Rincian Biaya Meninggikan Rumah, Pahami Sebelum Renovasi

Biaya meninggikan rumah menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mulai merenovasinya dan ada beberapa alasan orang-orang sampai meninggikan rumah mereka. Meninggikan rumah menyiasati banjir merupakan salah satu alasannya dan hal tersebut ampuh untuk mengurangi air banjir yang masuk ke dalam rumah.

Tetapi sebelum melakukannya diperlukan perencanaan yang matang, terkait biaya dan tahapan pembangunannya. Jika lantai rumah Anda sudah cukup tinggi, tentu tidak repot lagi ketika terjadi banjir.

Biaya Meninggikan Rumah dari Segi Material

Meninggikan bangunan rumah juga diperlukan material untuk merealisasikannya. Misalnya tinggi urugan lantai rumah 100 cm, dan luas dari rumah Anda serta halaman 10 meter x 10 meter. Berikut cara menghitung rincian biaya material yang digunakan untuk meningkat rumah dengan biaya murah.

Tinggi urugan 100 cm – 1 meter, volume 10 meter x 10 meter x 1 = 100 meter kubik. Harga unit per 1 rit ruangan adalah 250 ribu rupiah.

Sehingga untuk memesan urugan butuh 100 meter kubik, tiap 1 rit ruangan isinya 7 kubik. Nah, jumlah reg urugan paling tidak membutuhkan 15 reg. Penghitungannya menjadi 15 reg x 250.0000 = 3.750.000. Total yang dibutuhkan untuk materialnya menjadi Rp. 3.750.000.

Biaya Untuk Meninggikan Rumah dari Segi Jasa Tukang

Tentu saja bukan hanya soal materialnya saja yang perlu dipersiapkan, tetapi juga berapa biaya yang dibutuhkan untuk jasa tukang. Nah, per kubiknya, biasanya tukang mematok harga 20 ribu rupiah. Anda bisa mengalikannya yaitu 100 (volume) x 20.000 = 2.000.000. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk tukang adalah Rp. 2.000.000.

Total Biaya untuk Meninggikan Rumah

Cara menghitung keseluruhan biaya menambah 1 lantai rumah adalah menambahkan biaya material dan jasa tukang. Sehingga didapatkan total 3.750.000 + 2.000.000 = 5.750.000.

Sehingga Anda bisa menyiapkan anggaran untuk meninggikan rumah lama sekitar 6 juta rupiah agar lebih aman. Tetapi perlu diingat bahwa biaya tersebut masih belum termasuk biaya pasang keramik dan plester.

Untuk biaya pemasangan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan harga pasaran yang ada di sekitar lokasi Anda tinggal agar penghitungannya lebih pasti.

Tips Meninggikan Rumah

Baik meninggikan lantai dengan hebel atau tidak, sebelum merealisasikannya, sebaiknya Anda simak tips berikut ini.

  1. Tentukan Target Tinggi

Meninggikan rumah tanpa bongkar juga harus memperhatikan target tinggi rumah yang akan dibangun. Tentu saja Anda menginginkan renovasi tersebut bisa bertahan lama dan kokoh. Terlebih rumah adalah tempat tinggal yang biasanya dihuni dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cara Memilih Kontraktor yang Baik, Tepat, dan Berkualitas

  1. Pilih Material Terbaik

Jika sudah menentukan rancangan berapa ketinggian lantai rumah, selanjutnya pilihlah material bangunan yang terbaik. Maksudnya disini adalah kualitas baik dan kokoh serta tahan lama. Nah, untuk pemilihan material ini bisa Anda konsultasikan dengan ahli di bidang konstruksi agar tidak salah pilih.

  1. Pilih Jasa Tukang Profesional Agar Biaya Meninggikan Rumah Bisa Ditekan

Memilih jasa tukang yang akan mengerjakan pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab tukang juga akan berpengaruh pada hasil akhir renovasi.

Sehingga perlu mencari jasa tukang yang ahli dan handal di bidang tersebut. Hal ini agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar dengan hasil yang sesuai.

Anda kesulitan untuk menemukan jasa renovasi dan biaya meninggikan rumah? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan masukkan jenis layanan atau jasa yang Anda butuhkan. Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan jasa yang sesuai dengan pencarian yang Anda masukkan.

Selain itu, Suwun menyediakan aplikasi yang bisa diunduh dengan mudah. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur lebih lengkap atau bisa hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan