Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

ukuran-lapangan-tenis-meja

Ukuran lapangan tenis meja itu berbeda-beda tergantung dari siapa yang memainkan tenis meja tersebut. Tenis meja untuk anak-anak dan dewasa itu ukurannya berbeda jadi kalau yang ingin membeli meja tenis sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Agar nantinya tidak salah membeli meja tenis sebaiknya baca ulasan berikut ini.

Berapa Ukuran Lapangan Tenis Meja?

Bentuk lapangan tenis meja adalah persegi dan umumnya lapangan tersebut terbuat dari kayu, bagian permukaan atas lapangan tersebut mempunyai ukuran tertentu dan harus dapat memantulkan bola pingpong. Untuk ukuran dari lapangan tenis meja standar internasional berbeda dengan yang standar nasional dan untuk mengetahui ukuran tersebut lihat penjelasan berikut.

  • Ukuran lapangan tenis meja untuk panjang adalah 2,74 meter atau 274 cm.
  • Lebar meja tenis adalah 1,525 m atau 152,5 cm.
  • Tinggi meja tenis adalah 76 cm yang dihitung dari permukaan tanah.
  • Luas meja tenis adalah 4,1785 m².
  • Tebal meja tenis adalah 3 cm.

Bahan dasar standar yang dipakai untuk membuat meja tenis adalah kayu yang dapat memantulkan bola setinggi 23 cm saat pemain menjatuhkan bola pada ketinggian 30 cm. Untuk warna meja harus warna gelap dan harus ada garis pembatas selebar 2 cm yang berwarna putih.

Ukuran Lapangan Tenis Meja dan Perlengkapan Tenis Meja

Memainkan olahraga tenis meja bukan hanya harus mengetahui berapakah ukuran lapangan tenis meja standar internasional saja tapi juga harus mengetahui perlengkapan yang dipakai untuk memainkan olahraga tersebut. Untuk peralatan yang nantinya dibutuhkan akan dijelaskan secara rinci berikut ini.

Bola

Peralatan yang pertama adalah bola, bola ini merupakan perlengkapan tenis meja yang paling dasar dan wajib ada. Bola yang dipakai di permainan tenis meja bentuknya bulat dengan berat 2,7 gram dan diameter 40 mm.

Untuk warna bola tenis tersebut harus berwarna orange atau putih dan terbuat dari bahan selulosa ringan. Pantulan bola tersebut harus mencapai 23 sampai dengan 26 cm dan kualitas bola tenis nantinya ditandai dengan simbol bintang. Kalau ingin membeli bola tenis meja sebaiknya beli yang sudah ada simbol bintangnya.

Baca juga: Tips & Prinsip Mendasar tentang Yoga bagi Pemula

Bet

Peralatan kedua adalah bet, peralatan ini nantinya akan digunakan untuk memukul bola. Agar nantinya bola bisa memantul maka bet atau alat pemukul ini harus terbuat dari campuran kayu dan juga serat karbon. Kalau ingin membeli bet sebaiknya belilah yang sesuai standar yaitu terbuat dari bahan kayu 85% dan sisanya merupakan campuran dari serat kaca, serat karbon dan juga kertas padat.

Bet yang bagus dilapisi karet licin dengan ketebalan 4 mm yang menggunakan spons dan 2 mm untuk yang tidak menggunakan spons. Campuran bahan tersebut nantinya bisa membuat bet menjadi lebih kokoh dan lebih mudah digunakan untuk menerima bola.

Net

Peralatan yang ketiga adalah net, permainan ini juga membutuhkan net atau jaring yang diletakkan di tengah meja tenis. Net ini dipasang di tiang penyangga yang mempunyai ukuran tinggi 15,25 cm dan di sisi pembatas diberikan jarak 15,25 cm dari sisi pembatas permukaan lapangan.

Panjang net dari sisi kanan sampai dengan Sisi kiri adalah 1,83 dan kalau dihitung keseluruhan panjang net ini mencapai 15,22 cm dan untuk mengetahui lebih jelas bisa lihat gambar lapangan tenis meja beserta ukuran.

Untuk Anda tidak ingin ribet memahami ukuran lapangan tenis meja dan ingin membuatnya, Anda bisa gunakan jasa pembuatan lapangan dengan cara kunjungi situs Suwun.co.id.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Suwun yang bisa langsung di download di Play Store dan App Store untuk fitur yang lebih lengkap!

Artikel yang Direkomendasikan