Memperbaiki Tembok Retak Bisa Dilakukan dengan Cara Berikut

Jika kondisi tembok sudah tidak sehat, maka biasanya terdapat keretakan pada dinding tembok tersebut, pada akhirnya kondisi ini bisa saja merugikan rumah Anda secara keseluruhan. Mulai dari sulit mengecat dinding, memasang wallpaper, dan masalah lain sebagainya karena permukaan tidak rata. Kalau sudah seperti itu, memperbaiki tembok retak merupakan hal yang perlu dilakukan.

Sebelum Memperbaiki Tembok Retak, Pahami Penyebab Retaknya Apa Saja

Penyebab dinding bangunan retak bisa dari proses plesteran atau pengacian pertama kali pada tembok yang kurang maksimal. Bisa saja plesteran tersebut belum kering, tapi tukang bangunan memakai bahan acian menimpa tembok dengan kondisi tersebut.

Ada lagi penyebab lainnya yaitu bisa jadi struktur bangunan pada dasarnya memang tidak kuat, atau terdapat beban tambahan kepada bangunan. Penyebab lain bisa dari penggunaan campuran kurang tepat, atau karena sebelumnya terjadi bencana alam.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memperbaiki Tembok Retak

Kalau sudah tahu seperti apa penyebabnya, maka Anda sudah bisa coba beberapa cara berikut agar dapat memperbaiki keretakan tersebut.

1.  Buat space di bagian atas

Biasanya jasa tukang untuk memperbaiki tembok retak membuat celah atau space di atas dinding. Cara ini sesuai untuk keretakan akibat bencana seperti gempa bumi. Anda perlu buat lubang sedikit di bagian atas agar bisa mengurangi tekanan ke dinding. Kalau sudah dibuat, coba isi celah dengan bahan lembut agar dapat menambal bagian retak tersebut, seperti memakai gypsum, karet, atau styrofoam.

Coba buka bagian dinding atau tembok yang retak, lalu isi memakai adukan bahan semen-pasir, gunakan 1:5 sebagai perbandingannya. Tunggu saja sampai mengering lalu gunakan campuran super semen. Lebih baik usahakan cat dinding memakai cat waterproof supaya lebih kuat.

2.  Aplikasikan adonan semen

Ada beberapa jenis keretakan di dinding, cara memperbaiki tembok retak bisa saja beragam. Misal saja keretakan pecah telur yang biasanya karena penggunaan acian terlalu cepat. Anda bisa perbaiki dinding retak ini memakai semen super plus air, pakai 1:20 sebagai perbandingan. Lalu setelah itu, bisa tambahkan penambal dengan semen sedikit untuk mengetahui kekentalan yang dibutuhkan.

Lalu langkah terakhir, adonan dimasukkan ke celah dan diratakan sesuai permukaan tembok. Kalau sudah kering, maka Anda bisa cat dinding lagi agar terlihat seperti baru.

Baca juga: Biaya Perbaikan Atap Bocor Pada Rumah Anda

3.  Bongkar tembok

Solusi lain yaitu membongkar tembok, solusi ini cocok diterapkan saat dinding retak karena rembesan air. Cara memperbaiki tembok yang retak tembus yaitu dengan bongkar bagian tembok tertentu yang menjadi penyebab keretakan. Temukan juga pipa air mana yang bermasalah.

Kalau sudah ketemu, Anda bisa bungkus memakai kawat lalu isi celah memakai adukan pasir plus semen sampai mengering. Jika sudah, bisa tutup kembali dan dicat ulang supaya lebih mulus.

4.  Cat ulang

Cara sederhananya yaitu dengan mengecat ulang. Solusi ini cocok jika keretakan seperti rambut, atau garis-garis yang tipis saja. Aplikasikan cat base atau dasar agar menutupi garis-garis, jika terlihat retakan lebih dalam, maka gunakan semen plus semen super.

5.  Menebalkan pondasi

Ada lagi cara untuk memperbaiki keretakan tembok karena kegagalan struktur bangunan yaitu diperkuat untuk area yang lemah. Anda bisa menebalkan pondasi bangunan untuk solusi yang satu ini sehingga butuh biaya lebih.

Untuk memperbaiki tembok retak memang butuh usaha keras dan kejelian, agar lebih praktis, Anda bisa coba cari jasa perbaikan tembok maupun jasa tukang terpercaya melalui Suwun.co.id atau dengan install aplikasi Suwun. Di sana terdapat banyak jasa-jasa bermanfaat termasuk perbaikan struktur bangunan.

Artikel yang Direkomendasikan