Trik Service Kompresor AC dengan Mudah

Kompresor tidak Cuma digunakan di dunia pabrik, bengkel atau di dunia konstruksi saja, namun juga di ada pada AC dan bagi Anda yang ingin tahu trik service kompresor AC yang mudah bisa simak penjelasan berikut. 

Di dalam dunia rumah tangga ada kompresor, contohnya adalah pada alat penghisap debu dan kompresor di AC. Bagi Anda yang memiliki AC dan terjadi masalah dengan AC tersebut, mungkin saja perlu melakukan service AC.

AC sudah banyak digunakan di gedung-gedung bahkan rumah untuk pendingin ruangan. Tidak hanya dimiliki oleh kalangan atas saja, namun AC juga banyak dimiliki oleh kalangan menengah. AC sudah bukan lagi barang yang mewah dan bagi Anda yang ingin mencari apa penyebab kerusakan AC dan memperbaikinya yang terjadi bisa simak informasinya di bawah ini.

Cara Service Kompresor AC dengan Mudah

Penyebab dan cara mengatasi masalah pada AC adalah:

Peningkatan Ampere

Penyebab AC mengalami masalah yang paling umum karena pressure freon meningkat dan hal ini akan menyebabkan peningkatan ampere pada kompresor juga. Apabila ampere kompresor sudah melebihi standar, maka kompresor pada AC mengalami kelebihan temperatur dan menjadi rusak.

Apabila kerusakan terjadi pada AC disebab oleh kompresor AC yang berfungsi dengan optimal karena fin kondensor kotor, maka Anda perlu membersihkan AC indoor dan outdoor AC secara rutin. Dengan demikian, kompresor pada AC bisa kembali berjalan dengan optimal. Service kompresor AC rumah perlu dilakukan secara berkala supaya AC tidak cepat rusak.

Memeriksa Kompresor AC Termal 1

Apabila Freon yang ada di termal 1 habis, maka kinerja pada kompresor AC tersebut jadi berat. Permintaan energi akan terus berjalan dan bisa saja terjadi kebocoran. Sebelum Anda menambahkan Freon sebaiknya cek dahulu sambungan pipa dan juga neple dengan tujuan agar bisa mendeteksi apabila terjadi kebocoran.

Apabila benar terjadi kebocoran, maka akan ditandai dengan ditemukan bekas oli yang tercecer di sambungan pipa. Penyebab utama dari kebocoran tersebut ditandai juga dengan sambungan pipa jadi kurang kencang maupun pleringan jadi melipat. Bagi kamu yang tidak bisa memeriksa kompresor AC bisa mengandalkan jasa service kompresor AC saja untuk mengatasi permasalahan pada AC yang terjadi dengan baik.

Service Kompresor AC Pada Termal 2

Salah satu keluhan yang kerap terjadi pada termal 2 ini adalah pada voltage drop dan hal ini bisa menyebabkan ampere jadi meningkat. Solusinya adalah dengan cara memasang stabilizer tegangan. Umumnya daya yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan di elektronik lainnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Kompresor AC Rusak

Kerusakan Kompresor

Kerusakan pada kompresor AC juga dapat terjadi karena pemasangan kondensor dengan posisi lebih tinggi dibandingkan dengan evaporator. Hal ini bisa menyebabkan oli jadi cepat turun dan juga lebih sulit untuk kembali ke kondensor. Kompresor yang terjadi kerusakan bisa menyebabkan AC macet sampai aus dan yang lebih parahnya lagi bisa terbakar.

Kompresor Tidak Berfungsi

Kompresor yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan adanya penumpukan kerak oil di klep. Itulah sebab harus segera melepas kompresor dan membersihkannya dengan membuang oli di dalamnya. Anda bisa mengandalkan jasa service kompresor untuk AC dan carilah informasi biaya service kompresor AC terbaru.

Begitulah beberapa trik service kompresor AC dengan mudah atau Anda bisa menghubungi Suwun.co.id untuk mendapatkan rekomendasi jasa service kompresor untuk AC yang profesional.

Suwun mempunyai aplikasi yang bisa Anda download secara mudah. Ayo download aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store untuk mendapatkan fitur yang lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan