Alat Musik Tradisional Jawa Timur yang Perlu Dilestarikan

alat-musik-tradisional-jawa-timur

Perkembangan musik saat ini sangatlah pesat dan dengan adanya perkembangan tersebut memunculkan banyak sekali genre musik baru seperti genre musik EDM. Meskipun muncul genre-genre musik baru bukan berarti anak muda boleh melupakan alat musik tradisional khususnya alat musik tradisional Jawa Timur karena alat musik tersebut bisa menghasilkan melodi yang sangat bagus.

4 Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Jawa Timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai banyak sekali alat musik tradisional. Sebagai warga negara yang baik wajib untuk mengetahui nama alat musik tradisional Jawa Timur meskipun bukan berasal dari provinsi tersebut. Untuk alat-alat musik yang harus diketahui cukup banyak jumlahnya dan berikut daftar lengkap alat musik tersebut.

Ketipung

Alat musik bernama ketipung memiliki bentuk yang mirip dengan gendang sehingga banyak sekali masyarakat yang menganggap kalau alat musik ini adalah gendang. Kalau dilihat dari ukurannya, ketipung memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan gendang dan ukuran alat ini hanya di 20 sampai dengan 40 cm saja. Alat musik ini terbuat dari kayu dan untuk membuatnya bisa langsung ke pengrajin alat musik saja.

Terompet Reog

Alat musik Ini digunakan untuk mengiringi tarian adat yaitu Reog Ponorogo, biasanya dimainkan dengan musik tradisional Jawa Timur lainnya seperti angklung reog kempol, kenong dan juga gendang. Terompet ini memiliki bentuk yang sangat unik dan terbuat dari tempurung kelapa dan bambu. Terompet ini juga dilengkapi enam buah lubang yang bisa digunakan sebagai pengatur nada saat meniup terompet.

Baca juga: Kursus Musik Tangerang: Kelebihan dan Rentang Usia

Bonang

Bonang memiliki bentuk yang mirip sekali dengan gamelan yang merupakan salah satu alat musik tradisional asal Jawa Tengah. Meskipun ada persamaan tapi ada perbedaan mencolok yang bisa ditemukan di kedua jenis alat musik tersebut dan untuk perbedaannya adalah Bonang mempunyai poros yang bentuknya cembung pada bagian tengah. Untuk memukul alat musik ini harus menggunakan pemukul khusus yang bernama bindhi.

Angklung Caruk

Alat musik yang terakhir ini terbuat dari bambu dan bentuknya seperti angklung pada umumnya. Alat musik ini berasal dari daerah Banyuwangi yang mempunyai arti perlombaan atau pertarungan, karena memiliki makna seperti itu membuat alat musik ini harus dimainkan oleh dua kelompok. Kelompok-kelompok yang memainkan angklung ini harus bertarung teknik bermain agar nantinya keluar sebagai pemenang.

Cara Melestarikan Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Setelah mengetahui gambar alat musiknya seperti apa lalu pelajari alat-alat musik tersebut baik itu dari cara memainkan sampai dengan cara merawat alat musik tersebut. Untuk merawat alat musik ini tidak begitu sulit cukup dengan membersihkan semua bagian alat musik menggunakan kain yang sudah dibasahi.

Kalau sudah mahir memainkan alat musik bisa mengenalkan alat musik tersebut ke masyarakat luas atau bisa juga mengenalkan ke wisatawan asing agar alat musik tersebut tetap dikenal. Untuk mengenalkan alat musik ini bisa dengan cara mengadakan pentas seni atau membuat video untuk di-upload di media sosial.

Untuk Anda yang ingin lebih mengenal lagi alat musik tradisional Jawa dan ingin memainkannya dengan baik, Anda bisa menggunakan belajar dengan mengikuti kursus musik terkait di Suwun.co.id.

Untuk Anda yang tidak ingin ribet bisa juga menggunakan aplikasi Suwun yang dapat di download secara gratis di Play Store ataupun Apps Store.

Artikel yang Direkomendasikan