Kelebihan AC Inverter Untuk Rumah Hunian

Banyak orang yang memilih AC inverter karena salah satu kelebihan AC inverter yaitu tidak membutuhkan banyak daya listrik. Dengan begitu maka tagihan listrik bulanan tidak akan membengkak. Seperti halnya alat elektronik pada umumnya masa inverter memiliki sederet kelebihan dan kekurangan.

5 Kelebihan AC Inverter

Ada sederet kelebihan dan kekurangan AC inverter yang penting untuk diketahui. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari AC inverter.

1. Hemat Tagihan Listrik

Jika menggunakan AC inverter, maka bisa lebih hemat biaya listrik. Pasalnya, kompresor di AC inverter tidak bekerja di kapasitas penuh sepanjang waktu. Saat ruangan sudah mencapai suhu yang diatur, kecepatan motor pun akan melambat sehingga energi yang dikeluarkan lebih rendah. Alhasil, tagihan listrik AC inverter lebih hemat dibandingkan AC non inverter.

2. Kelebihan AC Inverter: Tidak Bising

Sebelum AC inverter hadir, banyak penggunaan AC yang merasa terganggu karena suara bising dari AC non inverter. AC inverter tidak butuh kompresor ketika dinyalakan dan dimatikan, tapi hanya cukup memperlambat ketika sudah mencapai suhu tertentu yang diinginkan. Karena motor AC berjalan di kecepatan yang rendah, maka suara kebisingan AC berkurang.

3. Ramah Lingkungan

AC inverter merupakan AC yang ramah lingkungan karena motornya mempunyai kecepatan variabel. Dengan begitu maka sensor inverter akan menyesuaikan penggunaan daya AC sesuai suhu ruangan. Hal ini tentu membantu untuk mengurangi penggunaan energi dan emisi yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan.

4. Proses Perubahan Suhu Lebih Cepat

Baik proses pendinginan maupun pemanasan menggunakan AC inverter jauh lebih cepat dibandingkan AC non inverter. Pasalnya, AC inverter membutuhkan lebih banyak daya ketika proses awal penyesuaian suhu yang disetel pada thermostat.

Setelah mencapai suhu ruangan yang diinginkan, kemudian AC mengurangi penggunaan daya dan bekerja di daya rendah dengan kecepatan rendah. Dengan demikian maka dapat membantu untuk memanaskan dan mendinginkan ruangan lebih cepat kita bisa mempertahankan suhu tertentu dalam waktu lebih lama.

Baca juga: Berapa Biaya Bongkar AC Rumah? Simak di Sini!

5. Lebih Awet

Selain itu, penggunaan AC inverter juga lebih awet. Pasalnya, pada AC inverter ketika motor nyala dan mati secara teratur maka akan memberikan tekanan di sistem dan membuat AC cepat aus. Namun pada AC inverter dapat mencegah hal ini sehingga usia penggunaannya pun lebih lama.

2 Kekurangan AC Inverter

Ada berbagai merk AC inverter salah satunya adalah LG. Kelebihan dan kekurangan AC LG dual inverter juga perlu dipertimbangkan sehingga saat memilih AC bisa sesuai kebutuhan.

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari AC inverter.

Biaya Perbaikan Lebih Tinggi

AC inverter mempunyai struktur yang kompleks sehingga butuh teknisi yang sangat profesional untuk memperbaikinya. Teknisi biasa belum tentu bisa memperbaiki masalah kerusakan AC inverter. Dengan begitu maka biaya perbaikan lebih tinggi dibandingkan AC non inverter.

Harga Lebih Mahal

Dibandingkan AC split atau window, harga beli AC inverter lebih mahal. Mengapa demikian? Karena AC inverter memiliki fitur yang unik dan lengkap. Namun tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menjadikan AC inverter sebagai investasi.

Jadi itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan AC inverter serta kekurangannya. Jika AC inverter mengalami kerusakan, lebih baik memanggil jasa service AC profesional untuk memperbaikinya. Dibandingkan harus membeli lagi AC yang baru dan harganya cukup mahal, lebih baik mengeluarkan biaya untuk service.

Untuk melakukan pemesanan jasa service AC inverter, silakan kunjungi website Suwun.co.id dengan memasukkan kata kunci di kolom yang tersedia. Kamu bisa langsung membuat jadwal dengan teknisi yang akan mengatasi AC kamu. Untuk menikmati fitur yang lebih lengkap, jangan lupa untuk download Aplikasi Suwun di PlayStore dan AppStore.

Artikel yang Direkomendasikan