Cara Membuat RAB yang Benar

cara-membuat-rab-bangunan

Anggaran dalam sebuah bangunan itu sangat penting supaya bisa mempersiapkan uang yang cukup sampai bangunan tersebut selesai dibangun. Cara membuat RAB atau rencana anggaran bangunan itu sendiri sebenarnya ada beberapa langkah, dan berikut ini penjelasannya.

Langkah Cara Membuat RAB yang Benar

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan bila ingin membuat RAB yang baik, berikut ini informasi langkahnya.

1. Pelajari Gambar Rencana, Dokumen Rencana, dan Syarat

Pelajari terlebih dahulu gambar rencana, dokumen rencana dan syarat-syarat yang menjadi standar dari bangunan yang direncanakan. Mempelajarinya akan membantu kita mengetahui apa saja pekerjaannya dan urutan pekerjaan yang harus dilakukan untuk membangun bangunannya.

2. Menyusun Uraian Pekerjaan, Barang Yang Dibutuhkan Dan Volume

Berikutnya menyusun pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengetahui barang-barang apa saja yang dibutuhkan untuk setiap volume bangunan yang direncanakan. Selain barang juga alat serta waktu untuk pembangunan.

Baca Juga: Trik Menyusun Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah

3. Membuat Harga Satuan Pekerjaan

Selanjutnya membuat harga satuan pekerjaan yang di dalamnya terdapat harga pekerja, harga barang, sewa alat untuk setiap pekerjaan.

4. Analisa Harga Satuan Pekerjaan Per Volume Pekerjaan

Lakukan analisis untuk harga satuan pekerjaan per volume yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut. Seperti misalnya volume pekerjaan jalanan 3 meter kubik, jadi nanti akan terlihat harga untuk satuan volume tersebut.

5. Menghitung Total Anggaran Sebagai Cara Membuat RAB Terakhir

Terakhir hitung total anggaran tersebut dan akan muncul RAB total untuk proyek pembangunan yang akan dilakukan. Demikianlah cara membuat RAB dari awal sampai akhir.

Mau order jasa kontraktor bangunan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan