Kenapa Body Kulkas Dingin, Apa Saja Penyebabnya?

body-kulkas-dingin

Proses pembuatan udara dingin pada sistem pendingin kulkas umumnya akan menghasilkan suhu panas yang bisa terasa pada body kulkas. Bagi Anda yang bingung kenapa body kulkas dingin, mungkin ada masalah pada sirkulasi refrigerant pada sistem pendingin tersebut.  

Bagaimana Kulkas Bekerja?

Kulkas bekerja dengan menggunakan zat pendingin yang beredar dalam sistem tertutup yang terdiri dari kompresor, kondensor, ekspansi valve, dan evaporator. Proses pendinginan dimulai dari saat kompresor menghisap gas refrigeran dan memampatkannya menjadi cairan yang kemudian dikirim ke kondensor. Di kondensor, cairan refrigeran dilepaskan ke lingkungan sekitar sehingga panas di dalam cairan itu bisa terbuang. Setelah itu, cairan refrigeran yang sudah lebih dingin masuk ke ekspansi valve dan mengalami penurunan tekanan yang signifikan. Akibatnya, cairan refrigeran menjadi uap yang kemudian dialirkan ke evaporator. Di evaporator, uap refrigeran menyerap panas dari lingkungan sekitar, sehingga suhu di dalam kulkas bisa terjaga pada suhu yang dingin.

Mengapa Body Kulkas Selalu Dingin?

Sekarang, mari kita fokus pada pertanyaan utama kita, mengapa body kulkas selalu dingin? Ada beberapa faktor yang menjelaskan mengapa body kulkas selalu terasa dingin.

Sistem Kerja Kulkas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulkas bekerja dengan cara memindahkan panas dari dalam kulkas ke luar kulkas. Proses ini dilakukan oleh zat pendingin yang beredar dalam sistem tertutup. Setelah zat pendingin melewati kompresor dan kondensor, ia akan masuk ke dalam ekspansi valve dan evaporator. Di evaporator, zat pendingin menyerap panas dari lingkungan sekitar, sehingga suhu di dalam kulkas bisa terjaga pada suhu yang dingin. Oleh karena itu, body kulkas selalu terasa dingin karena suhu di dalam kulkas selalu dijaga pada suhu yang dingin.

Kenapa Body Kulkas Dingin dan Penyebabnya Kerusakan Lainnya

Seperti barang elektronik lainnya, kulkas juga dapat mengalami berbagai masalah. Berikut beberapa masalah yang paling umum terjadi pada kulkas.

1. Kenapa body kulkas dingin padahal masih baru

Bodi kulkas terasa panas merupakan hal wajar yang menandakan kulkas Anda dalam kondisi bagus. Ini terjadi karena mesin kompresor bekerja menghasilkan uap panas untuk kemudian diubah menjadi cairan bertekanan tinggi dalam sistem pendingin kulkas.

Namun jika Anda baru saja membeli kulkas tetapi bodi kulkas dingin dan malahan di dalamnya tidak dingin, Anda tidak perlu bersedih dulu. Pada kulkas baru biasanya suhu yang dihasilkan di dalamnya masih relatif rendah. Anda bisa mengatur suhu ke angka maksimal untuk mengecek apakah kulkas berfungsi normal atau tidak.

2. Kulkas tidak dingin karena masalah stop kontak

Ketika kulkas tidak bekerja seperti seharusnya, tidak berarti kulkas Anda rusak. Bisa jadi masalah ini disebabkan karena kerusakan stop kontak. Salah satu penyebab body kulkas dingin adalah stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik.

Anda bisa mengecek stop kontak dengan menyambungkan peralatan elektronik lain. Jika berfungsi normal, mungkin Anda kurang kencang untuk memasukkan kabel kulkas ke stop kontak tersebut.

3. Kulkas berada di tempat lembab

Mungkin beberapa orang tidak memperhatikan bahwa penempatan kulkas di rumah tidak boleh sembarangan. Kulkas tidak berfungsi normal bisa disebabkan karena penempatan kulkas di tempat yang lembab dengan sirkulasi udara yang buruk.

Tempat yang terlalu lembab dapat membuat kulkas terasa dingin. Begitu juga dengan kondisi yang terlalu panas seperti di dekat kompor, dekat jendela, atau tempat-tempat yang terlalu banyak sinar matahari juga bisa membuat performa kulkas menjadi kurang.

Baca Juga: Jasa Cleaning Service Rumah

4. Bunga es yang terlalu tebal

Apabila body kulkas kadang panas kadang dingin, mungkin Anda perlu mengecek kondisi bunga es di dalam kulkas. Bunga es yang terlalu tebal bisa membuat kulkas terasa dingin saat dipegang.

Bunga es juga yang tebal juga dapat menutup lubang angin yang penting dalam mendinginkan udara dalam kulkas. Hal ini dapat menyebabkan suhu kulkas tidak dingin seperti seharusnya. Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mencairkan bunga es.

Selanjutnya Anda bisa membuang air dari bunga es yang mencair. Lap dengan kain bersih untuk mencegah bunga es terbentuk dalam waktu dekat.

5. Kebiasaan menyimpan makanan panas

Jika Anda terlalu sering memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas, suhu panas makanan tersebut dapat berinteraksi dengan suhu dalam kulkas. Suhu panas yang dominan dapat menyebabkan suhu di sekitarnya mengikutinya. Kulkas pun menjadi mudah rusak dan bodi kulkas yang biasa terasa panas saat dinyalakan menjadi dingin seperti tidak dinyalakan.

Itulah beberapa masalah yang umum terjadi pada kulkas rumah. Jika Anda bertanya-tanya kenapa kulkas dingin dan suhu dalam kulkas justru tidak dingin, mungkin perlu periksa hal-hal seperti di atas. Anda juga bisa service kulkas untuk perawatan berkala agar kulkas rumah lebih awet.

Apakah Anda membutuhkan jasa service kulkas yang bagus? Cari saja di Suwun.co.id dengan cara memasukkan pilihan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Anda bisa memilih beberapa pilihan jasa yang ditampilkan. Download juga aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap.

5 Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Apakah body kulkas selalu terasa dingin?

Ya, body kulkas selalu terasa dingin karena suhu di dalam kulkas selalu dijaga pada suhu yang dingin.

  1. Apakah isolasi termal penting dalam menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin?

Ya, isolasi termal memegang peranan penting dalam menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin dengan menghalangi perpindahan panas dari lingkungan sekitar ke dalam kulkas.

  1. Apakah penggunaan komponen pendingin yang berkualitas penting dalam menjaga agar body kulkas selalu dingin?

Ya, penggunaan komponen pendingin yang berkualitas mampu menjaga suhu di dalam kulkas pada suhu yang stabil dan terjaga dengan baik sehingga body kulkas selalu terasa dingin.

  1. Apakah perawatan rutin diperlukan untuk menjaga agar body kulkas selalu dingin?

Ya, perawatan rutin seperti membersihkan kulkas secara berkala, memeriksa suhu di dalam kulkas, serta memeriksa dan membersihkan komponen kulkas yang rentan terkena kotoran dan debu dapat membantu menjaga kinerja kulkas dan menjaga agar suhu di dalam kulkas tetap terjaga pada suhu yang dingin.

  1. Apa yang harus dilakukan jika body kulkas tidak lagi terasa dingin?

Jika body kulkas tidak lagi terasa dingin, sebaiknya memeriksa beberapa hal seperti suhu di dalam kulkas, kondisi komponen kulkas, serta apakah kulkas sudah terlalu penuh atau tidak. Jika masalah masih terjadi, sebaiknya memanggil teknisi kulkas untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Recommended Articles