Cara Cuci AC Kostan, Mudah dan Anti Ribet

Penggunaan AC juga harus diimbangi dengan merawatnya. Sebab, jika sudah terjadi kerusakan, biaya yang harus dikeluarkan justru lebih banyak. Sehingga Anda perlu rutin dalam melakukan cuci AC kostan.

AC yang kotor bisa berpengaruh terhadap kinerja dari unit pendingin udara. Hal tersebut berpengaruh pada pendinginan yang menjadi tidak merata, kemudian juga bisa mengakibatkan komponen di dalamnya cepat rusak.

Penumpukan kotoran dalam filter udara juga dapat mengganggu orang-orang di sekitarnya, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan pernapasan. Bahkan, kondisi AC kotor bisa mengakibatkan mesin bekerja semakin keras, hal ini membuat konsumsi listrik lebih banyak.

Jangan khawatir, membersihkan AC sebenarnya bisa Anda lakukan secara mandiri maupun menggunakan jasa cuci AC kostan.

Cara Cuci AC Kostan Secara Mandiri

Saat tepat cuci AC kostan sebenarnya bisa dilakukan kapan saja jika Anda sudah merasa AC berdebu dan berikut caranya.

  • Mematikan aliran listrik AC

Untuk melakukannya, hal pertama Anda harus memutus terlebih dahulu aliran listrik AC tersebut.

Mematikan AC saja masih belum cukup, Anda harus mencabut colokan yang menghubungkan sumber listrik dengan unit AC. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika Anda membersihkan AC.

  • Mulai Bersihkan AC Dari Komponen Indoor

Kemudian Anda bisa memulainya dari komponen indoor atau unit yang terpasang dalam ruangan serta mampu mengeluarkan udara yang dingin.

Pertama, Anda bersihkan terlebih dahulu penutupnya dengan kemoceng, vacuum cleaner atau lap kain untuk membersihkan debu. Jika diperlukan, gunakanlah lap yang sudah disemprot menggunakan cairan disinfektan agar jamur dan bakteri yang menempel di tutup AC.

  • Bersihkan Filter AC

Lanjutkan dengan membersihkan filter udara, dimana komponen ini merupakan yang rawan kotor karena penumpukan polutan. Lakukanlah secara hati-hati, mulai dari menyedot debu dengan vacuum cleaner.

Jika sudah terlalu kotor, sebaiknya lepas filter udara kemudian mencucinya. Lakukan secara hati-hati dan jangan gunakan sikat kasar karena bisa merusak permukaan pada filter tersebut. Pastikan setelah mencucinya sudah dikeringkan sampai benar-benar kering baru dipasang kembali.

Baca juga: Aplikasi Jasa Service AC dan Tipsnya

  • Bersihkan Evaporator

Selain itu, masih terdapat evaporator yang jika dibiarkan kotor bisa mengurangi kinerjanya. Perlu diketahui bahwa komponen ini bisa meneteskan air, sehingga sebelum membersihkannya sebaiknya sediakan ember sebagai penampung kucuran air.

Jika air kotor sudah keluar, lanjutkan dengan menyemprot evaporator dengan cairan pembersih khusus. Lakukanlah secara hati-hati, sebab komponen tersebut tidak dapat lepas dari unit AC.

  • Bersihkan Bagian Outdoor AC

Terakhir, Anda juga perlu membersihkan bagian outdoor AC dengan cara menyiramkan air agar kotoran yang menempel rontok. Lebih baik jika Anda menggunakan jenis high pressure jet cleaner.

Cara Cuci AC Kostan Menggunakan Jasa

Bagi Anda yang merasa tidak memiliki waktu untuk membersihkan AC sendiri, tentu saja perlu mencari tempat cuci AC kostan untuk melakukannya.

Saat ini sudah banyak sekali jasa yang menawarkan pencucian atau pembersihan AC yang bisa Anda panggil kapan saja. Manfaatkan jasa ini untuk tetap merawat kualitas AC Anda agar tidak mudah rusak.

Anda juga tidak perlu ribet mencuci AC yang harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak komponen di dalamnya. Cukup dengan memanggil jasa cuci AC, Anda bisa mempercayakan AC Anda kepada mereka.

Nah, bagi Anda yang kesulitan mencari jasa cuci AC Kostan, solusinya adalah dengan kunjungi Suwun.co.id. Sebab di situs Suwun ini Anda bisa menemukan banyak pilihan jasa termasuk jasa cuci AC. Selain itu bisa juga download aplikasi Suwun yang tersedia secara gratis di Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan