5 Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik dengan Fitur Terlengkap

Seiring dengan perkembangan teknologi yang bertambah pesat, kini semakin banyak pula aplikasi pembuat video animasi yang bisa kita gunakan. Baik itu animasi 2D maupun 3D. Setiap aplikasi tersebut tentu menawarkan fitur dan tools yang berbeda, sehingga akan berpengaruh dengan hasil karakter atau film animasi yang dibuat.

Inilah 5 Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik dengan Fitur Terlengkap

Jika Anda ingin bergelut di bidang pembuatan animasi, maka sangat penting untuk mengenali apa saja aplikasi pembuat animasi yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi. Pasalnya, berbagai aplikasi tersebut memiliki fitur yang lengkap dan sayang jika dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk membuat video animasi yang terbaik.

  1. Blender

Nama aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang selama ini menggeluti bidang animasi. Blender sangat direkomendasikan karena banyak sekali tools yang tersedia di aplikasi ini. Alasan kenapa aplikasi ini sangat populer bahkan di kalangan profesional adalah karena bisa digunakan secara gratis.

Banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan pada aplikasi ini. Mulai dari fitur pencahayaan, animasi, pemodelan, operasi pasca konversi video, dll. Beberapa fitur pada aplikasi pembuat video animasi mudah ini adalah header, viewport, toolbar, outliner, timeline, properties, screen layout, dll.

  1. Aplikasi Pembuat Video Animasi Synfig Studio

Sama seperti Blender, Synfig Studio merupakan jenis aplikasi open source yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Meskipun gratis, namun video animasi 2D yang dihasilkan dari aplikasi ini memiliki kualitas tinggi. Tidak heran jika Synfig Studio sangat direkomendasikan untuk para pemula maupun profesional.

Fitur yang tersedia pada aplikasi pembuat video animasi ini juga tidak kalah dengan para kompetitornya. Beberapa fitur andalan dari aplikasi ini adalah membuat animasi tanpa tweening, support audio, tersedia lebih dari 50 layer, high dynamic-range imaging (HDR), serta mendukung penuh penggunaan pen tablet.

Baca juga: Cara Menghilangkan Stiker di Foto Lewat Aplikasi dan Website

  1. Pivot Animator

Pivot Animator menjadi rekomendasi aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat video animasi. Download aplikasi pembuat video animasi gratis ini untuk membuat karakter stickman seperti yang sering kita lihat pada bentuk animasi flash. Animasi nantinya akan disimpan dalam format GIF maupun animasi pivot.

Penggunaan yang cukup mudah dan tidak memakan waktu lama untuk menguasainya juga menjadi poin plus dari aplikasi ini. Fitur yang tersedia pun cukup lengkap untuk mendukung pembuatan video animasi dengan kualitas yang baik. Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi pembuat video animasi Android ini antara lain figure, frame, tools, serta stop and play button.

  1. Anime Studio

Jika Anda membutuhkan aplikasi animasi video yang berbasis vektor, maka Anime Studio adalah pilihan yang tepat. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menciptakan video animasi tanpa memakan banyak waktu berkat fitur vektor morphing. Selain itu, Anime Studio juga menawarkan beberapa fungsi 3D dasar yang bisa dilihat sebagai program 2½D.

  1. Animator DV

Untuk membuat sebuah video stop motion, Anda bisa menggunakan aplikasi AnimatorDV. Aplikasi pembuat video animasi untuk PC ini memiliki sejumlah fitur yang sangat mendukung pembuatan jenis video stop motion yang powerfull. AnimatorDV dapat Anda gunakan secara gratis untuk versi sederhananya, sedangkan untuk versi lengkapnya berbayar.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi pembuat video animasi terbaik yang dapat Anda coba. Apakah Anda ingin membuat video animasi yang bagus dan profesional? Langsung saja kunjungi Suwun.co.id untuk menyewa jasa videografer profesional sesuai yang Anda butuhkan. Anda juga bisa download aplikasi Suwun yang menghadirkan fitur lebih lengkap. Yuk order jasa videografer di Suwun aja sekarang!

Artikel yang Direkomendasikan