Butuh Jasa Service Mobil Mainan Aki?

jasa-service-mobile

Memperbaiki mobil mainan aki yang rusak sejatinya bisa dilakukan jika kita mengetahui penyebab kerusakannya. Hal ini tentu saja cukup penting sehingga Anda tidak langsung memanggil jasa service mobil mainan aki yang membutuhkan biaya besar.

Coba Ini Sebelum Memanggil Jasa Service Mobil Mainan Aki

Banyak orang memilih memperbaiki mobil mainan aki secara mandiri sebelum memanggil jasa service. Jika Anda termasuk salah satu yang memilih hal tersebut, ada baiknya coba melakukan beberapa langkah berikut dengan menyiapkan alat seperti obeng maupun multimeter yang biasa.

1. Memeriksa pengisi daya

Langkah pertama, Anda dapat memeriksa pengisi daya atau charger mobil mainan tersebut terlebih dahulu. Caranya yakni dengan menghubungkan charger ke listrik, kemudian tes ujung kabel charger menggunakan alat multimeter. Apabila charger tersebut baik-baik saja, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian dalam mobil.

Buka saja plat yang menutupi PCB dan baterai yang biasanya terletak di bawah tempat duduk. Selanjutnya, cek pada bagian dalam mobil tersebut apakah ada yang rusak atau masih baik-baik saja. Jika masih baik, tentu Anda tidak perlu repot mencari cara memilih jasa service mobil mainan aki.

2. Mengecek aki dan soket sebelum memanggil jasa service mobil mainan aki

Umumnya, sebuah mobil mainan aki akan memakai baterai dengan kapasitas tegangan antara 6, 9 atau 12 volt. Tegangan ini dapat dilihat pada bagian spesifikasi yang ada di box maupun charger. Apabila tidak ada masalah, Anda perlu melanjutkan pemeriksaan pada aki mobil menggunakan multimeter.

Dari pengukuran tersebut, dapat dicek apakah aki masih mempunyai tegangan yang full atau tidak. Jika berkurang, maka aki sedang tidak baik-baik saja. Cek juga bagian soket atau konektor, jika ada yang kurang rapat atau ada karat, tentu bisa menimbulkan masalah tersendiri.

3. Perhatikan bagian sekring atau fuse

Pastikan Anda sudah cek kembali apakah mobil mainan tersebut mempunyai bagian sekring atau tidak. Jika ada, coba periksa dengan multimeter, apakah masih tersambung atau malah sudah putus.

Sekring di sini berguna sebagai pengaman sehingga tidak terjadi korsleting. Terlebih, adanya korsleting yang parah pada mobil mainan aki akan sangat berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kebakaran. Tentu saja sangat berisiko bagi anak-anak Anda.

Baca Juga: Cari Tempat Service TV Terdekat? Yuk, Simak di Sini!

4. Cek pedal gas mobil

Dalam memeriksa pedal gas, Anda dapat menggunakan kabel jumper atau klik kertas. Selanjutnya, hubungkan koneksi pada switch, dan jika motor dapat berputar maka tandanya pedal gas masih berfungsi. Beda halnya jika pedal pas pada mobil mainan tersebut mengalami kerusakan, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab mobil mainan aki rusak karena motor tidak berputar secara maksimal.

5. Periksa pengontrol dan motor dinamo

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek dan memeriksa pengontrol, terutama jika pedal gas motor yang dicek mengalami kendala. Ketika Anda menekan pedal gas dan mendengar bunyi klik, maka tandanya ada masalah.

Terlebih dahulu, Anda harus melepas pengontrolnya terlebih dahulu kemudian menyambungkan motor pada charger. Jika masih berputar, tentu ada bagian atau komponen lain yang mengalami kerusakan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum memanggil jasa service mobil mainan aki sesuai kebutuhan. Apabila Anda kesulitan memilih jasa service yang tepat, Anda dapat menghubungi Suwun.co.id lalu memilih jasa yang diinginkan. Jangan lupa download aplikasi Suwun pada Play Store atau App Store!

Artikel yang Direkomendasikan