5 Cara Pijat Laktasi untuk Memperlancar ASI

pijat-laktasi

Gerakan pijat laktasi diketahui dapat memicu hormon oksitosin yang berperan penting untuk mengeluarkan ASI. Anda dapat melakukan pemijatan terhadap beberapa bagian tertentu guna membuat otot tubuh menjadi lebih rileks dan ASI lebih lancar keluar.

Tips Pijat Laktasi yang Benar

Sayangnya, tidak sedikit ibu yang belum benar-benar mengetahui bagaimana cara yang benar dalam melakukan pemijatan tersebut. Secara garis besar, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Cuci tangan dan bersihkan area payudara

Sebelum memijat, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda sudah dalam keadaan rileks dan tidak tergesa-gesa. Pastikan sudah mencuci tangan dengan bersih dan disarankan untuk mengompres payudara dengan kain dan air hangat. Jangan lupa membersihkan area payudara.

2. Lakukan pijat laktasi memutar

Selanjutnya, tuang baby oil di telapak tangan sebelum mulai mengangkat salah satu sisi payudara dan tahan bagian atasnya dengan tangan lainnya. Lakukan pijatan memutar sebanyak 15-20 kali dengan arah berlawanan dan bergantian. Untuk mempermudah dalam mengamati proses pemijatan secara mandiri, Anda dapat menggunakan bantuan cermin.

3. Ambil gerakan naik-turun

Gerakan berikutnya yakni dengan memijat bagian samping payudara dengan posisi naik turun. Caranya dengan mengangkat satu tangan, lalu letakkan tangan lain yang sudah dibaluri dengan baby oil, kemudian gerakkan tangan naik dan turun secara bergantian.

Baca Juga: Pijat Ibu Hamil: Kenali Manfaat dan Teknik yang Tepat

4. Pemijatan area puting

Di beberapa kasus, terhambatnya ASI banyak disebabkan oleh sumbatan di area puting. Apabila Anda mengalami hal tersebut, lakukan pemijatan dengan memposisikan 4 jari tangan ke area puting kemudian lakukan gerakan melingkar. Ulangi gerakan tersebut hingga 15-20 kali secara bergantian sampai sumbatan dirasa menghilang dan ASI menjadi semakin lancar.

5. Memijat area ketiak

Langkah terakhir yang dengan memijat area ketika dengan lembut, dimulai dari bagian bawah ketiak kemudian dilanjutkan ke bagian belahan dada sampai puting. Saat dipijat, pastikan kembali tidak ada bagian yang terasa keras.

Itulah langkah-langkah pijat laktasi yang dapat Anda lakukan, baik secara mandiri atau melalui jasa pijat profesional. Cobalah secara rutin terutama saat merasakan ada sumbatan atau hambatan pada keluarnya ASI. Silakan dicoba!

Mau order jasa service AC secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. 

Beragam jasa seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog lho!

Artikel yang Direkomendasikan