Selang AC Berembung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Selang AC berembun sering kali dijumpai, bahkan sudah dianggap sebagai hal umrah yang terjadi pada unit mesin dari pendingin. Tetapi jika embun berupa air yang tidak wajar dan meneteskan air dengan volume cukup banyak, hal ini bisa menjadi permasalahan.

Sebelum jauh membahas tentang bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam hal pencegahan.

Penyebab Selang AC Berembun

  1. Kondensasi Selang

Penyebab selang AC berair bisa terjadi karena uap yang didinginkan berubah menjadi cairan. Tetapi bisa jadi karena uap dikompresi menjadi ke cairan atau kombinasi pendinginan dan kompresi.

Dalam selang AC, gas freon adalah bahan utama dari pendinginan di AC. Jika ruangan sudah dalam kondisi dingin dan kondisi di luar ruangan juga dingin, maka selang tersebut mengalami kondensasi. Hal ini mengakibatkan udara yang ada di dekat selang berubah menjadi air dan menempel di selang tersebut.

Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama, air yang terkumpul sudah pasti akan menetes terus ke bawah. Hal tersebut biasa disebut dengan kebocoran AC.

  1. Penyumbatan Selang Drain

Penyumbatan selang drain ini bisa diakibatkan oleh selang AC beku, berlumut ataupun adanya kotoran yang mengeras di dalam selang.

Kotoran tersebut jika dibiarkan secara terus menerus bisa mengakibatkan penyumbatan yang berimbas pada kebocoran.

  1. Selang AC Berembun Akibat Kebocoran Freon

Penyebab lain dari kondisi AC yang tidak dingin adalah kebocoran pada freon. Hal ini mengakibatkan jumlah freon semakin berkurang, kemudian berimbas pada AC berembun tapi tidak dingin.

Jika Anda mendapati AC yang menyala tapi tidak dingin menjadi sebuah pertanda bahwa terjadi kebocoran freon.

Baca juga: Aplikasi Jasa Service AC dan Tipsnya

Cara Mengatasi Selang AC Sampai Berembun

  1. Kondensasi Selang

Jika penyebabnya adalah karena kondensasi pada pipa, Anda bisa menyetel suhu AC dengan derajat antara 23 sampai 28 derajat celcius. Selain itu, Anda bisa mengaktifkan mode dry di remote AC.

Selain itu, Anda juga bisa membuka sedikit ventilasi, pintu ruangan atau jendela. Anda juga bisa menambah insulasi pada selangnya untuk menghindari terjadinya kondensasi dalam selang.

  1. Penyumbatan Selang Drain

Cara mengatasi pipa AC berair jika penyebabnya adalah penyumbatan pada selang drain, Anda harus membersihkan selang tersebut. Caranya yaitu dengan menyiram selang dengan air hangat atau bisa juga disemprot menggunakan steamer sekitar satu menit. Hal ini membantu untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam selang drain tersebut.

Selain itu, penempatan selang drain juga harus diperhatikan, yaitu harus lebih turun dari unit indoor sampai mengeluarkan air. Hal ini untuk membuat jalannya selang drain tersebut lebih lancar.

  1. Kebocoran Freon

Jika penyebabnya adalah kebocoran freon, yang harus Anda lakukan adalah memeriksa unit outdoor AC yang ada di luar ruangan. Ketika AC sedang digunakan, apabila freon bocor, biasanya muncul bunga es yang keluar dari selang unit luar AC.

Selain adanya bunga es, Anda juga bisa mengecek putaran kipas pada unit outdoor AC. Jika AC memiliki freon yang cukup, maka putaran kipas di unit outdoor menghasilkan hawa yang panas. Sebaliknya jika tidak terasa adanya hawa panas, artinya freon mengalami kebocoran.

Anda kesulitan untuk menemukan jasa reparasi selang AC berembun? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan masukkan jenis layanan atau jasa yang Anda butuhkan. Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan jasa yang sesuai dengan pencarian yang Anda masukkan.

Selain itu, Suwun menyediakan aplikasi yang bisa diunduh dengan mudah. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan