Kenapa Kipas Outdoor AC Tidak Berputar, Ini Penyebabnya!

harga service ac

Banyak yang bertanya-tanya kenapa kipas outdoor AC tidak berputar? Pasalnya banyak orang yang mengalami masalah ini karena berbagai faktor, misalnya masalah kapasitor fan dan motor fan yang rusak. Apabila tidak segera diperbaiki, maka bisa menyebabkan masalah yang lebih serius misalnya AC bocor dan kompresor overload.

Inilah Penyebab Kenapa Kipas Outdoor AC Tidak Berputar

AC memiliki dua kipas yang bisa membuat suhu ruangan dingin yakni kipas blower di unit indoor dan kipas di unit outdoor AC.

Kipas indoor berfungsi untuk menghembuskan udara yang dingin di evaporator. Sedangkan kipas outdoor berfungsi membuang panas di kondensor. Kipas pada AC memiliki fungsi yang sangat penting sehingga jika tidak berputar maka AC tidak akan dingin.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab kipas outdoor AC tidak berputar.

1. Kapasitor Rusak

Kapasitor kipas yang rusak bisa menyebabkan kipas outdoor AC mati karena kapasitor fungsinya sebagai penggerak utama motor.

Ketika kipas dinyalakan pertama kali, maka motor fan butuh daya besar untuk dapat menggerakkan kipas. Dengan begitu kipas indoor maupun outdoor AC mempunyai kapasitor masing-masing.

Cara mengatasi kipas outdoor AC tidak berputar karena kapasitor yang rusak yaitu butuh multitester. Namun jika tidak punya multitester maka bisa mengganti dengan kapasitor yang baru.

2. Kenapa Kipas Outdoor AC Tidak Berputar? Motor Kipas Rusak Salah Satu Alasannya

Penyebab selanjutnya yaitu motor kipas AC yang rusak, karena fungsinya yaitu untuk memutar bilah kipas sehingga bisa meniupkan udara.

Tanda kerusakan pada kipas yaitu motor fan yang tidak dapat berputar meskipun kapasitornya sudah diganti. Namun sebelumnya harus memastikan bahwa kipas tidak terhalang oleh sesuatu dan kabel di motor kipas tidak ada yang putus.

Untuk mengatasi masalah tersebut gantilah motor fan yang rusak dengan yang baru. Selain itu, jangan menyiram motor fan ketika sedang membersihkan AC.

Baca juga: Tips Menghemat Daya Listrik Ketika Menggunakan AC

3. Modul AC Rusak

Apabila terjadi kerusakan pada modul AC maka hal ini bisa menyebabkan kipas outdoor AC tidak dapat berputar. Modul PCB AC konvensional terletak di unit indoor, sementara modul pada AC inverter terletak di indoor dan outdoor alias memiliki dua modul.

Fungsi modul AC yaitu sebagai sistem kontrol sehingga dapat menyuplai arus listrik di sistem kelistrikan AC. Jika modul rusak maka kipas AC tidak dapat berputar karena tidak terdapat suplai tegangan dari indoor ke outdoor.

Modul AC yang rusak bisa disebabkan karena beberapa komponen seperti berikut ini.

  • Fuse sudah putus
  • Thermistor AC sudah rusak
  • IC program yang rusak
  • PIN konektor dan jalur PCB bermasalah

Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan modul AC rusak yaitu sebagai berikut.

  • Fluktuasi aliran listrik PLN
  • Modul yang terlalu tua
  • Modul PCB AC terkena air ketika sedang membersihkan AC

Jadi memang ada berbagai penyebab kenapa kipas outdoor AC tidak berputar. Hal ini tentu harus segera diatasi.

Untuk memperbaiki masalah ini, kamu membutuhkan teknisi profesional untuk memperbaiki kipas outdoor AC dan mencari tahu kenapa kipas outdoor AC tidak berputar. Karena tentunya sebagai orang awam kamu tidak tahu komponen mana yang mengalami masalah dan apa yang menyebabkannya.

Saat ini untuk mendapatkan layanan service AC panggilan bisa dilakukan dengan mudah secara online lewat situs dan aplikasi tertentu. Silakan kunjungi Suwun.co.id kemudian masukkan kata kunci jasa service AC terdekat. 

Kamu akan diberikan beberapa rekomendasi teknisi profesional yang lengkap dengan keterangan estimasi biaya dan jarak dari rumah. Saat ini kamu juga bisa memesan berbagai layanan melalui Aplikasi Suwun yang bisa diunduh di PlayStore dan AppStore.

Artikel yang Direkomendasikan