Bootloop Adalah: Pengertian dan Penyebabnya

bootloop-adalah

Bootloop adalah salah satu masalah yang biasa terjadi pada komputer maupun smartphone. Jika masalah ini terjadi akan berpotensi mengganggu aktivitas para pengguna ketika mengakses perangkat tersebut. Apa itu bootloop simak selengkapnya di bawah ini.

Bootloop Adalah? 

Seperti yang diketahui sampai saat ini kemunculan komputer maupun smartphone sangat penting dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Namun seiring berjalannya waktu, semakin lama sebuah komputer digunakan, kinerjanya akan semakin lambat dari waktu ke waktu. Salah satu hal terparah yang akan dialami komputer yaitu bootloop yang akan dibahas pada artikel ini.

– Pengertian

Bootloop ternyata berasal dari kata reboot loop. Jadi kata ini diambil dari keadaan perangkat yang terjebak pada reboot loop. Dilansir dari sebuah sumber, bootloop yang terjadi pada komputer adalah kondisi ketika perangkat tidak dapat masuk ke menu utama.

Jadi hal yang dilakukan hanyalah proses booting saja yaitu proses dimana perangkat terus berada pada proses startup. Umumnya ditunjukkan dengan logo dari merek komputer, laptop atau smartphone itu sendiri. Saat suatu perangkat mengalami bootloop sesungguhnya perangkat itu sedang mencoba dalam mematikan atau menghidupkan sistem supaya proses bootloop dapat teratasi.

Hanya saja cara ini tidak akan dapat menyelesaikan masalah pada perangkat. Dengan demikian Anda akan membutuhkan bantuan untuk memperbaikinya.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Service HP Oppo Terdekat

– Penyebab bootloop adalah?

Sementara untuk penyebabnya sendiri, sebagian besar terjadi karena adanya error di software yang terpasang pada perangkat tersebut. Selain itu juga dapat disebabkan dari driver yang tidak terhubung dengan baik maupun malware di perangkat tersebut. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga bahwa penyebab bootloop dikarenakan adanya kerusakan pada hardware komputer maupun smartphone.

Jika masalah bootloop ini terjadi maka salah satu cara mengatasi bootloop adalah mematikan perangkat terlebih dahulu dengan cara menekan tombol daya. Selanjutnya bisa Anda nyalakan kembali, saat logo merk laptop atau komputer muncul Anda bisa menahan tombol daya selama 5 sampai 10 detik sampai komputer mati. Lalu Anda bisa mengulangi proses ini hingga 3 kali dan mengikuti petunjuk yang ada.

Mau order jasa service komputer secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan