Yuk, Kenali 5 Tanda Freon AC Habis Berikut!

freon-ac-habis

Freon merupakan suatu senyawa kimia yang biasa digunakan pada berbagai alat pendingin seperti AC atau kulkas. Senyawa yang tidak berwarna dan berbau ini difungsikan sebagai fluida untuk menyerap beban dari AC. Karena fungsinya inilah, maka kita perlu mengetahui tanda freon AC habis.

Tanda Freon AC Habis, Perhatikan Ciri Berikut

Dengan mengetahui ciri dan tanda freon yang akan habis, tentunya Anda akan terhindar dari sejumlah masalah kesehatan maupun kerusakan pada perangkat tersebut. Oleh karena itu, berikut beberapa ciri yang bisa terlihat maupun dirasakan.

Suhu AC tidak dingin

Namanya saja pendingin ruangan, tentu saja AC harus bekerja menstabilkan suhu dan kelembaban udara hingga mengeluarkan hawa dingin dan sejuk dalam ruangan. Jika AC sudah tidak terasa dingin meskipun suhu sudah diatur sedemikian rupa, sudah pasti Anda harus curiga jika freon habis.

Selain itu, pipa pada AC juga tidak terasa dingin, bahkan tidak mengeluarkan bunga es lagi. Hal ini juga musti Anda waspadai karena menjadi tanda freon habis atau mulai menipis.

Lampu indikator berkedip

Seperti yang telah Anda ketahui, AC memiliki lampu indikator timer. Indikator inilah yang wajib Anda perhatikan. Jika lampu indikator ini mulai berkedip, hal tersebut dapat disebabkan adanya permasalahan pada sejumlah komponen elektronik.

Tidak jarang, masalah ini juga terjadi karena tekanan freon AC yang kurang. Selan itu, indikator ini juga menjadi tanda dan sinyal kerusakan yang diterima oleh sensor pipa, motor fan, hingga sensor suhu.

Baca Juga: Checklist Perawatan AC yang Harus Dilakukan

Adanya kebocoran air

Ciri atau tanda AC freon yang habis juga dapat terlihat dari kebocoran air karena adanya penggumpalan di evaporator AC. Apabila ada tanda-tanda tersebut pada AC Anda, sebaiknya segera dicek karena hal tersebut menjadi tanda AC freon habis. Segera lakukan perbaikan jika diperlukan.

Bagian AC luar tidak panas

Seperti yang sudah kita ketahui, AC terdiri dari sejumlah komponen, baik yang dipasang secara indoor maupun outdoor. Komponen yang diletakkan pada area outdoor juga menjadi salah satu bagian penting untuk mengecek apakah ada kerusakan pada AC atau tidak.

Untuk mengecek freon AC, cobalah periksa bagian area yang dekat dengan AC luar tersebut. Apabila bagian tersebut tidak terasa panas, hal tersebut dapat menjadi tanda freon habis dan perlu dilakukan penggantian.

Mulai merasakan gejala keracunan

Senyawa freon memang tidak berwarna dan berbau, hanya saja senyawa pada freon AC tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak jarang, ada beberapa gejala keracunan yang bisa menandakan bahwa freon habis.

Adapun gejala yang seringkali terjadi karena tanda tanda AC freon habis seperti kesulitan bernapas, iritasi mata, hidung dan lidah yang gatal, hingga pembengkakan pada tenggorokan. Apabila ada anggota keluarga yang mengalami hal ini, coba cek kembali freon pada AC apakah masih atau tidak.

Jika freon AC di rumah sudah mulai menunjukkan gejala atau tanda-tanda akan habis, tentunya Anda harus segera menghubungi pihak jasa perbaikan AC untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Solusinya, Anda dapat klik Suwun.co.id, suatu web untuk memilih jasa pengecekan hingga perbaikan tanda freon AC habis. Platform ini tidak hanya dapat diakses melalui web, namun juga aplikasi dengan fitur yang lebih lengkap. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan