Cara Pasang Kran Air Panas di Rumah

cara-pasang-kran-air

Masyarakat kini bisa memasang instalasi air panas di rumah yang terdiri dari kran air panas dan kran air dingin. Namun cara pasang kran air panas sedikit berbeda karena peralatannya harus disesuaikan dengan suhu air yang tinggi.

Cara Pasang Kran Air Panas yang Benar dan Aman

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan kran air panas di rumah.

1. Tentukan titik kran

Tahap pertama adalah menentukan titik-titik kran yang akan menggunakan air panas. Misalnya kran akan dipasang di kamar mandi, ruang dapur, atau tempat lain.

Setelah menentukan lokasinya, Anda bisa menentukan jalur instalasi untuk air panas tersebut. Selain cara pasang kran air panas dingin yang benar, perhatikan juga kebutuhan pipa instalasi sesuai dengan lokasi kran air panas dan sumber airnya.

2. Cara pasang kran air panas dengan beragam model water heater

Apabila Anda sudah menentukan titik-titik mana saja yang menggunakan kran air panas, maka selanjutnya adalah menentukan model alat pemanas air yang akan digunakan. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan tempat pemasangan kran air panas.

Model yang paling banyak digunakan masyarakat adalah alat pemanas yang dipasang di dalam ruangan seperti kamar mandi. Alat pemanas ini tidak hanya untuk memanaskan air tetapi juga berfungsi sebagai penekan kebutuhan pipa. Anda membutuhkan alat pemanas dengan tangki besar jika instalasi kran air panas di rumah berjumlah banyak.

Baca Juga: Harga Kayu Balok Beragam Jenis

3. Memilih material pipa air

Berbeda dengan instalasi air biasa yang lebih mudah dan sederhana. Selain membutuhkan water heater, cara pasang kran air panas air dingin juga harus memperhatikan jenis material pipa yang digunakan.

Sebaiknya Anda memilih pipa yang memang dirancang untuk instalasi air panas. Material pipa tersebut biasanya dibuat khusus yang kuat dengan suhu air yang tinggi. Jika pipa biasa, dikhawatirkan pipa akan melar dan cepat rusak karena air panas.

4. Menghubungkan alat pemanas air dengan instalasi pipa

Setelah semua peralatannya siap, maka bisa dipasang sesuai dengan jalur instalasi air yang dibutuhkan. Anda bisa memasang pipa-pipa untuk instalasi air terlebih dahulu. Kemudian pemasangan alat pemanas air atau water heater di lokasi yang dibutuhkan.

Jika sudah terpasang semua, maka Anda bisa menyambungkan instalasi pipa air ke alat pemanas atau water heater yang terpasang. Terdapat lubang input dan output yang ada pada mesin pemanas air. Jangan sampai tertukar ketika menyambung instalasi pipa air ke alat pemanas tersebut.

Saluran pipa dari sumber air seperti sumur atau supply air lainnya yang ada di rumah dihubungkan ke lubang input. Sedangkan lubang output untuk tempat sambungan pipa air panas ke kran rumah. Air yang sudah dipanaskan akan keluar melalui lubang output tersebut dan mengalir ke kran yang bisa langsung Anda gunakan.

Itulah beberapa tahapan instalasi air panas di rumah yang benar. Cara pasang kran air panas membutuhkan tambahan water heater dan pipa khusus air panas. Instalasi air ini juga sebaiknya dipasang dengan jalur yang benar agar tidak muncul masalah di kemudian hari.

Apakah Anda tidak bisa pasang kran air panas sendiri? Tenang saja, Anda bisa cari jasa instalasi air rumah dengan mudah di Suwun.co.id hanya dengan memasukkan pilihan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. 

Anda bisa memilih beberapa pilihan jasa yang ditampilkan. Download juga aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan