Menilik Harga Batako Merah dan Perbandingannya

harga-batako-merah

Sobat, Anda sedang mencari beragam batu bata untuk membangun atau malah merenovasi rumah? Kalau iya, tentu pemilihan batu bata yang tepat adalah hal yang sudah pasti harus dilakukan secara maksimal. Tidak hanya dari harga batako merah, namun juga dari sisi kualitas dan kelebihannya masing-masing.

Saat ini ada beberapa macam batu bata yang biasa digunakan, mulai dari bata merah, bata putih, hingga batako. Lantas, mana sih batu bata yang terbaik untuk pembangunan rumah? Yuk simak ulasannya berikut.

Bata Merah VS Bata Ringan

Batu bata merah menjadi salah satu material pembangunan yang sampai saat ini masih sering digunakan. Warnanya yang merah kecoklatan menjadi ciri khas batu yang terbuat dari tanah liat ini. Proses pembuatannya juga cukup panjang, mulai dari pencetakan sampai dengan dioven atau dibakar.

Berbeda dengan bata ringan atau bata putih yang dibuat menggunakan mesin. Bata putih alias hebel ini biasa dibuat dari campuran material semen, kapur, gipsum, pasir kuarsa, hingga alumunium yang dicampur dengan air.

Jika melihat perbandingan harga bata merah batako dan bata ringan, maka dapat diketahui kalau bata putih memiliki harga yang lebih tinggi. Ambil contoh untuk batu bata merah biasa, harganya sekitar Rp. 725 sampai Rp. 900 per buahnya. Berbeda dengan bata ringan hebel yang per meter kubiknya bisa mencapai Rp. 730.000.

Harga Batako Merah dan Batu Bata, Mana Lebih Bagus?

Selain batu bata, Anda pasti juga sering mendengar material bernama batako. Ya, bahan bangunan untuk membuat dinding yang terbuat dari campuran semen dan pasir ini memang dikenal sebagai salah satu bahan yang cukup kuat untuk pembangunan. Bahkan jika dilihat dari perbandingan harga batako dan bata merah saja juga cukup jauh.

1. Perbandingan harga batako merah

Untuk satu buah batu bata merah biasa dihargai sekitar Rp. 725 sampai dengan Rp. 900 per buah, berbeda jauh dengan batako yang bisa mencapai Rp3.500 per buahnya. Adapun perbedaan harga batako vs bata merah ini tentu juga berkaitan dengan kualitas bangunan yang dianggap lebih kokoh jika menggunakan batu batako.

2. Perbandingan kualitas batako vs batu bata

Setiap material tentu punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Misalnya jika Anda memilih batako, tentu ukurannya lebih besar sehingga waktu pemasangan lebih cepat. Namun dari segi biaya, batu bata merah jauh lebih hemat, dinilai lebih kokoh, serta ampuh menyerap panas.

Baca Juga: Cara Memilih Tukang Bangunan Harian Terdekat

Jasa Profesional untuk Bahan Bangunan

Pembangunan suatu gedung atau rumah memang suatu hal yang umum terjadi saat ini. Namun tidak jarang, banyak orang tidak dapat memilih jasa pembangunan yang tepat sehingga hasil akhirnya tidak memuaskan. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mulai mencoba menggunakan Suwun.co.id sebagai aplikasi untuk mencari jasa profesional di berbagai bidang.

Anda dapat memilih jasa arsitektur untuk mendesain bangunan atau rumah yang diinginkan, hingga memilih jasa teknisi sipil untuk pemilihan bahan bangunan yang tepat. Segera gunakan aplikasinya dan Anda akan mulai terhubung dengan para profesional di bidangnya masing-masing.

Demikian sejumlah ulasan mengenai harga batako merah serta perbandingannya dengan sejumlah material lain seperti batako dan bata putih ringan. Tentunya, ada baiknya jika Anda tidak salah lagi dalam memilih material serta jasa bangunan yang tepat sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan bangunan tersebut bisa kokoh dalam waktu yang lama. Segera download aplikasi Suwun di Google Play Store maupun App Store.

Artikel yang Direkomendasikan