7 Jenis-jenis Jasa Katering yang Bisa Dicari di JABODETABEK

jasa-katering-jabodetabek

Bagi Anda yang ingin membuka jasa katering, sebaiknya mulai saat ini tentukan jenis catering yang ingin dijalankan. Proses penentuan ini berpengaruh pada target market usaha katering Anda.

Usaha katering memang terdiri dari beberapa jenis, mulai dari katering rumahan, industri dan beragam jenis katering lainnya. Ada pula jenis usaha katering yang melayani kebutuhan transportasi dan pernikahan. Berikut ini pembahasan beberapa jenis usaha catering.

Jenis-jenis Jasa Katering yang Bisa Dicari di JABODETABEK

1. Jasa Katering Industri, Pabrik atau Perusahaan

Layanan jasa catering ini secara khusus menyediakan makanan untuk karyawan suatu pabrik atau perusahaan. Bentuk layanannya bisa berupa prasmanan atau rantangan. Katering jenis ini digunakan oleh pabrik atau perusahaan yang mempunyai karyawan dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, umumnya jam kerja juga terbagi menjadi beberapa shift.

2. Jasa Katering Pesta

Katering pesta seperti wedding atau pernikahan termasuk unik. Dalam menyediakan jasa catering pernikahan, para pelaku usaha ini tak sebatas memperhatikan citarasa namun juga pada dekorasi makanan.

Dalam usaha katering pesta khususnya pernikahan, para pelakunya harus mempelajari dekorasi makanan agar tampak unik, indah dan menarik. Katering ini menyediakan layanan pemesanan makanan pada acara pesta dengan jumlah tertentu. Umumnya dihidangkan dalam jumlah besar baik secara buffet atau prasmanan maupun a’la carte atau piringan.

3. Jasa Katering Transportasi

Layanan katering khusus transportasi ditujukan untuk perusahaan transportasi seperti bus antar kota atau provinsi, kereta api, kapal laut, ataupun pesawat terbang. Syarat untuk dapat memulai jasa catering transportasi memang lebih banyak dan kompleks, sebab berkaitan dengan kredibilitas dari alat transportasi.

4. Jasa Katering Rumah Sakit

Katering ini menyediakan konsumsi untuk pasien rumah sakit. Dalam menjalankan katering, umumnya mendapat pengawasan ketat dari ahli gizi yang direkomendasikan oleh rumah sakit. Menu yang tersedia disesuaikan dengan jenis penyakit setiap pasien beserta kebutuhannya.

5. Jasa Katering Isoman

Pandemi di Indonesia memang belum berakhir, jasa katering isoman menyediakan kebutuhan makanan bergizi untuk kebutuhan pasien yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah agar proses pemulihan bisa berjalan cepat.

Baca Juga: Makanan Khas Tangerang yang Wajib Dicoba

6. Jasa Catering Rantangan

Layanan katering rantangan menyediakan beragam menu dengan kemasan rantang. Katering ini disediakan untuk kebutuhan rumah tangga, karyawan kantoran atau anak kost yang memerlukan makan siang ataupun makan malam.

Makanan dengan menu berbeda akan diantar setiap hari. Umumnya katering rantangan menawarkan daftar menu selama satu bulan. Konsumen katering rantangan secara umum berlangganan dan pembayarannya juga dilakukan per bulan.

7. Jasa Katering Puasa

Memasuki bulan Ramadhan tersedia pula jasa katering puasa bagi Anda umat muslim yaitu catering harian menu sahur dan menu buka puasa. Bagi Anda non muslim atau yang tak menjalankan ibadah puasa, umumnya juga tetap melayani pemesanan makan siang.

Pelaku usaha yang sudah menjalankan satu jenis usaha katering nantinya akan kesulitan untuk berpindah pada jenis usaha katering lainnya. Sebab masing-masing jenis katering sangatlah berbeda mulai dari konsep, biaya hingga penyajiannya.

Seiring berkembangnya zaman, layanan usaha catering juga terus berinovasi hingga memunculkan berbagai jenis catering tertentu seperti catering diet yang diminati oleh beberapa kalangan sosialita.

Untuk bisa menemukan layanan katering khususnya di wilayah Jabodetabek, Anda tak perlu khawatir dan bingung sebab Anda dapat menemukan layanan catering dengan kualitas pelayanan terbaik hanya di jasa katering. Kunjungi Suwun untuk pemesanan jasa catering terbaik dan terpercaya!

Artikel yang Direkomendasikan