Jasa Service Kamera DSLR Profesional Terdekat

Berapa pun mahalnya barang elektronik, tetap saja bisa mengalami kerusakan, gangguan dan lain-lain. Termasuk kamera DSLR yang bisa ditangani oleh jasa service kamera DSLR.

DSLR sendiri adalah kamera dengan berbagai komponen misalnya sensor, mekanik dalam, tombol, cermin, lensa dan layar. Komponen tersebut tentu saja bisa mengalami kerusakan, sekalipun Anda merawatnya dengan sangat baik.

Beberapa Permasalahan Yang Biasa Ditangani Oleh Jasa Service Kamera DSLR

Berikut ini permasalahan yang sering terjadi pada kamera DSLR.

·   Lensa Berjamur bisa Ditangani Jasa Service Kamera DSLR

Salah satu permasalahan yang paling sering dikeluhkan oleh fotografer adalah jamur pada lensa. Bagaimana tidak, kita hidup di wilayah tropis yang rawan akan adanya jamur dimana perkembangan jamur sangat cepat karena adanya tingkat kelembaban udara yang termasuk tinggi.

Nah, jamur ini biasanya muncul karena penyimpanan lensa yang dilakukan secara sembarangan. Jamur yang muncul pada lensa menjadi persoalan yang bisa mengakibatkan efek tertentu pada hasil foto.

Untuk mengatasi jamur ini, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih lensa apabila kondisinya masih wajar. Tetapi jika jamur yang menyerang sudah terlalu ekstrem maka harus segera dibawa ke jasa service kamera DSLR terdekat.

Baca juga: 5 Cara Memilih Tempat Service Kamera Analog Terbaik

·   Shutter Block Rusak

Tahukah Anda jika fasilitas Shutter Block yang terdapat pada kamera DSLR ternyata memiliki batasan umur loh. Nah, batasan inilah yang mengakibatkan kerusakan pada shutter block, hal ini pun sering kali dikeluhkan oleh para fotografer.

Biasanya untuk kamera kelas pemula hanya bisa bekerja secara maksimal hingga 50 ribu kali. Sementara untuk kelas menengah ke atas biasanya sudah bisa mencapai angka 100 ribu atau lebih.

Banyak orang yang mengeluh saat kameranya macet pada bagian shutter block, padahal kerusakan ini sebenarnya hal yang wajar terjadi.

Nah, untuk memperbaikinya, Anda harus mengganti satu paket Shutter Block yang disesuaikan dengan jenis kamera yang dimiliki. Sementara untuk biaya service kamera sendiri bergantung dari spare part yang dipilih serta tingkat kerumitan dari kerusakan kamera.

·   Motor Autofocus Rusak

Salah satu kerusakan yang sering terjadi juga bisa pada komponen motor autofocus. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya kamera jatuh pada permukaan yang keras, terutama jika jatuhnya di bagian lensanya. Hal ini bisa berpengaruh pada motor autofocus tersebut.

Perlu diketahui bahwa letak motor autofocus dari kamera bisa berbeda-beda, ada yang di lensanya ataupun di bagian body dan lensa. Sehingga bisa saja kerusakan terjadi pada lensa dan body akibat kamera jatuh ketika masih keadaan terpasang.

·   Sensor Kotor

Kotoran yang ada pada lensa juga bisa menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami kamera. Penyebab kotornya sensor biasanya disebabkan oleh debu yang menempel. Sebab, ketika Anda memutar lensa baik untuk zoom atau focusing, debu bisa saja masuk ke dalamnya, kemudian tersedot jauh ke dalam sensor kamera.

Jika debu yang ada masih dalam kondisi wajar, maka tidak terlalu berpengaruh pada kamera atau hasil fotonya. Tetapi jika sudah terlalu ekstrem bisa berpotensi mengganggu dan merugikan. Sehingga Anda harus membawanya ke jasa service kamera untuk dibersihkan.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan jasa service kamera DSLR maka tidak usah bingung karena Anda bisa mengunjungi Suwun.co.id. Banyak jenis layanan jasa yang bisa Anda pilih di sini termasuk jasa service kamera dan silahkan juga untuk download aplikasi Suwun secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Artikel yang Direkomendasikan