Intip Inspirasi Desain Rumah Bebas Banjir yang Bisa Dicontoh

Banjir adalah masalah yang paling berpengaruh ke bangunan di seluruh dunia. Hingga Desember 2022, BNPB mengatakan kejadian bencana di Indonesia didominasi oleh banjir, hal ini yang menyebabkan puluhan ribu rumah mengalami kerusakan saat dilanda banjir. Oleh karena itu, saat ini desain rumah tidak hanya mementingkan estetika saja, namun juga perlu mempertimbangkan sisi fungsionalnya.

Bagi Anda yang sedang ingin membangun rumah, penting untuk berpikir cermat dengan merencanakan desain rumah bebas banjir  Apalagi jika rumah Anda berada di lokasi yang beresiko terdampak banjir. Selain perlu memperhatikan penampilan rumah, bangunan dan struktur pondasi yang kokoh juga menjadi elemen penting untuk meminimalisir kerusakan rumah akibat banjir.

Untuk itu, kami akan membahas beberapa desain rumah anti banjir yang bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk rumah Anda.

5 Inspirasi Desain Rumah Bebas Banjir

1. Desain Rumah Bergaya Eropa

Rumah dengan desain eropa ini memang terlihat minimalis, namun ternyata memiliki banyak sisi fungsionalnya, salah satunya adalah dapat meminimalisir kerusakan akibat banjir. Hal ini dikarenakan, desain rumah dibuat agak naik dengan bagian bawah diperkuat oleh material beton dan bata. Bahkan, hampir semua rumah terbuat dari material bata dan beton.

Anda juga menambahkan pagar rumah anti banjir pada bagian teras rumah. Selain meningkatkan sisi fungsional dari rumah, desain bergaya Eropa juga meningkatkan tampilan rumah yang minimalis dan estetik.

2. Desain Rumah Bebas Banjir di Atas Panggung

Ketika mendengar konsep ini mungkin Anda akan teringat dengan rumah tradisional Indonesia, bukan? Ya, bisa dibilang ini adalah inspirasi desain rumah panggung. Konsep ini terbilang mampu untuk meminimalisir kerusakan dan membuat Anda dan keluarga terhindar dari bencana banjir.

Hal ini dikarenakan, struktur bangunan yang dibuat di atas panggung dan pilarnya terbuat dari beton sehingga membuatnya menjadi rumah anti banjir. Konsep ini bisa Anda jadikan pilihan kedua apabila konsep Eropa dirasa kurang cocok.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Minimalis yang Dapat Anda Tiru

3. Rumah dengan Material Logam

Desain rumah selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan sebagai rumah anti banjir adalah dengan menggunakan material logam sebagai lapisan exterior rumah Anda. Material logam dinilai dapat menahan arus banjir hingga pergeseran tanah. Selain itu, material logam juga dikenal solid sehingga ketika banjir datang, air tidak akan bisa masuk ke dalam rumah.

Konsep rumah kali ini bisa dijadikan inspirasi renovasi rumah kebanjiran bagi Anda yang menyukai desain minimalis dan modern.

4. Rumah Bebas Banjir dengan Pilat Beton

Inspirasi desain rumah anti banjir selanjutnya adalah rumah dengan struktur pilar beton. Pilar beton ini digunakan sebagai penyangga bangunan rumah agar terhindar dari banjir. Umumnya pilar ini didesain dalam bentuk persegi panjang dan terbuat dari kerangka besi beton yang membuatnya kokoh dan kuat diterjang banjir.

Tidak perlu khawatir desain ini tidak menarik, justru konsep ini dapat membuat rumah Anda terlihat lebih minimalis, estetik, dan modern, loh.

5. Rumah dengan Konsep ‘Floating

Floating house ini biasa ditemukan pada daerah pesisir pantai atau digunakan pada beberapa tempat wisata sebagai penginapan. Ternyata, saat ini konsep floating house juga bisa diterapkan pada rumah tinggal agar terhindar dari banjir. Konsep semacam ini dibangun oleh beberapa pondasi yang terbuat dari beton untuk meningkatkan pondasi yang kokoh.

Itulah beberapa inspirasi dari desain rumah bebas banjir yang bisa diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan sisi fungsional dari rumah Anda. Apabila Anda kesulitan dalam menemukan jasa arsitektur dan desain interior yang dapat mewujudkan desain rumah sesuai keinginan, kunjungi Suwun.co.id atau download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan