Inspirasi Moulding Dinding, Bikin Rumah Menawan

moulding-dinding

Saat ini pemasangan moulding dinding banyak diminati untuk mempercantik tampilan interior rumah. Tujuan penerapan wall moulding agar dapat memperkaya tampilan desain interior rumah Anda dan tidak terkesan monoton atau membosankan.

Tampilan rumah Anda dapat terlihat berbeda dan lebih menarik apabila penerapan dekorasi dinding tepat dan tidak berlebihan. Penggunaan wall moulding ini dapat menjadi pemanis yang tepat untuk interior Anda. Namun, apakah Anda tahu apa itu moulding dinding?

Apa Itu Moulding Dinding?

Wall moulding atau moulding dinding merupakan teknik dekorasi dinding menggunakan list kayu yang sebelumnya telah dicetak. Pemasangan wall moulding dapat memberikan kesan klasik dan elegan namun tidak berlebihan. Material yang dipakai juga beragam, moulding gypsum adalah material yang paling popular dan banyak dipakai pada rumah mewah.

Alih-alih menggunakan wallpaper, Anda dapat mempertimbangkan penerapan wall moulding sebagai alternatif yang bisa dibilang lebih terjangkau. Simak beberapa referensi model moulding dinding yang akan kami bagikan untuk Anda.

5 Inspirasi Wall Moulding untuk Semua Tipe Rumah

1. Wall Moulding Gypsum Bentuk Miring

Penggunaan moulding dapat memberikan suasana ruangan Anda menjadi menarik dan tidak flat, ditambah dengan bentuk garis tidak beraturan ini dapat menciptakan desain interior yang unik. Material yang bisa digunakan adalah gypsum, karena dapat memberikan kontur yang rapi dan presisi.

Penerapan wall moulding bentuk miring bisa dengan beberapa bagian, seperti contoh bagian atas menampilkan garis ke kanan, kemudian bagian bawahnya menampilkan garis ke kiri. Lakukan trik pemasangan ini secara selang-seling untuk mendapatkan hasil sempurna. Model wall moulding ini cocok untuk ruang makan ataupun ruang tamu, dengan bentuknya yang unik maka bisa menjadi vocal point suatu ruangan.

2. Moulding Dinding Motif Kotak Kecil (Untuk Kamar)

Pemasangan moulding dapat memberikan kenyamanan bagi sang pemilik rumah dan orang yang melihatnya. Terlebih untuk Anda yang banyak menghabiskan banyak waktu di suatu ruangan seperti kamar atau ruang tamu. Moulding dinding kamar dengan motif kotak kecil mampu memberikan kesan yang minimalis dan nyaman.

Agar interior kamar terlihat lebih menawan, Anda bisa menggunakan wall moulding sebagai background untuk tempat tidur. Penggunaan warna-warna netral seperti sage green dan beige juga bisa memperkaya setiap elemen pada interior Anda.

Baca juga: Trik Kombinasi Wallpaper dan Cat Dinding Terbaik

3. Inspirasi Moulding Dinding Setengah Bagian

Model wall moulding setengah bagian ini bisa menjadi pilihan untuk tampilan minimalis namun estetik. Dengan pemasangan moulding setengah bagian, Anda jadi bisa mengatur peletakan furniture secara fleksibel.

Anda dapat dengan bebas memilih pemasangan moulding dinding pada bagian atas atau bawah, jika moulding dipasang pada bagian bawah maka bagian dinding yang polos dapat dimaksimalkan dengan pemasangan lukisan atau aksesoris seperti lampu tempel.

4. Desain Wall Moulding Baseboard

Moulding baseboard merupakan istilah dari moulding pada bagian bawah yang membatasi antara bagian lantai dan dinding. Hal ini bertujuan untuk menutupi celah pada pembatas lantai dan dinding sehingga finishing terlihat lebih rapih. Umumnya baseboard memiliki ketinggian maksimal 10 cm dari lantai.

5. Inspirasi Moulding Dinding Sebagai Frame Jendela

Selain untuk mempercantik interior rumah, ternyata teknik moulding ini bisa digunakan pada bagian eksterior rumah. Material yang digunakan dari kayu untuk memberikan aksen bingkai pada bagian jendela dan pintu. Hal ini dapat memberikan look manis dan minimalis.

Jika masih dilema memilih jenis moulding dinding yang cocok, silakan kunjungi Suwun.co.id untuk mencari jasa konstruksi terkait. Download aplikasi Suwun di Play Store dan App Store untuk fitur lebih lengkap. Anda juga bisa menghubungi melalui WhatsApp disini.

Artikel yang Direkomendasikan