Metode SPIN Selling Untuk Meningkatkan Sales Ke Konsumen

Metode-SPIN-Selling-untuk-Meningkatkan-Sales

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang sales guna meningkatkan penjualan salah satunya yakni metode SPIN selling untuk meningkatkan sales. SPIN selling merupakan teknik dalam penjualan guna memunculkan kebutuhan pelanggan.

Penggunaan pertanyaan secara tepat dinilai mampu membuat pelanggan menjadi sadar akan kebutuhannya yang terpendam lalu mengambil tindakan. Singkatnya SPIN selling merupakan cara untuk menggali kebutuhan pelanggan.

Pertanyaan di Metode Spin Selling Untuk Meningkatkan Sales

Di dalam metode ini terdapat empat jenis pertanyaan seperti situation, problem, implication, dan need payoff. Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing pertanyaan yang bisa diketahui.

1. Situation Question

Mengajukan pertanyaan kepada pelanggan dengan tujuan supaya mau menceritakan situasinya terkini. Contoh pertanyaannya “Bagaimana cara kerja di dalam tim Anda? Alat apa yang dipergunakan di tim sales?”.

Baca juga: Apa Itu B2B dan B2C? Simak Penjelasannya di Sini!

2. Problem Question 

Pertanyaan ini bertujuan mengidentifikasikan pain point pelanggan. Ini bisa menjadi sebuah jembatan bagi solusi produk Anda. Ketika pertanyaannya tepat sasaran, nantinya pelanggan akan bercerita dan menyalurkan rasa frustrasinya kepada Anda.

3. Metode SPIN Selling Untuk Meningkatkan Sales Dengan Implication

Cara selanjutnya yakni menciptakan suatu implikasi dengan cara menanyakan kepada pelanggan mengenai pertanyaan yang bertujuan mematikan keinginan untuk bisa bertindak.

4. Need Pay Off

Selanjutnya yakni need pay off yang mana diajukan di tahap akhir sales, dasarnya yakni membuat pelanggan bisa membayangkan hal baik yang terjadi di perusahaan, tim, dan diri sendiri ketika tindakan tersebut dilakukan.

Contohnya yakni pertanyaan seperti “bagaimana ketika Anda dapat memonitor seluruh performa tim secara real time?” pertanyaan tadi secara tidak langsung menawarkan produk dengan cara halus dan membuat klien terpikir untuk menggunakannya.

Jadi itulah metode SPIN selling untuk meningkatkan sales yang bisa diterapkan. Walaupun terlihat sederhana, jika diterapkan dengan tepat maka bisa membuat Anda mendapatkan hasil akhir yakni meningkatkan closing rate salah satunya yang pastinya akan berdampak baik bagi perusahaan.

Intinya Anda harus mengenali klien dan permasalahannya sehingga ketika mengajukan berbagai pertanyaan tadi akan lebih tepat sasaran.

Metode ini bisa lebih tepat sasaran jika Anda belajar consultative selling? Jika ingin belajar teknik ini lebih dalam jangan lupa membeli layanan jasa yang ada di Suwun. 

Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan