Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi Biar Siap Ditempati

cara-membersihkan-lantai

Renovasi rumah biasanya menyisakan banyak kotoran di lantai, mulai dari yang berukuran besar hingga kecil seperti sisa puing, noda cat, dan lainnya. Lantai harus dibersihkan dulu agar kembali nyaman untuk ditempati. Berikut beberapa tips dan cara membersihkan lantai setelah renovasi agar benar-benar bersih bebas dari debu dan kotoran.

Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi agar Bebas Debu dan Kotoran

1. Kosongkan ruangan

Sebelum lantai dibersihkan, jangan buru-buru memasukkan furnitur atau barang-barang ke dalam ruangan. Tips ini perlu diperhatikan agar Anda mudah untuk bersih-bersih lantai dari ujung ke ujung tanpa terganggu keberadaan furnitur.

Jika Anda merenovasi seluruh ruangan atau satu rumah, Anda bisa membersihkan lantai dari satu ruangan ke ruangan lain. Jadi semua barang Anda bisa ditempatkan di satu ruangan atau jika bisa, Anda tidak memasukkan dulu barang-barang tersebut ke dalam rumah.

2. Sapu dan bersihkan lantai dari kotoran besar

Jika ruangan sudah siap untuk dibersihkan, Anda bisa langsung memulainya dengan menyapu lantai untuk membersihkan kotoran-kotoran besar atau yang tampak dan mudah dibersihkan. Cara ini diperlukan untuk meringankan pekerjaan bersih-bersih lantai Anda setelah renovasi.

3. Bersihkan bagian langit-langit

Tips membersihkan lantai setelah renov rumah adalah membersihkan bagian atas rumah dulu sebelum lanjut ke pembersihan total. Ini bertujuan agar langit-langit ruangan bersih dan tidak ada kotoran yang akan jatuh ke lantai lagi. Jangan lupa juga bersihkan dinding yang mungkin masih kotor menggunakan sapu yang panjang.

Baca Juga: Cara Pasang Parket dengan Benar

4. Bersihkan cat dan kotoran yang menempel di lantai

Lanjut ke bagian-bagian kecil yang mungkin perlu waktu lebih lama untuk membersihkannya. Mulai dari menggosok noda cat yang ada di keramik atau lantai. Anda bisa menggunakan silet atau benda tajam untuk mengangkat noda cat yang mengeras tersebut.

Bersihkan juga kerak pada tembok yang mungkin terlewat. Periksa bagian kaca jendela yang juga kotor karena cairan cat yang menetes. Apabila noda cat terlalu keras untuk dibersihkan, Anda bisa membasahinya dengan sedikit air agar lebih mudah untuk digosok dan dikelupas dari permukaan lantai atau permukaan lain.

5. Cara membersihkan lantai setelah renovasi dengan vacuum cleaner

Apabila masih ada kotoran yang tampak, Anda bisa menyapu ulang lantai. Selanjutnya bersihkan menggunakan vacuum cleaner. Penyedot debu ini akan membersihkan lantai dari kotoran-kotoran halus yang mungkin terlewat ketika dibersihkan dengan sapu biasa.

6. Pel lantai

Jika lantai sudah bersih dari sisa kotoran, maka lanjut dengan mengepel lantai. Gunakan air biasa untuk mengepel lantai agar debu-debu bisa hilang. Ulangi lagi dengan mengepel lantai menggunakan cairan pembersih.

Cairan pembersih dapat membersihkan lantai dari debu dan juga bakteri yang mungkin tertinggal di lantai. Selain itu, cairan khusus pembersih lantai juga biasanya memiliki aroma wangi yang bisa menciptakan ruangan yang segar dan nyaman.

Itulah cara membersihkan lantai setelah renovasi supaya lantai bebas kotoran dan ruangan siap digunakan. Memang perlu waktu dan tenaga yang lebih banyak dibanding bersih-bersih biasa. Jangan khawatir karena sekarang Anda bisa menggunakan jasa bersih-bersih rumah apabila Anda tidak punya waktu untuk melakukannya.

Dimana cari jasa bersih-bersih yang bagus? Klik saja situs Suwun.co.id dan masukan pilihan jasa cleaning service atau jasa lainnya yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Nanti ada beberapa pilihan jasa yang akan ditampilkan sesuai dengan pencarian Anda. Lebih lengkapnya, Anda bisa download aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan