Cara Pasang Aki Mobil dan Tips Pilih Jasa Ganti Aki Terdekat

jasa-ganti-aki

Jika sering gunakan mobil, Anda harus cek rutin aki-nya. Jika ada masalah dengan aki, Anda bisa memiliki masalah serius pada mobil. Daripada harus bayar montir mahal, alangkah baiknya belajar cara pasang aki mobil sendiri dan pilih jasa ganti aki terdekat.

Langkah – Langkah Cara Pasang Aki Mobil

Bagi Anda yang ingin belajar cara pasang aki di mobil, cukup ikuti bahasan langkah – langkahnya berikut ini:

Melepas Aki Lama

Langkah awal untuk ganti aki adalah melepas yang lama. Hal ini bisa dilakukan dengan buka kap mobil, cari posisi aki, lepas kabel, klem serta kutub negatif dan positif sudah lepas. Sekedar tips, pastikan lepas yang negatif dulu baru yang positif agar tidak ada gejala listrik arus pendek dan statis.

Setelah lepas semua, angkat aki secara tegak lurus agar isinya tidak tumpah. Selanjutnya, cek kondisi tempat aki dan kondisi dalam aki. Jika tidak ada maslah lain, sekarang waktunya memasang aki baru.

Pastikan Posisi Aki Tegak Lurus

Proses ganti aki selanjutnya adalah menaruh aki baru ke posisi semula. Pastikan saat pemasangan, kotak aki tegak lurus. Banyak jasa ganti aki mobil yang masih sering melakukan kesalahan seputar ini dan menumpahkan isi aki. Jika veteran di industri pernah melakukan kesalahan pasang, Anda wajib gunakan hal ini sebagai pelajaran untuk tidak melakukannya ke depan.

Baca Juga: Cara Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

Cek Posisi Positif dan Negatif Aki

Pada aki dan mobil, posisi positif dan negatif sudah ditandai. Anda cukup cari dan mencocokannya saja. Pastikan di cek berulang agar tidak menimbulkan masalah saat mobil dinyalakan.

Jangan Sampai Kabel dan Klem Ada yang Kendor

Selanjutnya, Anda tinggal pasang kabel dan klem kembali seperti sebelum dibongkar aki-nya. Pastikan goyang – goyang koneksi kabel dan klem agar tidak renggang dan aman digunakan.

Nyalakan Mesin Mobil Jika Sudah Pasti

Pada langkah akhir, Anda cukup nyalakan mesin untuk test. Jika mesin menyala, proses sudah benar. Jika masih macet, mungkin ada masalah lain yang harus diperbaiki. Namun di sisi lain, jika sudah bisa menyala, kondisi Anda pasti lebih menonton,

Kesulitan Gunakan Cara Pasang Aki Mobil di Atas? Gunakan Jasa Aki Terdekat Saja!

Cara di atas tentu terkesan mudah, tapi tidak semua orang bisa melakukannya dengan lancar. Bagi Anda yang kesulitan mempraktikkan cara pasang aki mobil terebut, tidak ada salahnya cari jasa untuk ganti aki. Banyak bengkel sebenarnya memberikan layanan ini. Anda cukup cari yang dekat dengan tempat Anda saja.

Menggunakan layanan ganti aki mobil terdekat tidaklah sulit. Anda pasti punya teman atau sanak saudara yang bisa bantu. Jika mereka punya kendaraan, mereka bisa beri rekomendasi tempat yang paling pas. Pastikan memilih penyedia jasa pasang aki berkualitas jika ingin prosesnya cepat dan tidak mahal.

Tips Memilih Jasa Ganti Aki yang Pas

Bagi Anda yang ingin menggunakan penyedia jasa yang pas, pastikan gunakan tips berikut ini:

  • Pastikan cara pasang aki mobil penyedia jasa sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh saja Anda memiliki mobil mini bus, pastikan penyedia jasa tahu cara mengganti aki kendaraan ini.
  • Pastikan cari yang dekat saja. Informasi seputar bengkel dan jasa ganti aki di area lokal bisa ditanyakan ke teman ataupun sanak saudara.
  • Pastikan ada garansi. Jadi jika ada kesalahan pemasangan, pihak jasa mau bertanggung jawab.
  • Pastikan mereka menyediakan layanan jual aki Jadi setelah beli yang baru, aki mobil bisa langsung digantikan langsung di satu tempat.

Bagi Anda yang masih merasa kesulitan mencari, silahkan datang ke website Suwun.co.id. Di sini sudah terdaftar berbagai penyedia jasa untuk ganti aki beserta informasi lengkap seputar mereka. Langsung kunjungi websitenya jika memang butuh layanan ini segera.

Artikel yang Direkomendasikan