8 Cara Merawat Komputer agar Lebih Awet Digunakan

cara-merawat-komputer

Menggunakan komputer rutin setiap hari akan membutuhkan kesadaran bahwa kamu perlu tahu cara merawat komputer agar awet dan tidak mudah rusak. Mungkin selama ini kamu tahu perawatan komputer yang baik tapi belum maksimal.

Merawat komputer tak hanya melulu mengenai merawat perangkat kerasnya saja seperti merawat mesin, merawat motherboard, LCD, maupun keyboardnya, namun juga perlu diperhatikan juga cara merawat software atau perangkat lunak di dalam komputer itu sendiri.

Untuk lebih mengetahui bagaimana cara merawat komputer dengan baik dan benar, secara software dan hardware, berikut adalah tata cara dalam merawat komputer serta beberapa tips mudahnya :

1. Menjaga Aliran Listrik

Menjaga aliran listrik juga perlu kamu ketahui loh, guys. Kamu disarankan menggunakan stavolt atau UPS (Uninterruptible Power Supply) saat menggunakan komputer.

Stavolt banyak digunakan orang karena fungsinya yang dapat menstabilkan daya listrik pada komputer. Sedangkan UPS adalah alat yang dapat menyediakan daya cadangan saat listrik padam.

Keduanya sangat penting untuk dapat menstabilkan aliran listrik di dalam komputermu. Hal ini supaya tidak terjadi kerusakan ketika listrik padam saat komputer tengah bekerja.

Jangan lupa juga gunakan kipas angin di dekat CPU dan monitor, hal ini untuk mencegah komputer menjadi tidak cepat panas. Suhu komputer juga perlu kamu perhatikan jika ingin komputermu tetap awet.

Menjaga aliran listrik ini merupakan salah satu cara untuk merawat komputer kamu dari sisi luar atau hardware.

2. Bersihkan File yang Tidak Perlu

Cara Paling Mudah Menghapus File Sampah di Komputer Tanpa Software - Tips &  Tricks

Cara menjaga dan merawat komputer yang selanjutnya adalah dnegan melakukan pembersihan pada file-file yang sudah tidak diperlukan lagi, dengan kata lain file sampah.

File yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja komputer menjadi sangat lambat dan tidak optimal untuk bekerja. Jika dibiarkan terlalu lama, maka file-file ini akan menghabiskan ruang penyimpananan di dalam komputer.

Dampaknya, komputer akan bekerja dengan sangat lambat. Penghapusan data juga tidak terhenti pada langkah pertama penghapusan saja karena file-file ini nanti akan masuk ke Recycle Bin.

Maka yang perlu kamu lakukan adalah juga membersihkan Recycle Bin dari file-file yang sudah tidak kamu butuhkan kembali.

3. Pasang Ventilasi CPU yang Memadai

Intinya tips komputer ini adalah anda menempatkan monitor dan CPU di ventilasi udara dari dinding ke monitor / CPU cukup lebar dan udara yang mengalir cukup lancar.

Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan pemanasan yang berlebihan, sehingga rangkaian komponen akan cepat, sehingga panas dapat memperpendek umur komponen. Oleh karena itu, pastikan jarak setidaknya 30 cm antara CPU dan monitor.

4. Scan Antivirus

Langkah selanjutnya untuk merawat sistem di dalam komputer kamu adalah dengan melakukan scan ativirus yang terupdate. Sistem komputer kita merupakan sistem yang mudah sekali terserang virus.

Jika kamu merasa dengan menginstall 1 antivirus saja sudah cukup, sebaiknya kamu pikir kembali. Bahkan antivirus yang sudah kadaluarsa pun dapat berubah menjadi virus di dalam sistem komputermu.

Selalu update antivirus di dalam komputermu supaya makin optimal bekerja dalam mengamankan komputermu dari serangan virus, malware, spyware atau program berbahaya yang lain.

5. Defrag Harddisk

Selain menghapus file-file sampah secara manual, kamu juga perlu melakukan harddisk defragment. Defragment ini fungsinya untuk mengakses file dengan lebih cepat dengan cara memproses penulisan ulang data atau file yang terpisah menjadi satu bagian yang utuh.

Defragment ini dapat dilakukan secara terjadwal di Windows 7 dan Windows yang diproduksi setelahnya. Namun kamu juga dapat melakukan defragment secara manual.

Kamu hanya memerlukan aplikasi bernama Disk Defragmenter.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka menu Start
  • Klik All Programs
  • Pilih Accessories
  • Pilih System Tools
  • Klik Disk Defragmenter

Namun jangan lupa, sebelum kamu melakukan proses defragment, kamu perlu melakukan analisa terlebih dahulu terhadap file yang akan kamu defrag karena tidak semua file perlu didfragment.

Klik tombol Analyze pada file yang kamu ingin cek untuk mengetahui tingkat fragmentasinya. Kamu dapat melakukan proses defragment jika tingkat fragmentasinya lebih dari 10%. Jika kurang dari 10%, kamu dapat melakukannya di lain waktu.

6. Uninstall Aplikasi atau Program yang Sudah Tidak Dipakai

Cara Menghapus Software yang Susah di Uninstall dengan Mudah

Langkah selanjutnya yang merupakan salah satu perawatan komputer yang paling berhasil adalah dengan cara uninstall aplikasi atau program yang sudah tidak kamu pakai di dalam komputermu.

Sama dengan file-file yang sudah tidak kamu gunakan, aplikasi dan program yang lama pun perlu kamu bersihkan dengan cara uninstall atau dilepas pemasangannya.

Jika kamu masih menyimpan aplikasi atau program yang sudah tidak kamu pakai, maka hal ini akan menghambat pekerjaan hard disk dalam membaca program yang sedang berjalan. Akibatnya beban kerja hard disk makin berat dan dapat membuat hard disk cepat rusak.

Cara menguninstall seluruh program dan aplikasi yang sudah tidak terpakai sangat mudah, yaitu dengan cara berikut :

  • Buka Control Panel
  • Pilih Programs
  • Klik uninstal programs
  • Pilih program atau aplikasi yang menurut kamu sudah tidak diperlukan lagi
  • Klik tombol Uninstal

7. Aktifkan Sistem Restore Komputer

Cara merawat komputer terakhir yang akan kita pelajari adalah dengan mengaktifkan sistem Restore pada komputer kita. Hal ini sangat penting untuk menjaga performa komputer agar tetap baik dan stabil.

Caranya hanya dengan klik kanan pada bagian icon my desktop computer, kemudian klik bagian Properties. Disitu akan langsung terlihat Tab Sistem Restore.

Disitu akan muncul tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, kamu hanya perlu mengklik untuk menghilangkan tanda centang pada bagian samping kirinya. Setelah itu sistem Restore akan aktif dan bekerja dengan optimal di dalam komputer kita.

8. Bersihkan CPU Secara Berkala

Seiring waktu, biasanya di dalam CPU akan terdapat debu. Apalagi jika sudah lama digunakan, lapisan debu yang terkumpul bisa cukup tebal.

Hal ini bisa membuat komponen komputer anda lebih panas, yang pada akhirnya lebih rentan rusak.

Sebisa mungkin secara berkala bersihkan debu-debu dari dalam PC anda sebagai salah satu cara merawat komputer dengan baik. Gunakan vakum cleaner atau kuas untuk membersihkannya dengan benar.

Demikain tips ringan untuk merawat dan menjaga komputer anda agar lebih awet digunakan. Semoga membantu. Apakah anda sedang mencari jasa Service Komputer atau Perbaikan Laptop ?

Artikel yang Direkomendasikan