Simak Desain Balkon Sempit yang Nyaman dan Kekinian

Balkon menjadi salah satu bagian rumah yang dibuat untuk menyiasati lahan sempit dan terbatas yang banyak dimiliki rumah berkonsep minimalis. Ruang balkon dikenal sebagai bagian rumah yang memiliki fungsi sebagai teras untuk lantai atas yang didesain menempel ke dinding rumah.

Awalnya desain balkon sempit hanya dibangun sebagai pemanis rumah sehingga banyak dibangun menghadap ke jalan umum, namun seiring berjalannya waktu kini balkon banyak digunakan sebagai bagian ruang yang memiliki beragam fungsi untuk penghuninya.

Untuk mendapatkan fungsi dan tampilan rumah yang menawan, Anda harus bisa membuat desain balkon untuk ruangan sempit sesuai desain rumah. Ada banyak inspirasi yang bisa menjadi desain terbaik untuk balkon yang akan dibuat di hunian Anda.

Ide Desain Balkon Sempit yang Nyaman Dengan Konsep Minimalis

Biasanya masyarakat perkotaan memanfaatkan balkon sebagai tempat untuk meletakkan jemuran atau berbagai barang yang tak digunakan karena keterbatasan lahan. Namun Anda bisa mengubah fungsi balkon dengan mengubah desain balkon minimalis menjadi lebih nyaman dan kekinian.

  1. Desain untuk ruang makan

Anda menyukai suasana outdoor untuk bersantai saat menyantap makanan? Cukup letakkan saja meja makan kecil dan beberapa kursi untuk menyulap balkon menjadi area makan keluarga yang nyaman. Jika Anda ingin memiliki privasi, maka bisa meletakkan tirai bambu yang bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan.

  1. Desain untuk ruang hijau

Anda menyukai kegiatan berkebun? Cobalah untuk membuat kebun mini di desain balkon kecil Anda. Tak perlu ada banyak tanaman di sana, cukup beberapa tanaman favorit yang bisa Anda rawat dan nikmati keindahannya. Anda bisa meletakkan meja kecil dan kursi untuk menjadi tempat bersantai sembari menikmati keindahan tanaman di kebun mini Anda.

Anda juga bisa membuat kebun berbentuk vertikal yang bisa lebih menghemat ruang balkon. Tanaman yang dipilih pun beragam dari mulai tanaman hias hingga tanaman buah dan sayuran yang bisa Anda panen sendiri.

  1. Desain untuk area laundry

Banyak juga yang menyulap desain balkon sempit pada rumah tingkat menjadi area laundry. Dengan menggunakan ruang balkon menjadi area laundry, maka Anda bisa mengkhususkan ruang tersebut menjadi area untuk mencuci baju, menjemur dan melipat pakaian yang sudah dicuci.

Baca juga: Desain Balkon Rumah Secara Modern dan Minimalis

  1. Desain untuk ruang bersantai

Anda bisa memanfaatkan balkon dengan meletakkan tempat duduk lesehan yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Jangan lupa sediakan meja kecil untuk meletakkan camilan dan minuman ringan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

  1. Desain untuk ruang kerja

Untuk desain balkon sempit ini tersedia dua pilihan, yaitu desain ruang kerja terbuka (outdoor) ataupun tertutup. Untuk model tertutup Anda bisa memilih bagian dinding dengan menggunakan bahan kaca dilengkapi dengan penggunaan gorden sehingga sinar matahari tak mengganggu waktu bekerja.

Benda Pelengkap Desain Balkon Sempit di Rumah

Setelah menyimak beberapa inspirasi desain untuk balkon sempit di rumah berkonsep minimalis, berikut beberapa benda yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi desain balkon.

  • Kursi taman yang nyaman
  • Bantal sofa
  • Meja lipat
  • Lantai kayu
  • Tirai bambu
  • Pot bunga
  • Tempat tidur lesehan
  • Pencahayaan yang memadai
  • Ayunan atau hammock

Itulah ulasan singkat tentang desain balkon sempit yang bisa Anda terapkan di rumah minimalis. Jadi Anda tetap memiliki sebuah ruang yang multifungsi namun tetap membuat tampilan rumah tetap estetik sekaligus nyaman ditempati.

Jika Anda mengalami kendala untuk menemukan jasa pembuatan balkon untuk rumah minimalis, tak perlu khawatir. Silakan kunjungi Suwun.co.id untuk mencari jenis layanan serta jasa yang Anda butuhkan.Selain akses via website, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang layanan jasa yang dibutuhkan melalui aplikasi. Download dan install aplikasi Suwun di smartphone Anda sekarang juga untuk bisa menikmati layanan dan fitur lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan