Mengenal Waterpass Adalah (Fungsi, Jenis dan Penggunaannya)

waterpass-adalah

Pada proses perbaikan rumah dan konstruksi, mengenal waterpass adalah alat yang penting. Alat ini digunakan untuk mengukur perbedaan ketinggian dan kemiringan suatu garis atau benda. Gelembung air pada alat ini yang akan menentukan keakuratan dan kesejajaran posisi.

Waterpass Adalah? Berikut Pengertiannya

Secara umum pengertian waterpass adalah alat untuk mengukur benda baik secara vertikal maupun horizontal. Biasanya alat ini terbuat dari kayu atau aluminium. Aluminium lebih banyak digunakan daripada kayu karena lebih awet dan mewah.

Bagaimana Fungsi, Jenis dan Penggunaan Waterpass?

1. Fungsi Waterpass

Ketika merancang sketsa bangunan, arsitek biasanya menggunakan waterpass. Elemen konstruksi yang dipasang juga membutuhkan alat ini. Posisi saat pemasangan elemen konstruksi harus rata seperti saat memasang keramik.

Jadi, apa itu waterpass dan fungsinya? Simak rangkuman berikut:

  • Menentukan bidang yang sejajar atau tegak lurus dengan permukaan benda.
  • Selama konstruksi, alat ini digunakan untuk memastikan bahwa fondasi yang dibangun tidak cacat dan sesuai dengan sketsa.
  • Memastikan posisi bangunan tegak berdiri tanpa mengurangi nilai estetikanya.
  • Jika tidak ada alat ini, bangunan atau pemasangan elemen-elemennya bisa mengalami kemiringan. Pemasangannya yang tidak benar membutuhkan perombakan dan akan memakan biaya cukup banyak.

2. Jenis – Jenis Waterpass

Untuk mengukur objek atau benda waterpass adalah alat yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk. Saluran air kayu sepanjang 120 cm dengan tepi kuningan biasanya yang paling banyak digunakan. Secara teknis, tiga jenis waterpass ini yang dapat digunakan, antara lain:

  • Manual Waterpass

Pada bagian tengah tipe ini terdapat fitur gelembung yang berfungsi menunjukkan proses pengukuran sedang berlangsung. Suatu bidang yang diukur dikatakan sejajar saat level gelembung datar. Manual waterpass memiliki harga terjangkau yang bervariasi yaitu mulai dari Rp 14 ribuan.

  • Digital Waterpass

Tipe ini memanfaatkan laser untuk penggunaannya, pemakaian laser adalah untuk menentukan keakuratan dan kesejajaran posisi sebuah objek atau benda. Beberapa merek terkenal memiliki tiga metode pengukuran yaitu derajat, persentase dan nada. Harga waterpass tipe ini mulai dari Rp 50 ribu – jutaan.

  • Auto Level Waterpass

Kebanyakan profesional menggunakan waterpass tipe ini dengan tripod. Alat ukur datar ini menggunakan teropong yang memiliki sudut poros dan sumbu mekanik vertikal sehingga teropong dapat berputar secara horizontal. Soal harga auto level waterpass yang paling mahal dibanding lainnya, yaitu mulai dari Rp 4 jutaan.

Baca juga: Layanan Jasa Instalasi Air Rumah Terbaik

3. Cara Penggunaan Waterpass Adalah?

Untuk menggunakannya, letakkan alat ini dalam posisi sejajar baik secara vertikal maupun horizontal di sepanjang objek atau area yang akan diukur. Ini biasanya dilakukan saat mengukur pemasangan pagar atau meratakan garis yang ingin Anda buat pada sebuah bangunan.

Pegang alat dengan kuat dan tunggu hingga gelembung berhenti. Perhatikan letak gelembung-gelembung dalam lingkaran di kedua sisi tabung. Jika gelembung muncul di antara dua garis, itu berarti bidang atau objek yang diukur sejajar.

Disarankan untuk membersihkan alat ini sebelum digunakan, terutama jika telah disimpan dalam waktu lama. Kotoran dan debu yang menempel dapat mengganggu pembacaan hasil pengukuran sehingga membuat hasil menjadi tidak akurat.

Gunakan kain untuk membersihkan alat ini secara menyeluruh. Pembersihan secara teratur diperlukan, terutama jika waterpass cukup sering digunakan. Setelah pengukuran memeriksa gelembung pada waterpass adalah hal yang perlu dilakukan.

Anda mengalami kesulitan mencari jasa konstruksi maupun renovasi? Silakan kunjungi Suwun.co.id untuk beberapa pilihan jasa akan ditampilkan sesuai dengan pencarian Anda.

Suwun menyediakan aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur yang lebih lengkap. Anda juga bisa menghubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan