5 Ciri Genteng Tanah Liat Terbaik yang Bisa Anda Ketahui

genteng-tanah-liat

Atap dari tanah liat masih menjadi primadona atap rumah yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari genteng ini adalah tanah liat yang dicetak kemudian dibakar pada tungku tradisional. Jenis genteng ini juga dinilai kuat dan mampu menahan berbagai pergantian cuaca yang ada di Indonesia. Saat ingin membeli genteng tanah liat di pasaran, Anda harus teliti supaya tidak salah pilih. Oleh sebab itu, kenali atap tanah liat terbaik dari ciri-cirinya berikut ini.

Cara Mengetahui Genteng Tanah Liat Terbaik

Atap dari tanah liat yang memiliki kualitas baik ternyata memiliki ciri-ciri tertentu. Cara mengenalinya juga cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Kenali ciri-ciri genteng tanah liat dengan kualitas unggul dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Bentuk dan Ukuran

Saat memilih genteng tanah liat, perhatikan bentuk dan juga ukurannya. Umumnya, genteng yang berkualitas memiliki bentuk presisi yang sesuai dengan cetakannya. Dengan kata lain, tidak ada perubahan bentuk genteng yang terlihat. Selain bentuk, perhatikan juga ukuran pada tiap-tiap genteng. Sewajarnya, material genteng satu dengan yang lainnya memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama. 

2. Struktur Kuat dan Kokoh

Genteng tanah liat dipilih karena memiliki struktur material yang sangat kuat sehingga awet menjadi penutup atap dalam jangka waktu yang cukup lama. Soal ketahanan, tidak perlu diragukan lagi karena jenis genteng ini sangat kokoh dan mampu beradaptasi dengan segala cuaca.

3. Permukaan Genteng Rata dan Halus

Kualitas genteng yang baik juga bisa diketahui dari permukaannya. Bagian atap rumah yang unggul memiliki permukaan yang rata tanpa adanya lubang. Selain itu, teksturnya cukup halus karena hal ini jadi indikasi bahwa genteng tidak memiliki pori-pori besar yang berisiko menyebabkannya bocor.

4. Suara saat Diketuk

Cara lain untuk mengetahui kualitas atap yang unggul adalah mendengarkan suara yang dihasilkan saat diketuk. Jika suaranya nyaring dan padat saat diketuk, maka tandanya genteng tersebut memiliki kualitas baik.

5. Genteng Tanah Liat Terbaik Terbuat dari Tanah Murni

Genteng tanah liat yang bagus adalah yang terbuat dari 100% tanah liat murni tanpa adanya campuran material apapun di dalamnya. Hal inilah yang membuatnya unggul dan punya banyak kelebihan.

Baca juga: Jasa Tukang Taman untuk Rumah Minimalis

Apa Kelebihan Bahan Tanah Liat?

Selain mengenali berbagai ciri-ciri genteng tanah liat yang berkualitas, Anda juga harus tahu dengan berbagai kelebihan yang dimiliki bahan liat. Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Harga relatif murah dan terjangkau. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih jenis atap dibandingkan dengan yang lainnya.
  2. Memiliki bobot yang cukup ringan, sehingga meringankan pekerjaan petugas konstruksi dan proyek pembangunan atap bangunan pun bisa diselesaikan dengan cepat.
  3. Atap yang terbuat dari tanah liat juga efektif menyerap panas sinar matahari. Keadaan ini tentu menguntungkan penghuninya karena terhindar dari rasa gerah berlebih.
  4. Selain tahan terhadap berbagai cuaca baik panas dan hujan, atap dari tanah liat juga mampu meredam suara hujan sehingga tidak menimbulkan suara bising saat hujan datang.
  5. Sebelumnya telah disinggung bahwa jenis genteng ini terkenal kokoh. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan tanah liat murni yang ada di dalamnya. Hal ini juga berdampak pada usia genteng yang dinilai lebih awet dan tahan lama.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pemasangan genteng tanah liat terbaik, ada banyak penyedia jasa yang menawarkan berbagai layanan untuk Anda, salah satunya adalah Suwun. Suwun adalah marketplace atau aplikasi khusus pekerja jasa di wilayah Jabodetabek yang bisa dipesan secara online. 

Tak hanya jasa pemasangan genteng saja, disini juga menawarkan layanan jasa lainnya seperti jasa wedding organizer, guru les, pelatih olah raga, PRT, jasa pindahan, perbaikan AC dan kulkas, dan lain-lain. Download aplikasinya di Playstore dan Appstore, temukan layanan jasa yang dibutuhkan, dan kami siap datang ke rumah untuk menjalankan tugas. Informasi lebih lanjut bisa Anda ketahui dengan mengunjungi website resminya di https://suwun.co.id/

Artikel yang Direkomendasikan