Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol

cara-memperbaiki-drat-kran

Kran menetes terus menandakan kran yang sudah rusak atau dol. Masalah ini bisa disebabkan karena bagian dalam kran yang sudah terkikis sehingga air tetap menetes walaupun kran sudah ditutup.

Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol agar Tidak Bocor Lagi

Berikut cara memperbaiki drat kran yang dol yang bisa dicoba sebelum Anda membeli kran yang baru.

1. Melakukan persiapan untuk memperbaiki drat kran

Sebelum memperbaiki kran, And perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kran air. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain kunci pas, gunting, obeng, dan karet ban dalam.

Selain persiapan peralatan, persiapkan juga kran air yang akan diperbaiki dengan mematikan pompa air terlebih dahulu. Perbaikannya tentu tidak dapat dilakukan jika air masih mengalir.

2. Cara memperbaiki drat kran yang dol dengan membuka kepala kran

Jika pompa air sudah benar-benar mata, maka Anda bisa memulai cara memperbaiki drat kran air yang dol dengan melepas kepala kran. Usahakan untuk melepas kran dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada pipa air.

Setelah bagian kepala kran dilepaskan dari pipa, buka kepala kran menggunakan kunci pas. Putar pengaturan kunci pas agar sesuai dengan kepala kran. Kemudian putar kepala kran agar dapat terbuka.

3. Memeriksa bagian dalam kepala kran

Selanjutnya Anda dapat memeriksa bagian dalam dari kepala kran. Walaupun jenis kepala kran memiliki model yang berbeda-beda, namun untuk bagian dalamnya tidak jauh berbeda antara model drat kran yang satu dengan lainnya.

Begitu juga dengan penyebab drat kran dol juga tidak jauh berbeda. Semua model kran air yang rusak kebanyakan disebabkan karena bagian dalamnya yang sudah terkikis. Kondisi ini dapat terjadi pada kran air yang memang sudah lama digunakan.

Silahkan buka masing-masing komponen untuk mengecek bagian dalam kran apakah ada yang terkikis atau tidak. Apabila benar bagian dalam kran sudah terkikis, Anda perlu karet sebagai solusinya.

Baca Juga: Cara Pasang Kran Air Panas di Rumah

4. Menyiapkan karet ban dalam

Karet ban dalam ini dapat digunakan untuk mengatasi bagian dalam kran yang sudah terkikis. Jadi ketika dipasang, kran bisa tetap kencang seperti baru. Gunakan karet ban dalam yang sudah Anda siapkan untuk dibentuk seperti cincin.

Buat bolongan di bagian tengah cincin karet dengan ukuran sesuai lingkaran pada bagian dalam kepala kran. Anda bisa membuat bolongan dengan menggunting karet dengan alat yang sudah disiapkan.

5. Memasang karet ban

Langkah berikutnya adalah memasang cincin karet pada bagian dalam kepala kran. Kemudian tutup dengan karet pelindung. Pastikan karet pengaman tersebut dipasang dengan benar dan melekat rapat pada komponen di dalamnya.

Hal ini penting karena karet pengaman harus dapat menahan komponen yang ada di dalam kepala kran. Jika sudah siap semuanya, Anda dapat kembali memasang kepala kran ke pipa air. Gunakan kunci pas untuk memasang kepala kran dan cek apakah kran sudah berfungsi dengan benar atau belum.

Itulah beberapa cara memperbaiki drat kran yang dol dan menetes terus. Cara di atas dapat dilakukan selama kerusakannya bukan kran patah. Jika kran sudah patah, maka solusinya adalah membeli kran yang baru.

Anda butuh tukang untuk menyambung kran atau sambungan instalasi air di rumah? Tenang, cari saja di Suwun.co.id menggunakan fitur pencarian yang tersedia. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk menemukan tukang ledeng atau jasa lainnya yang dibutuhkan. Jangan lupa download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan