kondisi tertentu.

Saat ini pemerintah juga telah memberlakukan sistem perpajakan elektronik sehingga dapat mempermudah setiap pelaku usaha dalam melakukan perhitungan pajak serta pelacakan transaksi saksi secara efektif dan efisien.

Bagi para pelaku usaha, penting untuk terus update pengetahuan seputar peraturan perpajakan serta terus memastikan perhitungan pajak jasa service dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. 

Untuk memudahkan dalam perhitungan pajak, Anda dapat berkonsultasi dengan akuntan atau ahli pajak di Suwun.co.id untuk dapatkan masukan sesuai kondisi bisnis yang dijalankan.

Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan