Kain Microfiber dan Kegunaannya?

kain-microfiber

Beberapa orang mungkin menganggap kain microfiber adalah lap kanebo, padahal ini salah. Bahan microfiber memang sering dijumpai sebagai lap pembersih serbaguna, tetapi bukan lap kanebo. Lalu apa sebenarnya lap microfiber? Berikut ulasan selengkapnya. 

Keunggulan kain mikrofiber

Sebelum membeli kain mikrofiber, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu keunggulan kain ini. Berikut adalah beberapa keunggulan kain microfiber:

1. Efektif membersihkan permukaan

Kain mikrofiber memiliki serat yang sangat halus, sehingga mampu membersihkan permukaan dengan sangat efektif tanpa meninggalkan goresan atau noda.

2. Menyerap air dengan baik

Kain microfiber juga memiliki kemampuan untuk menyerap air dengan baik, sehingga sangat cocok digunakan untuk membersihkan permukaan yang basah.

3. Tahan lama

Kain mikrofiber terbuat dari serat sintetis yang tahan lama dan awet, sehingga dapat digunakan berkali-kali tanpa cepat rusak.

4. Mudah dibersihkan

Kain ini juga sangat mudah dibersihkan, cukup dengan mencucinya dengan air biasa atau deterjen ringan.

Harga kain mikrofiber

Setelah mengetahui keunggulan kain ini sekarang saatnya membahas tentang harga kain microfiber. Harga kain microfiber bisa bervariasi tergantung dari kualitas dan merek kain tersebut. Namun, secara umum, harga kain microfiber berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 50.000 per meter.

Mengenal Kain Microfiber dan Kegunaannya

1. Tentang bahan microfiber

Bagi Anda yang masih penasaran apa itu kain microfiber, kain ini tergolong jenis bahan sintetis. Terbuat dari 20 persen polyamide dan 80 persen polyester. Campuran bahan nylon atau polyamide pada microfiber memiliki kemampuan untuk menyerap air dan polyester mampu mengangkat minyak serta kotoran.

Jenis bahan ini disebut-sebut memiliki tekstur yang lembut dengan kualitas benang-benang seratnya yang sangat halus. Kain ini bahkan diklaim 10 kali lebih halus dibanding kain sutera. Pada kain yang lebih halus, daya serapnya lebih kuat untuk membersihkan kotoran atau debu.

2. Fungsi kain microfiber

Salah satu manfaat kain microfiber adalah sebagai bahan lap atau handuk yang cukup efektif mengangkat berbagai jenis kotoran. Berikut beberapa kegunaan bahan microfiber yang paling sering dijumpai.

  • Kain lap mikrofiber

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kain lap microfiber. Lap ini disebut-sebut mempunyai kemampuan untuk menarik berbagai macam kotoran, debu, hingga noda minyak dengan lebih baik. Kain lap berbahan microfiber juga diklaim memiliki banyak keunggulan sebagai lap pembersih serbaguna.

Serat pada bahan microfiber berfungsi sebagai magnet yang dapat menarik debu dan kotoran, baik pada permukaan kering maupun basah. Lap microfiber juga disebut-sebut ramah lingkungan dan tidak menyebabkan masalah bagi pasien asma atau penderita alergi debu.

  • Keset microfiber

Selain sebagai kain lap, bahan microfiber juga berfungsi sebagai alternatif pengganti keset katun. Keset microfiber memiliki keunggulan pada daya serap airnya yang lebih bagus.

Permukaan bawahnya juga mampu mengurangi risiko Anda terpeleset saat menginjak keset. Anda bisa menempatkannya di depan pintu kamar mandi, depan pintu masuk rumah, atau di depan pintu kamar.

Keset microfiber juga mudah untuk dibersihkan dengan air biasa, baik dengan cuci manual atau mesin cuci. Bahan microfiber ini tidak membutuhkan pemutih atau lysol untuk menghilangkan bakteri pada keset.

  • Kemoceng microfiber

Fungsi lain microfiber adalah sebagai bahan kemoceng. Berbeda dengan kemoceng biasa yang dibuat dari bulu-bulu unggas, kemoceng microfiber mampu membersihkan kotoran dalam sekali usap.

Selain mudah, tentunya bisa menghemat waktu Anda ketika bersih-bersih. Kemoceng microfiber pun mudah digunakan untuk membersihkan hingga ke sudut-sudut yang mungkin sulit dijangkau oleh kemoceng biasa.

Kemoceng microfiber dapat digunakan untuk membersihkan meja, permukaan luar tv, dinding lemari, dan lain sebagainya.

3. Cara membersihkan bahan microfiber

Dibalik kegunaan kain microfiber yang cukup beragam, kain ini tidak membutuhkan cara khusus untuk membersihkannya. Sebelum direndam dengan detergen, sebaiknya kain dibilas dulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Setelah direndam dan dibilas hingga bersih, kain dapat dijemur di tempat teduh. Hal penting yang perlu diperhatikan ketika mencuci bahan ini adalah tidak boleh menggunakan cairan pelembut dan tidak boleh dijemur di bawah terik matahari langsung.

Baca Juga: Solusi Central Lock Mobil Terdekat yang Bisa Dipanggil ke Rumah

Itulah beberapa informasi mengenai kain microfiber bagi Anda yang penasaran dan ingin membelinya. Kain ini dapat diandalkan untuk membersihkan berbagai permukaan benda di rumah. Selain dengan lap microfiber, keperluan bersih-bersih rumah juga bisa mengandalkan jasa cleaning service yang kini sudah banyak digunakan dan bisa dipanggil ke rumah.

Anda butuh tukang bersih-bersih atau jasa lainnya? Tidak perlu bingung karena Anda bisa mencarinya di Suwun.co.id dengan memasukkan pilihan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Anda juga bisa download aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store untuk lebih mudah mencari berbagai layanan jasa terbaik.

Artikel yang Direkomendasikan